450 Peserta Semarakkan Bulan Bahasa FKIP UIR

Daftar Isi

    PEKANBARU-Penampilan musikalisasi puisi salah satu SMA di Bulan Bahasa FKIP Universitas Islam Riau memukau ratusan mahasiswa dan guru yang menduduki kursi Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa UIR, Kamis siang (21/11 2019). Mengenakan busana Melayu berwarna kuning ketiga siswa itu membawakan musikalisasi puisi karya Chairul Anwar, bertajuk 'Cintaku Jauh di Pulau'. Tiga dewan juri yang duduk di sisi kanan penonton mengamati gerak musik siswa dengan serius.

    Ratusan penonton yang berada di dalam gedung pun memperhatikan alunan gerak dan suara para siswa. Sekali-kali mereka bertepuk tangan untuk memberi motivasi. ''Mereka sangat kreatif dan kompak. Suaranya juga bagus,'' komentar Bambang, salah seorang mahasiswa yang menyaksikan penampilan ketiga siswa.

    Bulan Bahasa di Universitas Islam Riau diperingati setiap tahun oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra FKIP. Kegiatan yang ditaja sejak Senin (18/11 2019) dan berakhir Jum'at (22/11) diikuti 450 peserta mulai dari siswa SMP, SMA, mahasiswa hingga ke guru. Beragam perlombaan yang digelar disesuaikan dengan tingkatannya. Ada tingkat provinsi, nasional sampai ke Asia Tenggara.

    Menurut Sekretaris Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra FKIP Desi Sri Rahayu, tahun ini panitia memperlombakan sejumlah bidang. Yakni Cipta Puisi Berbahasa Indonesia (Tingkat Mahasiswa Asia Tenggara), Cipta Puisi dan Cipta Cerpen (Tingkat Mahasiswa Nasional), Baca Puisi (Tingkat Mahasiswa se Riau dan Tingkat Guru Nasional), Workshop Literasi Guru (Tingkat Regional), Cipta Puisi dan Cipta Cerpen (Tingkat Nasional), Drama, Musikalisasi Puisi dan Baca Puisi (Tingkat SMA se Riau), Pidato dan Baca Puisi (Tingkat SMP). Tahun ini, kata Desi, panitia mengambil tema 'Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai Sarana Kreativitas Anak Bangsa di Era Milenial'.

    Dekan FKIP Drs Alzaber mengapresiasi Bulan Bahasa 2019. Ia mengatakan, dari kegiatan ini diharapkan kreativitas siswa, mahasiswa dan guru terus meningkat. Setiap tahun FKIP menyelenggarakan acara memperingati Bulan Bahasa, dan setiap tahun pula pihaknya menyaksikan tingginya potensi anak-anak dalam berkarya.

    ''Kita sekaligus mempromosikan FKIP UIR kepada sekolah-sekolah dengan harapan siswanya tertarik menjadi mahasiswa di universitas ini. Tantangan dan kompetisi dunia pendidikan sekarang juga semakin berat. Melalui acara-acara di Bulan Bahasa kita perkenalkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UIR, sekaligus mengoptimalkan bakat dan potensi siswa supaya mereka terus berkarya untuk bangsa dan negara,'' tandas Alzaber.

    Terpisah Wakil Rektor III Rosyadi juga mengapresiasi kegiatan di Bulan Bahasa. Ia berharap, acara-acara seperti ini dapat terus ditingkatkan karena tidak hanya bermanfaat bagi siswa, mahasiswa dan guru melainkan bagi UIR sendiri.(rie/rls)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 450 Peserta Semarakkan Bulan Bahasa FKIP UIR
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar