Tips aman Berkendara Saat Hujan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Hujan memang terkadang sering terjadi secara tiba – tiba, bahkan saat kita sedang di alan atau sedang dalam perjalanan, hujan juga kerap kali membuat jalanan mejadi licin yang berakibat pada terjadinya kecelakaan saat berkendara di tengah hujan karena jalan yang menjadi licin, bahkan yang terparahnya iyalah bisa terjadi nya kecelakaan yang berakibat hilangnya nyawa sesorang.

    Oleh kara itu di saat hujan, kita juga harus berhati – hati dan pastikan juga kendaraan yang kita gunakan dalam kondisi yang baik, agar nantinya saat hujan datang kita sudah bisa mengantisipasi nya, terkhusus juga kepada orang yang sering bepergian sepertinya harus lebih sering memperhatikan kendaraannya, berikut ini kami akan memberikan sedikit Tips berkendaraan dengan aman saat datang nya hujan, agar tidak terjadi hal – hal yang tidak di inginkan, berikut tips aman berkendara saat hujan :

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Mengemudi menjadi lebih aman di iklim lembab dan saat terjadinya hujan. Dalam kondisi badai, lebih sulit untuk melihat kendaraan lain, rambu lalu lintas dan jalan itu sendiri. Sangat penting untuk memastikan bahwa Anda dapat melihat dan dapat dilihat oleh pengendara lainnya.

    1. Pertama dan terpenting: lebih lambat! Lebih banyak waktu diperlukan untuk berhenti atau menyesuaikan diri dalam cuaca basah.
    2. Tetap ke jalur tengah: air cenderung menumpuk di jalur luar.
    3. Pertahankan jarak pelacakan yang tepat (aturan 3 detik). Ini harus ditingkatkan di iklim lembab.
    4. Berkendaralah di rel mobil di depan Anda.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Lubuk Sikaping

    1. Jangan mengikuti truk atau bus besar dengan cermat. Semprotan yang dibuat oleh ban besar mengurangi penglihatan Anda. Hati-hati saat melewati mereka juga; Jika itu harus terjadi, lakukan dengan cepat dan aman.
    2. Lebih waspada saat mengemudi dalam kondisi basah atau licin. Waspadalah terhadap lampu rem di depan Anda.
    3. Hindari menggunakan rem Anda; Jika memungkinkan, lepaskan kaki Anda dari pedal gas untuk mengurangi kecepatan.
    4. Nyalakan lampu depan bahkan di tengah hujan rintik-rintik atau dalam kondisi gelap, berkabut atau berawan. Mereka tidak hanya membantu Anda melihat jalan, tetapi juga membantu pengemudi lain melihat Anda. Jika mobil Anda memiliki lampu berjalan siang hari, Anda harus menyalakannya agar kendaraan di belakang Anda dapat melihatnya dengan lebih baik.
    5. Sebelum hujan, gantilah wiper kaca depa yang sudah tua atau rapuh.
    6. Hindari mengemudi di jalan: sulit untuk menilai kedalaman genangan air yang sebenarnya dan dapat dengan mudah terjebak, bahkan di dalam SUV.
    7. Jangan pernah mengemudi di luar batas visibilitas. Di malam hari, jalan hujan menjadi sangat berbahaya. Silau lampu yang mendekat, diperkuat oleh hujan di kaca depan mobil Anda, dapat menyebabkan hilangnya visibilitas sementara sementara secara substansial meningkatkan kelelahan pengemudi. Dalam kondisi hujan, pejalan kaki, ternak dan satwa liar sangat sulit dideteksi dan bahkan lebih sulit untuk dihindari.
    8. Jangan pernah mengemudi melalui air yang bergerak jika Anda tidak bisa melihat tanah melaluinya; Mobil Anda bisa diseret keluar dari jalan.
    9. Saat mengemudi melalui genangan air dengan kedalaman yang tidak menentu, lakukan perlahan. Jika lebih dalam dari bagian bawah pintu Anda, berbaliklah dan temukan rute lain. Air yang dalam dapat menyebabkan kerusakan serius pada sistem kelistrikan mobil modern.
    10. Hindari memercik pejalan kaki.
    11. Jika memungkinkan, menjauhlah dari jalan selama badai petir hebat. Kilatan besar petir untuk sementara waktu dapat membuat pengemudi lumpuh dan disorientasi sementara, angin kencang dan hujan lebat yang menyertainya dapat menciptakan kondisi mengemudi yang mematikan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Pergi lebih lambat! Ini harus jelas tetapi juga sangat penting. Orang-orang sangat terbiasa mengendarai kecepatan tertentu di jalan-jalan tertentu yang kadang-kadang mereka lupa kebutuhan untuk mengurangi kecepatan ketika cuaca buruk terjadi, itulah tadi sedikit informasi yang sangat penting untuk keselamatan diri kita saat mengendarai di wkatu hujan.(Doni)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips aman Berkendara Saat Hujan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar