Tips Untuk Mahasiswa Agar bisa Langsung Kerja setelah Lulus

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Jika saat ini kamu seorang mahasiswa tentu saja sangat besar harapan ketika lulus nanti bisa berkarir sesuai dengan jurusan atau pendidikan yang sedang kamu jalani. Namun, karena kurangnya kualitas yang dimiliki banyak para sarjana yang kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan.

    Kamu sebagai mahasiswa jangan menganggap enteng saja permasalahan ini bahwa jika sudah sarjana akan mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Kamu mesti ingat, persaingan kamu di luar sana sangat banyak. Untuk selagi status kamu masih mahasiswa ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan atau persiapkan sebagai strategi agar setelah lulus kuliah kamu mendapatkan pekerjaan idaman kamu.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Membuat karya tulis

    Penelitian mungkin bukanlah hal yang asing bagi mahasiswa, karena sebelum wisuda para mahasiswa diwajibkan membuat penelitian dan itu adalah salah satu syarat mendapatkan gelar sarjana. Nah, bukan berarti kamu hanya membuat karya tulis ini satu kali dalam bentuk penelitian akhir saja selama duduk di bangku kuliah.

    Kamu harus berusaha lebih aktif dalam menuangkan ide-ide kreatif kamu dalam bentuk tulisan. Kamu bisa memiliki kesan yang cerdas dan berwawasan luas jika memiliki banyak karya tulis.

    1. Mengikuti perlombaan

    Banyak sebenarnya jenis perlombaan yang dapat kamu ikuti selama masa kuliah, baik itu lomba dalam bidang akademik maupun non akademik. Kamu bisa mencoba mengikuti perlombaan tersebut dan secara bertahap. Dengan seringnya kamu mengikuti perlombaan tentu saja kamu akan terbiasa bersaing secara sehat, sehingga ketika lulus kuliah untuk mendapatkan pekerjaan kamu tidak minder jika ditolak satu lamaran. Kamu akan terus mencobanya.

    1. Ikut komunitas, Organisasi atau UKM

    Akan sangat disayangkan jika selama menjadi mahasiswa kamu tidak terlibat dalam satu organisasi, komunitas atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Kamu tetap harus mengembangkan soft skill kamu meskipun kamu sibuk melalui satu organisasi, komunitas atau UKM baik itu di dalam kampus maupun di luar kampus.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Sulawesi Barat

    Akan banyak sekali manfaat yang akan didapatkan jika kamu aktif mengikuti hal tersebut. Aktif dalam sebuah komunitas, organisasi atau UMK akan mendatangkan banyak manfaat untuk kamu seperti kamu bisa berlatih menjadi leadership, public speaking, mengerti bagaimana membangun teamwork, membangun relasi, lebih mengembangkan diri dan juga kamu akan memperoleh pengalaman yang sangat berharga tentunya.

    1.  Mengusai bahasa asing dan teknologi

    Saat ini dunia persaingan dalam mendapatkan kerja itu semakin berat, sehingga kamu haruslah memiliki kualitas dan skill agar bisa bersaing mendapatkan pekerjaan. Kamu harus menyesuaikan diri dan mengikuti perkembangan kehidupan agar bisa bersaing.

    Kita sama-sama tahu bahwa kini kita berada di era serba digital dan hampir semua aspek kehidupan tidak terlepas dari perannya teknologi. Kita akan berjumpa dengan persaingan kerja yang ketat, sehingga kamu harus mempersiapkan bekal seputar teknologi serta kemampuan bahasa asing. Dengan bekal teknologi yang lebih serta mampu berbahasa asing, agar kelak bisa mengantarkan kamu mendapatkan pekerjaan.

    1. Mengikuti seminar atau workshop

    Ketika menjalankan kuliah kamu tentunya akan mendapatkan banyak informasi seputar seminar ataupun workshop. Untuk itu kamu harus rajin menggitinya dan berpartisipasi di dalamnya, karena banyak seminar atau workshop yang gratis yang paling penting kamu harus meluangkan waktu kamu. Berbekal banyak ilmu maka itu tentu saja akan cukup bagus mengantarkan kamu kelak.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Bekerja part time

    Bekerja part time ini bisa dikatakan bekal awal yang sudah kamu miliki. Dengan pengalaman kerja yang kamu miliki semasa kuliah, otomatis kamu selangkah lebih maju dari teman kamu. Memang kerja sambil kuliah itu tidak mudah, ada saja alasannya misalnya waktunya tidak bisa disesuaikan atau malas dan alasan lainnya.

    Namun, tidak ada salahnya kamu mencobanya hitung-hitung untuk mendapatkan pengalaman. Banyak pekerjaan yang bisa kamu lakukan sembari kuliah misalnya menulis, mengajar les private, menjadi asisten dosen dan pekerjaan lainnya yang tentu saja sesuai kemampuan kamu. Intinya, kamu harus pintar-pintar mencari peluang.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Untuk Mahasiswa Agar bisa Langsung Kerja setelah Lulus
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar