Muhammad Rizky Juara 1 Festival Batik Siak 2019

Daftar Isi

    Foto: Humas

    LancangKuning.com, SIAK - Karya dari M Rizky tersebut keluar sebagai juara pertama pada lomba desain motif batik Siak, pada Festival Batik Siak yang ditaja beberapa waktu yang lalu oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Siak.

    Baca Juga: Milad ke-20, Kabupaten Siak Taja Pawai Budaya Internasional

    Rizky mengaku sangat bersyukur karena bisa dapat juara satu. ”Yang pasti senang, alhamdulillah” ungkap pria 26 tahun ini, Kamis (10/10/2019).

    Lomba desain batik tersebut ia lihat dari instagram explore Siak. Dirinya langsung berfikir untuk coba ikut serta, dan  mulai berfikir motif apa yang cocok untuk design batik Siak.

    Baca Juga: Lokakarya, Bupati Alfedri: Anak Siak harus mampu kelola hasil hutan jadi produktif

    "Saya coba mengambil option dari sebuah makanan khas dan buah-buahan khas yang ada disekitar rumah," ujar staf RSUD Siak ini.

    Pilihannya jatuh pada buah asam gelubi, karena menurut dia pada bagian bawah buah tersebut terdapat corak yang bisa diangkat sebagai motif.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Di posisi kedua diraih oleh Habi Maulana dari Simpang Baru, Pekanbaru, dengan tema motif padi. Filosofi Padi semakin berisi semakin merunduk, memberi manfaat kepada sesama, dan pintar beradaptasi.

    Dan  juara ke tiga oleh Timotius Victory H dari Kampung Sabak Permai kecamatan Sabak Auh. Motif batiknya berjudul Itik Sekawan, filosofinya menggambarkan tingkah laku itik yang selalu berjalan beriringan, ketika petang hari akan pulang kandang. Tingkah laku beriringan serasi, bersahabat, kompak bersama-sama. Menjadi contoh manusia akan arti kehidupan.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Sementara Ketua Dekranasda Rasidah Alfedri mengatakan desain motif batik yang akan diperbanyak oleh pihaknya akan mendapatkan royalti.

    Dirinya berharap batik Siak bisa dikenal banyak orang dan banyak dipakai pada setiap kesempatan.

    Diujung acara Ketua Dekranasda Kab Siak Rasidah Alfedri menyerahkan hadiah kepada para pemenang. Kategori Fashion Desain Juara 1 dengan Motif Bungo Cempaa dari Lubuk Dalam desainer Nurul Arini,  Juara II motif  Tampuk Manggis dari SMK Pariwisata, dan Juara III motif Bunga Cempaka dipandu dengan dengan Pucuk Rebung dari SMK Pariwisata

    Untuk  Kategori Mewarnai batik tingkat SMA juara 1 dari SMAN 2 Siak, juara 2 dari SMA Islamic, dan juara 3 dari SMAN 2 Siak. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Muhammad Rizky Juara 1 Festival Batik Siak 2019
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar