Akreditasi Jurusan Kampus Politeknik Banyuwangi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Politeknik Banyuwangi adalah universitas yang berlokasi pada jalan Raya Jember KM 13 Labanesem, Banyuwangi, Jawa Timur. Universitas ini didirikan pada tanggal 4 Oktober tahun 2013. Politeknik banyuwangi memiliki satu program studi yaitu manajemen bisnis pariwisata D4 dengan akreditasi C.

    Tahu kah kalian, bahwa manajemen merupakan salah satu dari banyak jurusan yang sangat diminati. Ini dikarenakan peluang kerja yang sangat luas dan menjanjikan, serta ilmu yang tentunya sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari – hari. Seorang lulusan jurusan manajemen tentunya akan mampu melakukan sesuatu secara efektif dan efesien.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Jurusan manajemen itu sendiri terbagi lagi kepada banyak cabang. Salah satunya adalah manajemen bisnis pariwisata. Program studi ini juga merupakan cabang dari jurusan pariwisata. Program studi ini mengajarkan bagaimana cara merencanakan, mengelola, dan mengembangkan suatu hal di bidang industri pariwisata dengan efektif dan efesien. Dikarenakan pesatnya perkembangan dalam dunia pariwisata di Indonesia saat ini, maka seorang lulusan dari program studi ini tentunya menjadi bagian penting dalam industri pariwisata Indonesia.

    Jika anda tertarik dengan program studi yang satu ini, kami akan membahas hal – hal yang berkaitan dengan program studi manajemen bisnis Pariwisata.

    Hal – Hal yang Dipelajari di Program Studi Manajemen Bisnis Pariwisata

    1. Manajemen ekowisata

    Manajemen ekowisata adalah ilmu yang mempelajari bagaimana cara mengelola perjalanan pada daerah – daerah alami serta melestarikan alam sekitarnya. Ilmu ini berfokus dalam 3 hal yaitu konservasi alam, pemberdayaan sumber daya masyarakat lokal, serta meningkatkan kesadaran akan lingkungan hidup.

    Manajemen ekowisata memiliki prinsip untuk mengatur dan menyatukan lingkungan hidup serta pengembangan masyarakat sekitar.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Karimun

    1. Pemasaran pariwisata

    Pemasaran pariwisata adalah ilmu yang mempelari tentang aktivitas perencanaan dalam memilih sasaran pasar pada destinasi pariwisata, mendapatkan serta mengembangkan pelanggan, serta mengkomunikasikan penawaran pada pelanggan.

    1. Geografi pariwisata

    Geografi pariwisata, suatu ilmu yang menggabungkan bidang ilmu geografi dan pariwisata. Bidang ilmu ini mempelajari unsur – unsur terkait geografis suatu wilayah terkait kepariwisataan, dan mengembangkan potensi dari wilayah tersebut.

    1. Teknik memandu

    Teknik memandu adalah bidang studi yang berfokus pada aktivitas pemanduan, pemberian informasi, dan membimbing wisatawan dalam aktivitas wisatanya.

    1. Komunikasi pariwisata

    Komunikasi pariwisata merupakan suatu ilmu yang bergerak dalam bidang konsultasi, analisis potensi pariwisata, serta perencanaan proposal kampanye pariwisata.

    Prospek Kerja Jurusan Manajemen Bisnis Pariwisata

    1. Operating Officer

    Seorang operating officer bertugas untuk melaksanakan dan mengorganisir kegiatan suatu industri pariwisata.

    1. Finance Staff

    Finance staff atau staff keuangan adalah seorang yang bertanggung jawab dalam pengelolaan sistem keuangan dalam industri yang bergerak dalam bidang pariwisata.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Marketing Staff

    Seorang staff yang bertugas dalam segala pekerjaan yang memiliki hubungan dengan pemasaran suatu industri, dalam contoh ini industri pariwisata.

    1. Pegawai Negeri Sipil

    Seseorang yang merupakan lulusan dari manajemen bisnis pariwisata memiliki kemungkinan untuk diterima di kementerian ataupun dinas – dinas pariwisata.

    1. Entrepreneur

    Entrepreneur atau wirausahawan tentunya juga menjadi pilihan kerja bagi seseorang yang lulus dari manajemen bisnis pariwisata. Tentunya usaha yang dibuka adalah usaha yang berkaitan seperti perusahaan hiburan wisata, perhotelan, biro perjalanan wisata, dan lain – lainnya.

    Skill yang Dibutuhkan Dalam Jurusan Manajemen Bisnis Pariwisata

    1. Mampu melakukan perencanaan, mengelola, serta melaksanakan pekerjaan pada bidang  pariwisata.
    2. Mampu melakukan identifikasi terhadap peluang usaha pada bidang pariwisata secara efektif.
    3. Dapat menguasai konsep kewirausahaan dalam bidang pariwisata secara praktis dan efesien.
    4. Mampu mengembangkan unit kepariwisataan yang kreatif dan menciptakan nilai tambah.
    5. Mampu merancang produk pariwisata yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
    6. Mampu mengelola keuangan dan menyusun laporan biaya.
    7. Mampu merencanakan budget produksi agar dapat menyediakan informasi keuangan agar dapat membantu dalam pengelolaan produk pariwisata.
    8. Mampu mengelola SDM, SDA, serta modal agar dapat tercapai efesiensi dan efektivitas.
    9. Mampu menyesuaikan kemampuan diri dengan perkembangan pariwisata ke depan.(Athallah)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Politeknik Banyuwangi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar