Harga Daging Babi di China Meroket

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi babi

    LancangKuning.com, CHINA -- Indeks harga konsumen di China pada November 2019 melonjak sebagai akibat kenaikan harga daging babi, demikian menurut data resmi yang dirilis pada Selasa (10/12).

    Baca Juga: Pria Pamer Kelamin di Kampus, Mahasiswi sampai Menangis

    Harga daging babi meningkat lebih dari dua kali lipat pada bulan lalu di tengah merebaknya wabah flu babi Afrika yang telah mengakibatkan pemusnahan babi secara besar-besaran di negara itu dan mengganggu pasokan daging yang menjadi makanan pokok di sana.

    Baca Juga: Vietnam Hajar Indonesia di Final SEA Games 2019

    Krisis daging babi

    Untuk memenuhi permintaan konsumen, Beijing telah meningkatkan impor daging babi. Pengiriman daging babi dari Uni Eropa pun naik 37 persen pada bulan Januari hingga April, demikian menurut angka Komisi Eropa, melansir VivaNews.

    Krisis ini juga telah membuat harga sumber protein lain seperti daging sapi, domba, dan telur naik karena konsumen beralih mencari alternatif daging babi yang harganya mahal.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Lebih dari satu juta babi telah dimusnahkan karena wabah penyakit ini, menurut statistik resmi, tetapi secara luas perkiraan ini dianggap terlalu rendah.

    Pemerintah China pada pekan lalu meluncurkan rencana untuk mengembalikan produksi daging babi pada tahun 2021 ke level produksi sebelum terjangkit wabah. Rencana ini termasuk membebaskan sebanyak mungkin lahan untuk difungsikan sebagai peternakan babi, termasuk zona yang ditetapkan bebas babi karena alasan lingkungan.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Indeks harga konsumen di China berada pada 4,5 persen untuk bulan November, naik dari 3,8 persen pada bulan Oktober. Indeks pada November ini adalah tingkat tertinggi sejak Januari 2012, menurut Biro Statistik Nasional China. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Harga Daging Babi di China Meroket
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar