Profesi yang Terdapat Dalam Pengembangan Aplikasi Web

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Di Era (zaman) yang seperti ini, tentunya teknologi sudah berkembang sangat pesat, terutama internet. Siapa sih yang tidak tahu internet??, pasti semuanya pada tahu dong dengan kata yang satu ini. Sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat menjadikan internet begitu populer, bahkan internet kini menjadi salah satu kebutuhan yang tak bias jauh dari manusia.

    Dengan adanya internet semua orang akan mendapatkan wawasan atau informasi mengenai suatu tempat nan jauh. Perkembangan internet sangat berperan penting terhadap perkembangan situs web. Ngomong-ngomong soal web, sahabat semua sudah tahu belum apa itu web?

    Induk dari semua kumpulan web server adalah WWW (Wolrd Wide Web), yang dimana WWW ini berguna untuk menyediakan data serta informasi untuk dimanfaatkan bersama yang di ambil dari web server tadi. Kali ini kita bukan membahas sejarah Web ya, tapi kita akan membahas mengenai Profesi apa saja yang terdapat di dalam pengembangan aplikasi web. Apa saja sih profesi yang terdapat dalam tahap pengembangan aplikasi web?, untuk mengetahui lebih jelasnya bacalah artikel ini sampai habis.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    • “Web Designer”

    Disini seseorang yang menjadi Web Designer bertanggung jawab untuk menentukan tampilan dari sebuah website. Mendesain tampilan web seperti pengolahan gambar, tata letaknya, warna, serta semua aspek visual situs merupakan tugas wajib dari seorang yang menjadi web designer. Ada beberapa hal yang harus dikuasai oleh seorang web designer yaitu penguasaan HTML, DHTML, penguasaan dalam Pengolahan Gambar, penguasaan terhadap animasi, movie dan sejenisnya.

    •  “Web Programmer”

    Nahh, pada bagian ini seorang web programmer bertanggung jawab dalam pengcodingan atau memprogram sebuah wesite agar menarik. Hal itu dilakukan agar sebuah web tersebut terlihat mudah bagi seorang yang menjadi web admin. Seorang web programmer harus menguasai beberapa hal berikut yakni pemahaman terhadap CGI Perl, pemahaman akan bahasa pemrograman PHP, dan pemahaman terhadap MySQL, ASP, serta Java Script dan Applet.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Nusantara Manado

    • “Web Administrator”

    Seorang web administrator memiliki kegunaan untuk memaintenance suatu server. Seorang yang bertugas di bidang ini haruslah memahami mengenai Sistem Operasi Server, dimulai dari installation hingga masalah (troubleshooting).

    Dan seorang web administrator harus menguasai OS Unix (Linux, FreeBSD, dan semacamnya), OS NT, Jaringan dimulai dari LAN, WAN, hingga Intranet, juga harus memahami keamanan server.

    • “Web Master”

    Untuk menjadi web master haruslah memahami segala hal di mulai dari tahap pendesaian sebuah web, tahap pengcodingan (program), hingga keamanan server. Untuk penguasaannya seorang web master harus menguasai beberapa hal seperti :

    1. HTML, DHTML
    2. CGI Perl, Bahasa pemrograman PHP, MySQL, ASP, Bahasa pemrograman Java.
    3. Penguasaan terhadap berbagai macam OS (Sistem Operasi)
    4. Keamanan server
    5. Penguasaan mengenai jaringan (LAN, WAN, dan Intranet)

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    •  “Web Developer”

    Berbagai macam profesi diatas merupakan suatu profesi yang menjadi sebuah kumpulan. Nahh, kumpulan inilah yang kita sebut sebagai web developer. Web developer berfungsi sebagai pemberi bantuan seperti konsultasi web, konsep web yang akan dibuat, dan membangun sebuah website.

    Nahh, itulah berbagai macam profesi yang berpengaruh terhadap pengembangan web. Jika salah satu saja kurang maka projek yang dikerjakan tidak akan berjalan dengan lancar. Gimana??, apakah kamu mau menjadi salah satu dari profesi diatas?. Mungkin salah satu dari profesi diatas bias menjadi wadah bagi kamu yang memiliki bakat terpendam. Oke, sampai disini dulu pembahasan kita mengenai profesi yang berpengaruh terhadap pengembangan aplikasi web, semoga menambah wawasan-mu, dan terimakasih telah menjadi bagian orang yang memiliki hobi membaca salah satunya membaca artikel ini.(Hamdani)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Profesi yang Terdapat Dalam Pengembangan Aplikasi Web
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    100%

    Komentar