Mengganti Garam dengan MSG Dapat Membantu Melindungi Kadar Tekanan Darah

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Siapa yang tidak kenal dengan nama satu ini MSG, dimana banyak orang beranggapan bahwa jenis bumbu masakan satu ini memiliki dampak yang buruk. Meskipun demikian banyak saja yang menggunakan bumbu satu ini karena dipercaya bisa menambah kelezatan pada masakan.

    Monosodium glutamat, lebih umum disebut MSG merupakan aditif makanan yang sering difitnah yang digunakan untuk meningkatkan rasa dan membuat hidangan lebih gurih tanpa membuatnya terlalu asin. Hal inilah yang membuat para ibu rumah tanggan menambahkannya ke dalam masakan mereka.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Untuk di beberapa negera yang terlalu banyak mengkonsumsi garam, bahan yang sama ini mungkin menjadi kunci untuk mengurangi konsumsi natrium berbahaya, menurut para peneliti dilansir dari SlashGear, mengatakan bahwa mengganti beberapa garam dengan MSG dapat membantu mengurangi tekanan darah dan melindungi kesehatan jantung.

     

    Temuan ini baru-baru ini dipublikasikan di Nutrients. Para peneliti menggunakan data National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES) tentang kebiasaan diet orang Amerika. Berdasarkan analisis mereka, tim menemukan bahwa mengganti beberapa garam dalam makanan tertentu dengan MSG dapat mengurangi asupan natrium secara keseluruhan hingga 7- hingga 8 persen, membantu masyarakat tetap di bawah 2,3 g asupan natrium maks yang biasanya direkomendasikan oleh pejabat kesehatan.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Jaya

    Asupan garam yang berlebihan adalah faktor utama dalam perkembangan tekanan darah tinggi, yang merupakan kondisi berbahaya yang membuka jalan bagi sejumlah besar masalah kesehatan kronis, termasuk mulai dari masalah penglihatan hingga penyakit jantung dan stroke. Membuat orang mengurangi jumlah garam yang mereka makan bisa rumit, namun, karena persepsi makanan rendah garam memiliki rasa lebih sedikit, ditambah jumlah produk makanan olahan yang menggunakan garam sebagai pengawet.

     

    Aditif makanan MSG hanya mengandung sekitar 12 persen natrium, artinya hanya sekitar sepertiga dari kadar yang ditemukan dalam garam meja biasa. Aditif meningkatkan rasa meskipun demikian, dan para peneliti mencatat bahwa kadar garam dapat dipotong hingga 40 persen dengan menambahkan MSG tanpa mengurangi seberapa enak makanan itu.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Peneliti utama studi tersebut, Dr. Taylor C. Wallace mengatakan, "Ketika orang Amerika mulai memahami bahwa MSG benar-benar aman, saya pikir kita akan melihat perubahan ke arah penggunaan bahan sebagai pengganti garam untuk meningkatkan hasil kesehatan." 

     

    Sumber : slashgear.com

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mengganti Garam dengan MSG Dapat Membantu Melindungi Kadar Tekanan Darah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar