Waspada Musim Hujan, Polres dan Pemkab Inhu Apel Penanggulangan Banjir

Daftar Isi

    INHU- Dalam rangka penanggulangan banjir dan longsor yang disebabkan oleh curah hujan yang cukup tinggi. Polires Inhu bersama Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau menggelar apel bersama di halaman Kantor Bupati Inhu, Senin (9/12/2019).

    Hal ini diselenggarakan untuk mengecek kesiapan Personel dan Kelengkapan Sarana Prasarana dalam pelaksanaan kesiapsiagaan pencegahan dan Penanggulangan Bencana Banjir dan Longsor. Berdasarkan data dari BMKG, pada bulan Desember cuaca diprediksi masuk tahap musim penghujan yang rentan dengan bencana. Apalagi masyarakat yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS).

    AKBP Efrizal S.IK saat memimpin apel melalui PS Paur Humas Aipda Misran mengatakan bahwa musibah alam seperti longsor dan banjir membawa banyak permasalahan karena sebagian warga banyak kehilangan tempat tinggal (rumah).

    Selain bencana alam yang dialami warga. Dampak penyakit seperti DBD (Demam Berdarah Dengue) tak menutup kemungkinan juga menyebar di daerah banjir.

    Untuk itu, Kapolres Inhu mengecek segala  peralatan harus stenbay hingga kesiapan personilnya. "Saya mengucapkan terimakasih yang setinggi tingginya kepada Pemkab Inhu telah mendukung pelaksanaan apel bersama ini. Sehingga dalam penanggulangan bencana nantinya dapat kita atasi secara gotong royong," ujar Kapolres Inhu.

    Saat apel berlangsung. Masyarakat Inhu dihimbau agar lakukan Reduce, Reuse dan Recycle (3R). Karena cara ini dapat mengurangi sampah yang mengakibatkan bencana alam seperti banjir.

    Diwaktu bersamaan, untuk data pengulangan karhutla di tahun 2019 ini. Polres Inhu telah melakukan proses penyelidikan dan telah ditetapkan 5 tersangka yang terbukti melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar.

    Titik Hotspot yang terdeteksi oleh satelit  BMKG dari bulan Januari hingga November 2019 sebanyak 332 titik dan luas lahan yang terbakar mencapai 473 hektar yang tersebar di Kabupaten Indragiri Hulu.

    Dari pengalaman yang dialami sebelumnya tentang Karhutla. Polri, Pemerintah, Perusahaan dan masyarakat harus saling bahu-membahu untuk melakukan pencegahan tentang Karhutla. Antisipasi itu tertuang dalam Instruksi Presiden nomor 11 Tahun 2015 tentang Peningkatan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan.

    Dalam apel digelar, turut dihadiri oleh Kapolres Inhu AKBP Efrizal S.I.K, Ir. H. Hendrizal (Sekda Inhu), Kapten. Inf. Ardiyasman (Pasi Ops Kodim 0302 Inhu), satu Pleton Pamen Res Inhu/Kodim, satu Pleton Pama Res Inhu/Kodim, para camat se-kabupaten Inhu, para ASN dilingkungan Pemkab Inhu, personil Satpol PP, masyarakat peduli api. (dan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Waspada Musim Hujan, Polres dan Pemkab Inhu Apel Penanggulangan Banjir
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar