Seram, Lintah Masuk ke Hidung Anak Usia 4,5 Tahun

Daftar Isi

    Foto: Lintah yang berhasil dikeluarkan dari hidung anak

    LancangKuning.Com, JAKARTA - Seorang anak laki-laki berusia 4,5 tahun dari Solo viral di Facebook ketika orang tuanya mengunggah foto saat menemukan seekor lintah di hidungnya. Sang ayah, Ardiyatsa Hamizan Eka Putra (39) alias Puji bercerita sebelumnya tak curiga sama sekali.

    "Awalnya anak saya hampir 20 hari-anmimisan tiap menit, sebagai orang tua saya bawa ke dokter terus diagnosanya ini karena kecapaian karena panas dalam. Kebetulan memang di Solo cuacanya lagi agak panas," kata Puji pada detikHealth dan ditulis Sabtu (31/8/2019).

    "Belum curiga saya. Sempat waktu itu keluar (ingus -red) bercampur kaya gumpalan darah," lanjutnya.

    Hingga akhirnya ada kerabat menyebut pernah membaca artikel kejadian dengan ciri serupa disebabkan karena lintah di dalam hidung. Keluarga lalu kembali ke rumah sakit untuk mengonfirmasi ketakutan mereka.

    "Langsung bawa ke rumah sakit, ternyata bener ada lintah masuk gede. Sekitar 3 sentimeter, sekelingking saya," ungkap Puji.

    Netizen bertanya-tanya dari mana lintah bisa masuk sampai bertahan hidup nyaris sebulan di hidung anak. Puji menyebut kemungkinan ketika ia membawa keluarganya berenang di daerah gunung.

     

    Baca Juga: Mobil Truk Terguling, Pengendara Motor Tewas

     

    "Saya bulan Agustus itu bermain air dua kali satu di daerah pegunungan satu di kolam renang. Pikir saya waktu maen air ini entah telurnya atau yang masih kecil mungkin masuk ke hidung itu," kata Puji.

    Dihubungi secara terpisah ahli kesehatan telinga, hidung, dan tenggorokan dr Bagas Wicaksono, SpTHT, dari Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Kemang menyebut kejadian lintah masuk ke hidung bukan hal langka terutama di daerah.

    "Itu cukup sering terjadi terutama di daerah. Anak main di sawah nggak sadar kemasukan lintah karena nggak terasa sakit. Memang enggak terlalu nyeri apalagi, anak-anak tidak bisa membedakan ada sesuatu di dalam hidung atau pilek," kata dr Bagas. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Seram, Lintah Masuk ke Hidung Anak Usia 4,5 Tahun
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar