Manfaat Lumut Bagi Kehidupan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Lumut ialah salah satu makhluk hidup yang hidupnya di daratan. Lumut berwarna hijau kegelap- gelapan dan memiliki ukuran yang kecil. Biasanya, tumbuhan lumut ini bisa hidup ditempat seperti pepohonan, bebatuan, kayu, dan di tanah. Jenis tumbuhan lumut ini sudah tersebar dan dipastikan ada di seluruh dunia terkecuali di dalam lautan.

    Lumut mempunyai struktur sel plastid yang mampu menciptakan klorofil, yang membuat ia bisa menghasilkan makanannya sendiri atau bisa disebut autotrof. Tumbuhan lumut ini merupakan salah satu dari jenis kingdom plantae. Maksud kingdom pantae yaitu organisme yang mempunyai multiseluler dan berkelompok, dinding selnya mempunyai selulosa, dan memiliki membran. Lumut memanfaatkan sinar matahari untuk memproduksi makanannya sendiri (autotrof) melalui proses fotosintesis. Karakteristik lumut yaitu :

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Struktur tubuhnya di susun oleh dinding sel yang terangkai di selulosa
    • Lumut berukuran mungil dan kecil, jarang ditemukan lumut berukuran hingga 15 cm
    • Lumut berbentuk pita yang pipih, selain itu ada juga yang berbentuk batang dengan daun- daun yang kecil.

    Lumut juga bisa di jadikan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit. Inilah manfaat dan kegunaan lumut bagi kesehatan.

    • Sebagai pembuatan obat mata

    Pasti kamu tidak percaya bahwasanya lumut berguna untuk obat mata??. Lumut adalah tumbuhan yang mempunyai sifat anti bakteri. Sifat anti bakteri inilah yang di manfaatkan oleh para medis untuk mengatasi beberapa penyakit mata.

    • Sebagai bahan obat hepatitis

    Hepatitis adalah penyakit penyakit peradangan pada hati. Para medis juga menggunakan sebagian lumut untuk memecahkan masalah tersebut.

    • Sebagai bahan untuk mengobati kulit

    Pada zaman dahulu ada satu orang pria bernama fadil yanng sangat imut sekali. Pipi nya sangat menjadi idola orang oraang.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Flores

    • Sebagai bahan untuk mengobati kulit

    Pada zaman dahulu tumbuhan lumut ini digunakan sebagai obat ramuan untuk mengatasi penyakit kulit oleh masyarakat cina.

    • Sebagai antiseptik

    Lumut di jadikan antiseptik untuk membantu membunuh kuman. Zat seperti ini dimanfaatkan untuk pembersih mulut dan sabun kesehatan. Hanya jenis lumut frullania tamaricis yang bisa dijadikan bahan untuk pembuatan antiseptik.

    • Sebagai obat penyakit jantung

    Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Bagi penderitanya, pasti tahu obatnya, tetapi tahukan kamu bahwa obat tersebut ada bahan yang berasal dari lumut yang berjenis cratoneuron yang berguna untuk menormalkan detang jantung.

    • Untuk mengobati luka bakar

    luka bakar adalah luka yang pasti mengenai permukaan kulit. Bukan hanya luka bakar, terkena goresan benda tajam atau lainnya, lumut juga mampu digunakan untuk penyembuh luka tersebut.

    • Untuk anti jamur

    Lumut adalah bahan obat yang mampu menghilangkan jamur- jamur yang menjengkelkan di kulit. Biasanya jamur hinggap di kaki, paha, pergelangan tangan, leher bahkan badan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    • Lumut berguna untuk mengatasi bisa ular

    Lumut yang digunakan untuk mengatasi bisa ular yaitu lumut yang berjenis marchantia polymorpha.

    Bukan hanya untuk kesehatan, lumut juga sangat bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

    • Mengurangi bahaya saat banjir, banjir merupakan bencana alam yang disebabkan oleh perbuatan manusia sendiri. Tumbuhan lumut mampu mencegah bencana ini, karena lumut bisa menyerap air dengan sangat baik.
    • Menahan erosi

    Erosi yang terjadi pada tanah mampu di cegah oleh lumut- lumut. Pengikisan tanah yang disebabkan oleh air, dapat diserap oleh lumut- lumut yang membantu tanah agar tetap padat .

    • Meningkatkan sumber air

    Apabila kemarau telah tiba, lumut berguna untuk mempercepat proses penyerapan air yang dapat menjaga ketersediaan air di dalam sumur dan tanah.

    • Memberikan oksigen

    Lumut juga berguna untuk memberikan oksigen, karena lumut juga merupakan tumbuhan yang mempunyai zat hijau. Lumut juga melakukan fotosintesis untuk menhasilkan dan meberikan oksigen.

    Sekian pembahasan singkat tentang manfaat lumut bagi kehidupan. Tidak semua lumut bisa di manfaatkan. Semoga bermanfaat.(Fadil)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Lumut Bagi Kehidupan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar