3 Alasan Tak Boleh Buru-buru Saat Sarapan

Daftar Isi


    Foto: Ilustrasi Sarapan

    LancangKuning.com, Jakarta - Dikejar banyak kegiatan, entah pekerjaan ataupun rutinitas lainnya terkadang membuat kamu melakukan segala hal dengan terburu-buru. Bahkan sarapan pun kamu akan terburu-buru juga.

    Baca Juga: Cara Mengatasi Rasa Kantuk yang Berlebihan

    Itu malah akan memaksakan makanan agar tertelan secara tergesa-gesa. Tapi, tahukah kamu kebiasaan seperti itu malah akan merugikan tubuh kamu sendiri?

    Dikutip detik.com dari laman Times of India, beberapa hal ini yang bisa terjadi jika kamu makan terburu-buru.

    Baca Juga: Jangan Lagi Dipercaya, 3 Mitos "Food Combining" Ini dibantah Ahli Gizi

    1. Porsi makan lebih banyak

    Makan terlalu cepat juga dapat membuat kamu merasa lapar lebih cepat juga. Hal ini akan mengisyaratkan tubuh untuk makan lebih banyak. Jika itu terjadi, maka akibatnya berat badanmu akan bertambah dan mengundang berbagai masalah kesehatan berdatangan.

    Saat makan terburu-buru, otak tidak akan diberi waktu untuk menyadari bahwa tubuh sudah merasa penuh, sehingga kamu akan makan lebih banyak dan kalori juga menumpuk, bahkan bisa menyebabkan obesitas.

    2. Masalah pencernaan

    Makan terburu-buru biasanya akan mengambil gigitan atau suapan makanan yang lebih besar dari biasanya. Selain itu, kamu akan menelannya tanpa mengunyahnya dengan benar. Bahkan, beberapa orang akan menelannya bersamaan dengan minuman berkarbonasi.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Tanpa kamu sadari, kondisi itu akan membuat tubuh atau lebih tepatnya organ pencernaan berhenti untuk mencerna makanan dengan baik. Akibatnya akan menyebabkan kembung dan gangguan pada pencernaan.

    3. Mengalami resistensi insulin

    Makan dengan terburu-buru juga bisa menyebabkan lonjakan gula darah secara tiba-tiba pada tubuh. Hal ini dapat menyebabkan resistensi insulin yang bisa meningkatkan kadar gula darah yang biasa disebut diabetes. Akibatnya, di usia muda ini kamu malah akan menderita salah satu penyakit mematikan itu.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Sebagai pencegahannya, biasakan untuk berhenti makan saat kamu sudah merasa kenyang. Selain itu, atur waktu yang tepat untuk kamu bisa makan lebih santai dan mengunyahnya dengan benar. Hindari makan di depan layar TV, komputer, bahkan ponsel. Itu akan mengalihkan perhatian kamu dan membuat kamu lupa akan jumlah makanan yang sudah kamu konsumsi.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 3 Alasan Tak Boleh Buru-buru Saat Sarapan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar