99 Peserta Ramaikan FDOJ #2 Pondok Quran Darul Furqan Pariaman

Daftar Isi

    Foto: Istimewa

    LancangKuning.com, PADANG -- Sungai Rotan, Pondok Quran Darul Furqan kembali menggelar Four Days One Juz (FDOJ). Empat hari berinteraksi dengan Al-Quran, membaca, memahami, hingga menghapalnya. Kegiatan yang dirancang untuk mengisi liburan anak sekolah ini dihelat pada 19-22 Desember 2019 di Kampus Utama Pondok Quran, Air Santok Sungai Rotan, Kota Pariaman.

    Baca Juga: Muhammad Syafaat: Jangan Ada Paksaan Karyawan Muslim Gunakan Atribut Natal

    Berbeda dengan FDOJ #1 yang dilaksanakan pada akhir Juni 2019 lalu, kali ini peserta ditawarkan dua pilihan. Pertama, Full Camp yaitu peserta menginap selama empat hari di Kampus. Kedua, Ruhi (Paruh Hari). Peserta datang jam delapan pagi dan pulang jam empat sore. Tema yang diangkat oleh panitia adalah Kita Hebat Bersama Al-Quran.

    Foto: Istimewa

    Tingginya antusias masyarakat untuk mengikutinya terlihat dari lompatan jumlah peserta. Jika sebelumnya hanya diikuti oleh 59 peserta, kali ini sebanyak 99 peserta memenuhi kampus Pondok Quran Darul Furqan setiap harinya.

    40 orang di antaranya full camp (menginap). 59 orang memilih Ruhi (paruh hari). Mereka tidak hanya berasal dari dalam kota, tetapi juga berasal dari Kabupaten/Kota tetangga, seperti Padang Pariaman, Agam, bahkan Tanah Datar. Menariknya lagi tidak hanya diisi pelajar, tetapi ada dua orang yang masing-masing berusia 42 tahun dan 75 tahun.

    Baca Juga: Forki Inhil Gelar Seleksi Jelang Porprov 2021 di Kuansing

    Saat memberikan laporan pelaksanaan kegiatan di sesi penutupan acara Ahad (22/12), Ustaz Muhammad Sabir, S.Pd, Pimpinan Pondok Darul Furqan menyampaikan bahwa empat hari bukanlah hal yang mustahil untuk menghapal satu juz Al-Quran. Ia menuturkan, "Alhamdulillah, Allah subhanahu wa ta'ala memudahkan anak kita menghapal kalam-Nya. Ada dua orang yang betul-betul dapat menghapal satu juz dengan tajwid yang benar".

    Ia menambahkan, "Sisanya ada yang hapal lebih dari setengah juz, beberapa halaman, atau hanya beberapa surat saja. Semua tergantung juga dengan motivasi dan upaya masing-masing anak. Itulah yang baru dapat kami lakukan bersama para ustaz-ustazah kami". ungkapnya merendah.

    Foto: Istimewa

    Ia juga mengaku, "Jujur, kami senang dapat menemani putera/puteri ayah dan bunda selama liburan ini untuk menjadi pecinta Al-Quran. Insya Allah, kami akan temani lagi di FDOJ yang akan datang.

    Dalam sambutan sekaligus menutup secara resmi kegiatan ini, Ustaz H.Afrinaldi Yunas, MA yang mewakili Yayasan Darul Furqan Pariaman mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh salah satu amal usahanya ini. "Kami senang Pondok Quran kembali dapat menyelenggarakan FDOJ ini", tuturnya.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    "Kali ini kami baru bisa menggandeng travel Sianok Indah Holiday untuk memberikan voucher umrah untuk 4 peserta terbaik. Mohon doa ayah/bunda, insya Allah, FDOJ yang akan datang, peserta terbaik akan diberangkatkan umrah gratis bersama orang tuanya". Kumandang takbir mengiringi harapan sekretaris yayasan itu.

    Di kesempatan itu ia juga menyampaikan apa yang sedang dipersiapkan oleh Yayasannya. "Ayah/bunda, insya Allah, di sini di tempat anak-anak bunda menghapal Al-Quran ini, semester depan akan dimulai Ma'had Darul Furqan"

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Lebih lanjut ia menjelaskan, "Kami akan membuka dua program. Pertama, Santri Sa'ad (Sabtu-Ahad). Mungkin di antara kita ada ASN, karyawan, atau siapa saja yang sudah dewasa tetapi tidak tahu di mana bisa belajar Al-Quran dan ilmu agama lainnya secara serius dan terstruktur, maka silakan datang ke Ma'had Darul Furqan di dua hari itu, dan kedua santri reguler tamatan Sekolah Dasar atau setingkat SMP. Mohon doanya agar kami bisa mewujudkan tujuan mulia ini", pungkasnya.

    Kegiatan ini diakhiri dengan penyampaian hasil hapalan peserta terbaik, pemberian hadiah voucher umrah dan penyerahan sertifikat kegiatan, tak lupa juga berswapoto di depan kampus hijau Darul Furqan.

    Penulis berita: Afrinaldi Yunas

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 99 Peserta Ramaikan FDOJ #2 Pondok Quran Darul Furqan Pariaman
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar