Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Muhammadiyah Pringsewu

Daftar Isi

    LancangKuning.com  - Setiap umat manusia mempunyai pemikiran dan impian yang berbeda beda, ada yang ingin mengabdi kepada negara, ada yang ingin jadi seorang guru, bahkan ada juga yang ingin mengabdi serta mendedikasikan dirinya untuk dapat menyelamatkan nyawa umat manusia.

    Untuk hal tersebut, kalian tentunya sangat membutuhkan yang namanya ilmu pengetahuan dan kemampuan yang sangat memadai sehingga kalian terjamin kesuksesannya dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, dan coba bayangkan misalkan kalian salah membuatkan obat untuk pasien karena kalian tidak tahu apa-apa, itu sama saja sudah membunuh 1 nyawa manusia, bukan? Kembali ke awal lagi, kalian butuh yang namanya ilmu pengetahuan untuk menggapai impian kalian.

    Karena hal itu, banyak tempat dan passion, serta jenjang pendidikan yang berbeda-beda untuk kalian dapat mencari ilmu. jadi, tinggal kalianlah yang dapat menentukannya kalian ingin bagaimana kedepannya. Nah, untuk sekarang, kami akan memberi sedikit informasi mengenai salah satu perguruan tinggi yang fokus di bidang ilmu kesehatan, yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan(STIKES) Muhammadiyah  Pringsewu.

    Baca juga : Akreditasi Jurusan Kampus Politeknik Kesehatan (POLTEKKES) Denpasar

    Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Pringsewu adalah salah satu kampus/perguruan tinggi swasta di Indonesia (di wilayah kopertis 02) yang berfokus di bidang ilmu kesehatan, perguruan tinggi ini juga sudah didirikan sejak 13 Juni 1983. STIKES Muhammadiyah Pringsewu ini sendiri berlokasi di Lampung, lebih tepatnya Jalan Makam KH Ghalib No. 112, Kab. pringsewu, Prov. Lampung. Sampai saat ini, perguruan tinggi ini sudah berhasil menyelenggarakan beberapa program studi yang sudah ter-akreditasi B, yakni D-III Keperawatan, D-III Kebidanan, S1 Keperawatan, dan yang terakhir Profesi Ners.

    1.  Keperawatan

    Keperawatan, apa yang kalian pikirkan pertama kali saat mendengar kata tersebut? Mungkin beberapa dari kalian akan berpikir tentang perawat rumah sakit, puskesmas, dan sebagainya, atau mungkin kalian sudah tahu apa itu keperawatan? Perawat sendiri memiliki tugas dan peran yang sangat penting di bidang kesehatan, tanpa perawat, mungkin rumah sakit akan kacau balau.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Emang apa saja sih tugas perawat itu? Tugas perawat sendiri tidak bisa dianggap enteng, lho, tugas tugasnya seperti menjaga dan merawat pasien, memberikan obat sesuai waktunya dan takarannya, menjaga kesehatan setiap pasiennya, memberikan motivasi dan perhatian terhadap pasiennya, dan banyak lagi. Mungkin setelah mendengarnya kalian tertarik untuk menjadi perawat karena tugas - tugasnya yang mulia, nah, jurusan ini mungkin bisa menjadi jawaban kalian.

    Yap, jurusan ini namanya keperawatan. Tentunya kalian tidak asing lagi dengan nama jurusan ini. Dari namanya saja kita pasti sudah tahu bahwa jurusan ini mempelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan keperawatan. Tidak hanya itu, jurusan ini juga tentunya mempelajari ilmu-ilmu sains, dan ilmu-ilmu sosial, serta tata cara memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien.

    Dari situ kita bisa tahu, bahwa pekerjaan kalian nantinya sebagai perawat harus lebih mengutamakan yang namanya pengabdian dibandingkan penghasilanyang akan kalian dapatkan nantinya. Jurusan ini juga memiliki mata kuliah, seperti Sains Kesehatan, Ilmu Dasar Keperawatan, Antopologi Kesehatan, Keperawatan Sistem Respirasi, Keperawatan Sistem Neurobehaviour, Keperawatan S. Persepsi Sensori, & banyak lagi. Di STIKES Muhammadiyah Pringsewu jurusan Keperawatan ini memiliki 2 strata, yakni Diploma(D3) dan Sarjana(S1) dengan akreditasi B dan berlaku hingga Maret 2022 untuk D3 dan September 2020 untuk S1.

     

    2.  Kebidanan

    Bidan merupakan satu dari sekian banyak profesi yang sangat berjasa, kenapa? Karena bidan memiliki tugas-tugas yang harus dilakukan, seperti membantu persalinan seorang ibu. Tidak hanya sekedar persalinan saja, tetapi juga kesehatan, fase fase kehamilan dan tumbuk kembang bayi, dan masih banyak lagi.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekabaru

    Bidan sendiri juga salah satu dari profesi yang sangat berjasa dan mulia. Untuk menjadi bidan pun, kalian harus lulus dari salah satu jurusan di perguruan tinggi ini, yaitu kebidanan. Kebidanan mempelajari dan memperdalam segala hal, mulai dari fungsi-fungsi reproduksi hingga peningkatan kesejahteraan keluarga. Kebidanan ini bertujuan untuk menghasilkan tenaga bidan yang handal dan juga memiliki jiwa kepedulian dan ketulusan yang tinggi.

    Setelah lulus dari jurusan ini, kalian juga dapat bekerja di instansi kesehatan pemerintah, rumah sakit, klinik, atau kalian juga bisa membuka klinik sendiri. Jurusan Kebidanan di STIKES Muhammadiyah Pringsewu ini memilki strata D3 dengan akreditasi B dan berlaku hingga Maret 2022 nanti.

    3.  Ners

    Profesi Ners merupakan jenjang pendidikan setelah lulus S1 Keperawatan, setelah lulus dari ners ini kalianakan mendapatkan gelar Ns, dimana nantinya mempermudah kalian untuk bekerja di tempat – tempat layanan kesehatan yang kalian inginkan sebagai tenaga perawat di tempat tersebut.

    Jadi intiya, setelah menamatkan jurusan keperawatan, kalian seharusnya mengikuti jenjang pendidikan ini selama 2 semester agar bisa menjadi perawat di tempat – tempat layanan kesehatan. Di STIKES Muhammadiyah Pringsewu, program ners ini memiliki strata Profesi dengan akreditasi B dan berlaku hingga September 2020 nanti (Dimas)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Muhammadiyah Pringsewu
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar