BMKG Prediksi Cuaca Ekstrim di Beberapa Daerah Sumatera pada Pertengahan Januari

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi

    LancangKuning.com, JAKARTA -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat akan terjadi di beberapa daerah di Pulau Sumatera pada pertengahan Januari 2020 nantinya.

    Baca Juga: 14 Titik Panas Terdeteksi Hari Ini

    "Data terakhir dari analisis kami diperkirakan dari tanggal 5-10 Januari akan masuk aliran udara basah dari Samudera Hindia arah barat pulau Sumatera disepanjang equator," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam tayangan CNN, Jumat (3/1/2020).

    Baca Juga: Mahfud MD: Kita Akan Usir China dari Natuna

    Menurutnya hal inilah yang menyebabkan beberapa daerah Sumatera akan mengalami intensitas curah hujan yang tinggi di musim penghujan akan lebih ekstrim lagi.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    "Adapun beberapa daerah Sumatera  yang diprediksi BMKG adalah Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Jambi dan Lampung termasuk juga Pulau Jawa," ungkap Dwikorita.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Menurutnya fenomena ini akan terjadi pada tanggal 5-10 Januari di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Kemudian pada 10-20 Januari angin akan bergerak ke bagian Kalimantan Selatan dan Sulawesi.
    Dwikorita menambahkan fenomena tersebut akan terus terulang akhir Januari dan tidak menutup kemungkinan terjadi sampai Februari. Untuk itu, ia menghimbau agar dipersiapkan sejak dini upaya perencanaan untuk mengurangi resiko bencana yang bisa terjadi. (San)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel BMKG Prediksi Cuaca Ekstrim di Beberapa Daerah Sumatera pada Pertengahan Januari
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar