Bupati Rohul Hadiri Sosialisasi Percepatan Penyelesaian Tanah Tora

Daftar Isi

    Foto: Humas

    LancangKuning.com, PEKANBARU -- Bupati Rokan Hulu H. Sukiman turut hadir dalam Sosialisasi percepatan penyelesaian Tanah Obyek reforma Agraria (TORA) yang di selenggarakan oleh Kantor Wilayah Pertanahan Provinsi Riau di gedung Balai serindit Gubernuran Senin,(13/01/2020).

    Adapun yang turut di hadiri oleh Forkopimda Rokan Hulu yaitu Kajari Rokan Hulu, ketua DPRD Rokan Hulu, Kapolres, kepala dinas perkim, kepala disdukpil, dinas Pmpd kepalra dinas bappeda serta beberapa Kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Rokan Hulu.

    Baca Juga: PKS 'Pede' Usung Kader Sendiri di Pilkada Inhu 2020

    Kepala BPN Kanwil Riau, M Syahrir, meminta dukungan pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota untuk percepatan pelaksanaan program TORA di Riau.

    M Syahrir mengatakan, masih banyak tanah di Riau yang belum memiliki sertifikat, termasuk aset milik pemerintah sendiri. Untuk itu, dia berharap seluruh tanah dan aset yang ada segera diurus sertifikatnya.

    Baca Juga: Polresta Pekanbaru Temukan Mayat Wanita Membusuk di Parit

    "Rata-rata tanah di Riau yang bersertifikat baru 37 persen. Makanya kita sosialisasikan supaya lebih menjangkau ke seluruh daerah di Riau," M Syahrir.

    Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar, menyebutkan bahwa sangat menyayangkan program Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) tidak berjalan di beberapa daerah. Padahal, menurutnya program ini kalau berhasil akan menyejahterakan kehidupan masyarakat.

    Disampaikan Syamsuar dalam giat sosialisasi percepatan penyelesaian kegiatan TORA di Provinsi Riau tahun 2020 yang diadakan BPN Kanwil Riau, di gedung daerah balai Serindit.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    "Tahun lalu bulan Agustus, saya bertemu bupati/wali kota terkait program TORA dan perhutanan sosial. Hasil dari pertemuan itu kita alokasikan anggaran untuk program ini, tapi progresnya tak tercapai. Ini sangat disayangkan, dana ada tapi tidak bisa dilaksanakan, karena tidak ada dukungan kabupaten/kota," tambah CD H. Syamsuar. 

    "Ini merupakan kebijakan nasional, sayang kika tidak dimanfaatkan. Ini harus ditegaskan kepada staf kita, baik di kabupaten maupun kecamatan," terang Syamsuar.

    "Tak perlu ragu karena ini instruksi Presiden Jokowi. Kalau kita manfaatkan tanah-tanah ini, rakayat akan sejahtera karena mereka memiliki lahan yang jelas, ada kepastian hukum," tambah Syamsuar.

    Gubernur Riau juga mengatakan "Alhamdulillah Kabupaten Rokan Hulu saat ini sudah mencapai 53% yang telah terselesaikan dari target 100% yg di targetkan oleh presiden".

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Sedangkan Bupati Rohul, H. Sukiman mengatakan seluruh program yang sudah direncanakan akan di jalankan sesuai degan amanah, seperti yang disebutkan Gubri 53% telah di jalankan dalam pembangunan, dan akan tetap diterapkan.

    "2025 seluruh tanah yang ada di wilayah Rokan Hulu pada khususnya wajib memiliki sertifikat tanah, ini program presiden kita Jokowi, dan kita harus melaksanakannya," terang H. Sukiman.

    "Negara kita harus bersatu, dan tanpa bersatu kita tidak akan bisa membangun," pungkas. (LKC/Rls)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Bupati Rohul Hadiri Sosialisasi Percepatan Penyelesaian Tanah Tora
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar