Momentum HUT 20, Ketua DPRD Sebut Kabupaten Siak Berkembang Cukup Pesat

Daftar Isi

    Foto: Humas

    LancangKuning.com, SIAK - Kabupaten Siak genap berumur 20 tahun, kabupaten pecahan dari Bengkalis itu mulai beranjak dewasa dan lebih baik dari tahun ke tahunnya, banyak harapan yang harus di gapaike depannya.
    Hal itu disampaikan ketua DPRD Siak H Azmi, saat sidang paripurna DPRD Siak pada acara hari jadi Kabupaten Siak ke-20, Sabtu (12/10/19) semalam di Gedung DPRD Siak.

    Baca Juga: Ini Pesan Menag RI Lukman kepada Santri

    "Kita wajib bersyukur dengan menjadikan momentum Hari Jadi Kabupaten Siak ini sebagai kilas balik sebuah motivasi dan sebagai tonggak perjuangan, untuk mengisi kembali perjuangan dengan berbagai kreatifitas dan prestasi serta mengembangkan hal-hal yang positif lainnya, demi meraih cita-cita dan harapan akan masa depan yang lebih baik," kata Azmi.

    Baca Juga: Voucher Umrah Ramaikan Manasik Haji TK Unggul Terpadu Padang Pariaman

    Politikus Partai Golkar itu mengatakan dapat diketahui bersama bahwa Kabupaten Siak telah berkembang cukup pesat dan telah banyak mengukir prestasi diberbagai bidang hingga dapat bersaing dan sejajar dengan kabupaten dan kota lainnya yang ada di Indonesia.

    "Hal ini patut kita syukuri namun kita jangan mudah berpuas diri masih banyak yang harus kita kembangkan dan perlunya melakukan inovasi diberbagai bidang dan tetap melakukan pembangunan dan melakukan pembenahan-pembenahan di berbagai sektor dengan tetap memperhatikan pembangunan yang berwawasan lingkungan," ucap Azmi.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Seiring dengan hal tersebut kata Azmi, sangatlah tepat tema yang diangkat pada hari Jadi  Kabupaten Siak ke-20 Tahun 2019 ini, yaitu: ”Siak Hijau Siak Lestari” Budayakan Membangun dengan Kepedulian Lingkungan.

    "Hal ini mengingatkan kita semua bahwa dalam rangka melaksanakan pembangunan secara berkelanjutan harus tetap memperhatikan aspek yang berwawasan lingkungan. Semua ini tentunya melibatkan peran aktif serta semua unsur element masyarakat dalam upaya mendorong prinsip-prinsip kelestarian dan berkelanjutan dalam pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) dan peningkatan ekonomi masyarakat," ujarnya.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    "Berhasilnya program dimaksud tentunya dibutuhkan kesepakatan, kesepahaman, dan komitmen bersama antara semua pihak dan pemangku kepentingan. Kami selaku pimpinan beserta segenap Anggota Dewan turut mendukung penuh hal tersebut dan diharapkan kedepannya dapat diusulkan dasar kebijakan yang mengatur tentang Ruang Terbuka Hijau (Green Open Space) sebagai bukti kepedulian kita terhadap lingkungan dan demi masa depan generasi penerus kita yang sehat, cerdas dan berkualitas," imbuhnya.

    Berkaitan dengan hal tersebut diatas, Strategi yang perlu dikembangkan didalam membangun standar resolusi penyelesaian permasalahan perambahan, pembalakan, penguasaan lahan secara ilegal serta terhadap kebakaran hutan dan lahan secara komprehensif dan juga perlu menyusun rencana pengelolaan kawasan konservasi dengan mendorong zona pemanfaatan untuk pengembangan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK), jasa lingkungan dan ekowisata dengan melibatkan dan mengutamakan masyarakat tempatan.

    "Dalam pelaksanaan Program Siak Hijau Siak Lestari ini kami meminta kepada semua sektor yang terkait agar dapat bekerja sama mendukung program ini demi Hijau nya Kabupaten Siak yang kita cintai," katanya.

    Selanjutnya perlu pula mengapresiasi Prestasi-prestasi yang telah diukir Pemerintah Kabupaten Siak pada Tahun 2019 ini, antara lain, Kabupaten Siak telah memperoleh 8 (delapan) kali berturut-turut Predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia melalui Perwakilan Provinsi Riau terhadap Pelaksanaan APBD Kabupaten Siak.

    Penghargaan Kabupaten dengan Pembangunan Daerah Terbaik I di Provinsi Riau tahun 2019 dari Gubernur Riau, bersempena pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSRENBANG) Daerah di Pekanbaru.

    Penghargaan Kabupaten Layak Anak Kategori Nindya, yang diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan  Anak (KPPPA) Yohana Yambise.

    Penghargaan Piala Adipura Katogori Kota Kecil (ke-4 kalinya) dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

    Semua prestasi yang diraih ini tentu saja bukanlah hal yang mudah untuk diraih tetapi dibutuhkan upaya dan kerja keras demi meningkatkan pembangunan dan pelayanan yang lebih baik kepada Masyarakat Kabuapten Siak.

    Paripurna di hadiri Gubernur Riau Syamsuar, Bupati Siak H Alfedri,  tokoh pendiri kabupaten, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tamu undangan lainnya. (LKC/Gus)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Momentum HUT 20, Ketua DPRD Sebut Kabupaten Siak Berkembang Cukup Pesat
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar