Fenomena GMC, Siak Pecahkan Rekor MURI

Daftar Isi

    Foto: Bupati Siak Alfedri

    LancangKuning.com, SIAK - Bupati Siak Alfedri saat memberikan kata sambutan pada acara pembukan Festival Gerhana Matahari Cincin 2019, di kampung Bunsur Kecamatan Sungai Apit kabupaten Siak, Kamis pagi, (26/12/2019).

    Baca Juga: Istri Buta, Lumpuh dan Hamil Tua Tewas Dianiaya Suaminya

    "Sebagai umat yang beriman, dengan pristiwa ini sarana bagi kita untuk bertafakkur atas betapa maha kuasanya Allah SWT yang menunjukan apa yang telah terjadi di langit Kabupaten Siak," katanya.

    Di jelaskannya, kabupaten Siak merupakan daerah tujuan wisata yang maju di Pulau Sumatera, momen Festival GMC merupakan bagaian dari promosi pariwisata alam kabupaten Siak.

    Baca Juga: Polsek Tampan Ringkus Pelaku Pencurian dan Kekerasan Supir Go Car

    "Kami mengucapkan terimakasih kepada pengunjung baik lokal maupun luar negeri yang datang ke kabupaten Siak," ucapnya.

    Foto: Masyarakat Siak sedang lakukan sholat GMC

    Lanjutnya, Gerhana matahari cincin ini merupakan fenomena alam langka yang terjadi antara 100 sampain dengan 300 tahun sekali di Indonesia.

    Tentunya untuk mendukung kegiatan ini, pemkab Siak bekerjasama dengan semua pihak, melakukan sosialisasi tentang ilmu astronomi. Selanjutnya panitia mengadakan lomba fotogragi, karya tulis yang berkaitan dengan momen GMC.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    "Kami mengharapkan, momen GMC selain dapat memperkenalkan Siak di mata dunia, juga memperkenalkan daerah ini ke masyarakat luas," terangnya.

    DI jelaskannya, momen GMC 2019 juga di dukung penuh oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).  Dengan menampilkan stan Pameran, Planetarium, serta kacamatan untuk melihat gerhana matahari berukuran besar.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    "Kami mengucapkan terimkasih kepada LAPAN pengamatan GMC di Bungsur ini mengunakan kacamata   berukuran besar, dan ini memecahkan rekor MURI Indonesia, sebagai kacamata terbesar se Indonesia bahkan Asia," tandasnya.

    Rangkaian acara GMC 2019, di awali sholat gerhana, dilanjut dengan pantawan GMC, serta penampilan artis ibu kota Nisa Sabian. Menurut Kepala Lapan pemantauan GMC di Bunsur paling teramai di saksikan lebih kurang 10 ribu orang.

    Hadir pada acara itu Wakil Gunernur Riau Edy Natar Nasution, Ketua DPRD Siak Azmi, Sekda Siak TS Hamzah, Kepala LAPAN Tomas Nazaruddin, anggota DPD RI Jon Erizal, Sekjen Jaringan Kota Pusaka Inonesia, Ketua TPKK Provinsi Riau Hj Misnarni, serta Kepala SKK Migas Sumbagut. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fenomena GMC, Siak Pecahkan Rekor MURI
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar