Jaga Stabilitas Ekonomi, Mentri Keuangan Cairkan Bansos Mulai Januari 2020

Daftar Isi


    Foto: Menkeu Sri Mulyani akan mencairkan bansos di awal tahun demi merangsang ekonomi 2020.

    LancangKuning.com, Jakarta -- Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan akan segera mencairkan bantuan sosial (bansos) supaya ekonomi dalam negeri bisa tumbuh. Pencairan akan dilakukan pada Januari atau kuartal I 2020.

    Sri Mulyani menjelaskan bansos yang akan dicairkan tersebut berbentuk Program Keluarga Harapan (PKH), Beras Sejahtera, dan Dana Desa. Percepatan pencairan dilakukan sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

    Baca Juga: Jawaban Tegas Kemenlu RI soal Kapal Ikan China Masuk Perairan Natuna

    "Mekanisme sesuai dengan sidang kabinet yang diputuskan pada Desember 2019 lalu terhadap menteri adalah meminta mereka segera gunakan instrumen fiskal pada Januari atau kuartal I ini," ungkap Sri Mulyani, Kamis (2/1).

    Dengan kebijakan ini, pemerintah berharap ekonomi domestik terjaga di kisaran 5 persen. Diketahui, ketidakpastian ekonomi masih menghantui lantaran perang dagang Amerika Serikat (AS) dengan China belum sepenuhnya usai.

    Baca Juga: Ini Data Sembilan Orang yang Tewas Korban Bencana di  Jabodetabek

    "Ini tantangan tidak mudah melihat ekonomi dunia seperti ini," imbuh Sri Mulyani.

    Sebelumnya, Sri Mulyani mengatakan model pencairan bansos tahun ini tak jauh berbeda dengan 2019 lalu. Mengingatkan saja, anggaran bansos yang dicairkan lebih dulu pada tahun ini berupa PKH.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Menurutnya, pencairan anggaran bansos cocok dilakukan lebih dulu lantaran memberi dampak langsung ke masyarakat. Dengan begitu, manfaat pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBN) 2020 dapat langsung dirasakan masyarakat, dikutip CNN Indonesia.com.

    Sebagai informasi, pemerintah mengalokasikan anggaran bansos mencapai Rp102,9 triliun atau meningkat 3,3 persen dari outlook realisasi anggaran bansos pada APBN 2019, Rp99,6 triliun.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Terkait ekonomi global tahun ini, Dana Moneter Internasional (IMF) menargetkan pertumbuhan ekonomi dunia moderat hanya 3,4 persen pada tahun ini. Sementara, pertumbuhan ekonomi global tahun lalu diprediksi sebesar 3 persen.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jaga Stabilitas Ekonomi, Mentri Keuangan Cairkan Bansos Mulai Januari 2020
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar