Penemuan Jenius yang Bisa Selamatkan Bumi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kerusakan pada bumi kita sudah bisa sama-sama rasakan, banyaknya asap kendaraan dan barang elektronik yang bisa merusak lapisan ozon. Tidak hanya itu saja, banyaknya tumpukan sampah juga merusak lingkungan karena sampah-sampah tersebut tidak bisa terurai dengan baik. Hingga airpun bisa tercemar karena sampah ini baik itu sungai maupun lautan.

    Dalam membantu agar keadaan bumi ini bisa menjadi lebih baik meskipun terus berkembang, banyak cara sudah dilakukan oleh ilmuwan bahkan orang biasa juga turut membantu. Salah satu cara sederhana yang kita coba usahakan adalah mungkin ada yang pelan-pelan meminimalisir dalam penggunaan plastik sekali pakai. Ketika berbelanja di pasar atau di supermarket bisa membawa tas sendiri. Cara lainnya kita belanja jajanan minuman kekinian tidak mengambil sedotan plastik.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Dari semua usaha kita tersebut tidak ada yang sia-sia sebenarnya, hanya saja jika kita beralih dengan beberapa benda-benda ini dalam kehidupan sehari-hari mungkin akan bisa lebih sempurna. Di Negara kita mungkin benda ini belum semua tersedia, namun mencari tahu terlebih dahulu tidak ada salahnya.

    Banyak benda-benda yang ditemukan oleh para jenius dan digandang bisa menyelamatkan bumi kita. Berikut beberapa penemuan tersebut :

    1. Air langsung telan

    Botol plastik tidak bisa kita pungkiri bahwa yang paling banyak menjadi sampah dan mencemari lingkungan kita. Sifat botol plastik ini sulit untuk terurai sehingga ada ilmuwan yang berusaha menciptakan air yang bisa langsung ditelan.

    Air ini dibungkus seperti membran gelatin dimana terbuat dari campuran klorida dan rumput laut. Air ini bisa untuk sekali teguk saja karena ukurannya tidak begitu besar. Menurut pendapat banyak orang bahwa jenis minuman seperti ini bisa menjadi salah satu cara minum air di masa depan sehingga tidak akan banyak membuang-buang botol plastik lagi.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Wuna Raha

    1. Kantong plastik dari singkong

    Tidak hanya botol plastik, kresek juga sering kita lihat mengambang di lautan karena tidak terurai hingga terparahnya bisa termakan oleh binatang di laut. Dalam mengatasi hal itu beragam gerakan telah dilakukan salah satunya kresek berbayar dan juga kini sudah ada kantong berbahan dasar pati singkong sehingga bisa larut di dalam air.

    Memang kita tidak bisa lepas 100% dari yang namanya kantong plastik ini, karena kadang kita masih mau membayar untuknya jika berbelanja di supermarket. Sehingga solusi tepat adalah bukan menghindari tapi menciptakan dengan bahan yang bisa terurai salah satunya kresek dari singkong ini.

    1. Cincin kaleng minuman dari gandum

    Apabila ketika kita membeli minuman kaleng, cincinnya terbuat dari lembaran baja dan timah, berbeda dengan penemuan satu ini dimana terbuat dari gandum. Hal ini akan mudah terurai karena terbuat dari bahan gandum.

    Dibandingkan dengan sampah-sampah plastik yang ada selama ini, tentu saja ini lebih aman jikapun termakan oleh biota laut karena tidak ada kandungan racunnya. Jika pabrik minuman kaleng beralih menggunakan ini tentu saja ini cukup membantu dalam pengurangan pencemaran sampah.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Sendok bisa dimakan

    Seorang ilmuwan berhasil menciptakan sendok yang bisa dimakan. Sendok plastik sangat berbahaya terbukti dengan adanya penemuan sendok bekas plastik utuh di dalam perut ikan yang mati. Sehingga ilmuwan mencari solusi dengan sendok yang bisa dimakan dengan bahan pembuatnya dari padi, biji-bijian dan gandum.

    1. Odol berbentuk pil

    Jika kita perhatikan di dalam rumah tangga kita ternyata banyak sekali bungkusan produk yang mencemari lingkungan dan sulit terurai salah satunya bungkus odol. Karena hal itu, ada yang membuat odol berbentuk pil, kamu bisa menyikat gigi seperti biasa dengan mengunyah pil tersebut sehingga sangat mengurangi sampah odol.

    1. Shampo langsung pakai

    Selain odol juga ada yang membuat shampo yang langsung dibasahi dengan air. Shampo ini berbentuk bulatan berukuran kecil sebesar 5mm. Botol shampo atau pembungkusnya juga sering memenuhi tong sampah di rumah kita dan sampahnya tersebut juga sulit terurai.

    Shampo bentuk bulatan untuk sekali pakai ini dibuat oleh seorang remaja bernama Benjamin Stern, sampi ini aman untuk lingkungan kita karena berbahan alami selain tidak meninggalkan sampah yang banyak.

    Itulah beberapa penemuan yang di gandang-gandang bisa menyelamatkan bumi kita, memang tidak semua produk tersebut ada di Indonesia tapi kalau plastik dari singkong sepertinya sudah ada selain itu beberapa minimarket juga sudah menyediakan kantong untuk ramah lingkungan.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Penemuan Jenius yang Bisa Selamatkan Bumi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar