Metamorfosis Tidak Sempurna

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sebelum masuk ke materi metamorfosis, kita harus tahu terlebih dahulu apa maksud dari metamorfosis. Arti dari metamorphosis yakni suatu proses perubahan atau juga perkembangan secara biologis yang di awali dari bentuk telur sampai mejadi hewan dewasa yang sempurna melalui perubahan bentuk dari anatomi nya, fisiologi maupun morfologinya. Perubahan itu dapat terjadi karena pada fisik hewan itu mengalami yang namanya pertumbuhan & terjadi deferensiasi sel radikal maupun dinamik.

    Untuk lebih singkatnya metamorphosis ialah suatu prosedur perkembangan yang terjadi secara biologis yang di dalamnya terjadi perubahan struktur dan juga fungsi organ di tubuh suatu makhluk yang hidup. Tahapan yang terjadi pada waktu metamorfosa pun berbeda, misalkan saja ada hewan yang mulai dari bentuk telur, menjadi lava kemudian pupa & juga nimfa. Ada juga sebagian hewan yang tidak melalui masa pupa atau juga nimfa namun langsung menjadi hewan yang sudah dewasa atau di sebut juga imago.

    • Telur

    Yakni sebuah awal mula dari terciptanya hewan yang di hasilkan oleh betina yang sudah dewasa. Telur ini akan menjadi yang namanya zigot ketika sudah dibuahi oleh sperma si jantan, kemudian si betina akan menaruh telur yang sudah melewati proses pembuahan di tempat yang ia anggap cocok dan mendukung pertumbuhan calon anaknya.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Sebagai contoh seekor nyamuk akan menaruh telurnya di air, hal tersebut sesuai dengan pertumbuhan nyamuk yang setelah menetas akan menjadi larva yang cuma bisa hidup di daerah yang ada air. Berbeda dengan yang di lakukan kupu-kupu yang menaruh telur di atas permukaan daun , hal ini sejalan dengan pertumbuhan kupu-kupu yang pada saat masih menjadi larva atau hewan yang masih muda mereka akan memakan dedaunan.

    • Nimfa

    Yang di maksud dengan istilah nimfa yakni bentuk hewan yang masih muda namun sudah menyerupai hewan dewasanya tetapi dengan ukuran yang jauh lebih kecil di banding yang sudah dewasa.  Pada masa ini masih terdapat bagian tubuh hewan yang belum tumbuh dan proses nimfa hanya ada di metamorphosis yang tidak sempurna saja.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan di Universitas Suryakancana

    • Larva

     Ini adalah proses dimana hewan baru saja menetas dari telurnya, bentuk dari larva sendiri sangatlah berbeda dengan wujud hewan yang sudah dewasa dan biasanya terjadi pada proses metamorfosa serangga & hewan amfibi. Contoh: larva nyamuk ketika baru menetas sangat jauh berbeda dengan nyamuk yang sudah dewasa.

    • Pupa

    Pupa / kepompong ialah proses transisi yang terjadi pada serangga yang pada saat ini mereka tidak akan makan (in-aktif). Pada masa menjadi kepompong serangga akan di lindungi kokon yang keras, tubuh pupa akan sangat aktif pada saat menjalani proses metabolis untuk membentuk organ & bentuk hewan dewasanya. Mereka mendapat makanan dari larva yang menyimpan cadangan makanan karena larva sangat aktif makan menjelang proses pupa terjadi.

    • Imago (hewan dewasa)

    Adalah suatu bentuk dari hewan yang sudah tumbuh dengan sempurna hingga menjadi wujud yang seharusnya, pada saat ini hewan akan mengeluarkan diri dari dalam kepompongnya dan akan menunjukkan wujudnya ketika menjadi hewan yang sudah dewasa. Kebiasaan, cara makan dan tempat habitatnya pun jauh beda ketika saat masih jadi larva.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Metamorfosis Tidak Sempurna

    Yakni sebuah proses tumbuh kembang dari hewan yang melalui perubahan yang tidak terlalu mencolok. Hal ini sering di sebut dengan hemimetabolis adapun tahapannya yakni:

    • Telur
    • Nimfa
    • Hewan yang sudah dewasa (imago)

    Disebut metamorfosa tidak sempurna karena hewan yang baru menetas dari telur nya saja sudah mirip dengan hewan yang sudah dewasa, hanya perbedaannya pada nimfa ukurannya jauh lebih kecil dan ada bagian tubuh yang belum tumbuh seperti halnya pada hewan yang sudah dewasa. Contoh hewannya kepik, kutu pada dedaunan, rayap, kecoak, capung, belalang, dan lainnya.(Barbard)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Metamorfosis Tidak Sempurna
    Sangat Suka

    37%

    Suka

    25%

    Terinspirasi

    12%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    25%

    Komentar