Ghatib Beghanyut sebagai Wisata Religi di Siak

Daftar Isi

     

    Foto: Humas

    LancangKuning.Com, SIAK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak kembali menggelar tradisi kebudayaan turun-temurun yakni 'Ghatib Beghanyut' yang dilaksanakan pada Selasa 22 Oktober 2019 malam, usai salat isya di Pelabuhan Lalu Lintas Sungai Danau dan Penyebrangan (LLASDP) Siak.

    Kegiatan religius yang dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Jamaluddin itu dihadiri oleh Pimpinan OPD, Ratusan Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Alim Ulama, Tokoh Adat dan Masyarkat baik dari kota Siak maupun dari luar daerah.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Masyarakat Kabupaten Siak secara turun temurun percaya, kegiatan yang juga disebut ritual tolak bala itu, salah satu cara masyarakat membuang malapetaka dan bencana yang datang ke daerah setempat.

    Sementara itu, Ketua LAMR Kabupaten Siak Wan Said menjelaskan bahwa tradisi Ghatib Beghanyut sudah ada sejak 1976, hal ini dilaksanakan sebagai upaya menolak bala agar negeri terhindar dari musibah di masa itu.

    “Dahulu ada dua cara yang dilakukan untuk melaksanakan do’a tolak bala yakni Ghatib Bejalan dan Ghatib Beranyut, dengan menggunakan sampan berhanyut di Sungai Siak",kata dia.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Sementara itu, pada kesempatan yang berbeda Kadispar Siak Fauzi Asni mengatakan tahun ini para peserta tak hanya dari Kabupaten Siak saja, tapi juga dari Aceh, Kabupaten Batu Bara dan Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara, "Para peserta juga melantunkan dzikir yang dipimpin langsung oleh Dr Syekh H Hasan Haitami, dari Kabupaten Rokan Hulu (Rohul)," terangnya.

    Dalam sambutannya, Jamaluddin mengatakan Ghatib Beghanyut ini untuk mengusir penyakit.

    "Tradisi ini sudah ada sejak lama. Kalau orang tua kita dulu, behanyutnya mulai dari Kecamatan Tualang, Buatan Koto Gasib hingga ke Mempura," ujar Jamal.

    Baca Juga: Guru dan Siswa SD Juara Raih Prestasi Geleran Gebyar

    Dalam kondisi sekarang menurut Jamal, selain religius, Ghatib Benghanyut ini sangat bisa mengudang wisatawan datang ke Siak. Baik dari domestik maupun mancanegara.

    "Sesuai visi misi Kabupaten Siak sebagai tujuan wisata religius di Sumatera, ke depannya kita berharap, itu kesampaian," harapnya.

    Baca Juga: Tottenham Hotspur Vs Red Star The Lily Whites Pesta Gol Didepan Public Sendiri

    Tradisi melaksanakan zikir dan tahlil berjamaah di atas kapal dan sampan dengan berhanyut di Sungai Siak ini sebelumnya juga dirangkai dengan kegiatan ziarah ke makam sultan-sultan yang ada di Kota Istana. (LKC/Rls)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ghatib Beghanyut sebagai Wisata Religi di Siak
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar