Masyarakat Siak Diimbau Gelar Shalat Gerhana

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin (GMC)

    LancangKuning.com, SIAK - Masyarakat Siak pada tanggal 26 Desember besok, dalam momen Gerhana Matahari Cincin (GMC) diimbau agar melaksanakan shalat gerhana matahari, sesuai dengan ketentuan shalat gerhana yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk umat Muslim.

    "Tentunya, sebagai hamba Allah yang beragama khususnya agama Islam terhadap peristiwa langka seperti ini (GMC,red) dengan Allah menunjukkan kebesaran-Nya, seharusnya kita bersyukur dan mengambil iktibar dengan apa yang terjadi, karena kita dihadapan Allah sangatlah kecil di mata Nya," kata kepala kantor Kementerian Agama (Kemenag) Siak Muharom, Rabu (25/12).

    Baca Juga: Rumah Layak Huni Jadi Aspirasi Terbanyak Reses Zulfi Mursal

    Ia meminta masyarakat untuk terus beristigfar dan menyerahkan diri kepada Allah, serta bertasbih untuk mengingat sang pencipta karena kekuasan Allah sangatlah besar.

    "Pemkab Siak juga telah mengirim surat kepada seluruh kecamatan, organisasi agar menggelar shalat sunat gerhana di masjid dan mushalla terdekat, sesuai dengan apa yang dianjurkan baginda Rasulullah Muhammad SAW," katanya.

    Baca Juga: Ketua BEM AMIK Selatpanjang Nahkodai Koordinator Daerah Kepulauan Meranti BEM Se-RIAU VII

    Muharom menjelaskan, Nabi Muhammad juga dulu pernah melaksanakan shalat gerhana, karena pada zaman RAsulullah juga pernah terjadi gerhana.

    Sebagaimana diketahui, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ( LAPAN)  menyebutkan, 26 Desember 2019 akan terjadi momen yang langka akan hanya terjadi dalam jarak ratusan tahun sekali yakni Gerhana Matahari Cincin (GMC) dan salah satu titik yang menjadi penglihatan yang sempurna ada di Kampung Bunsur Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Berikut tahapan terjadinya gerhana matahari cincin di Indonesia seperti yang disampaikan LAPAN:
    Mulai gerhana sebagian 10:22:38 WIB
    Mulai gerhana cincin 12:15:54 WIB
    Puncak gerhana cincin 12:17:43 WIB
    Gerhana cincin berakhir 12:19:33 WIB
    Akhir gerhana sebagian 14:13:52 WIB.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Pada momen GMC itu, Pemkab Siak melaskanakan serangkaian acara seperti Tabligh Akbar, shalat gerhana, dan banyak lagi. (Gs_li)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Masyarakat Siak Diimbau Gelar Shalat Gerhana
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar