1326, 25 Km Jalan di Kabupaten Siak dalam Kondisi Mantap

Daftar Isi

    LancangKuning.com, SIAK - Dari total panjang jalan 2880,19 Km di Kabupaten Siak, 1326,19 Km diantaranya saat ini dalam kondisi mantap (teraspal dan beton) atau secara persentase 46,05 persen. Meskipun berdasarkan SPN dari Kementerian Pekerjaan Umum seharusnya di tahun 2019 ini kondisi yang berstatus mantap harus sudah mencapai 60 persen.

    "Siak tidak mampu mencapai persentase tersebut, bukan berarti kita tidak menganggarkan infrastruktur, tapi karena kondisi keuangan daerah semakin hari semakin menurun APBD nya, dan total panjang jalan kita juga sangat panjang," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang dan Permukiman Penduduk Irving Kahar, saat memberikan keterangan di ruang kerjanya, Rabu (28/8/19) siang.

    Irving mengatakan, panjang jalan 2880,19 Km tersebut adalah total jalan Kabupaten Siak sejak berdiri, jalan tersebut termasuk jalan-jalan masyarakat yang belum teraspal.

    "Kalau dibandingkan jalan Provinsi hanya 2779 Km, artinya secara total panjang kita lebih panjang," jelas Irving.

    Irving mengatakan, jalan Provinsi juga dalam kategori mantapnya belum juga sampai 60 persen, namun demikian, Pemkab Siak harus fokus dengan kondisi jalan mantap ini dengan cara memperbaiki jalan-jalan dengan kondisi rusak berat, dan jalan-jalan yang belum teraspal.

    "Jadi yang mantap ini merupakan, jalan dalam kondisi baik dan sedang, itu untuk struktur permukaan jalanya aspal dan beton," jelasnya.

    "Artinya, 2880 Km itu, masih ada 1500 Km lagi yang harus kita mantapkan, itu baru sampai 46 persen belum sampai 50 persen lagi," terangnya lagi.

    Irving mengatakan, program itu merupakan program dari pemerintah  daerah dari Bupati Syamsuar, yang sekarang diteruskan oleh Alfedri.

    "Bagaimana yang 1500 Km lebih ini merupakan jalan poros yang harus kita tingkatkan permukaannya ke aspal ataupun beton ke depannya," terangnya.

    Irving mengaku, pihaknya setiap pembahasan di DPRD, mereka mengharapkan jangan usulan-usulan dari masyarakat yang hanya untuk memperbaiki jalan-jalan yang sifatnya lokal atau lingkungan atau kawasan, yang menjadi prioritas utama.

    "Kalau kita melaksanakan program jalan lingkungan itu, maka  jalan poros tidak akan terselesaikan. Dalam kurun waktu 5 tahun saja, hanya bisa melaksanakan di masa Syamsuar periode pertama  300 km, artinya membangun rata-rata 60 Km pertahun," terangnya.

    "Itu dalam kondisi APBD diatas Rp 2,5 Triliun, tetapi dengan  kondisi APBD sekarang hanya Rp 1,6 Triliun, kita hanya bisa mengharapkan APBD cuma bisa 40,32 Km itu sudah termasuk DAK, dulu waktu APBD tinggi kita bisa melakukan perbaikan jalan pertahun 60 Km termasuk DAK," jelasnya.

    Saat ini kata Irving, Pemerintah Kabupaten Siak berupaya mencari dana-dana untuk tetap konsisten pembangunan jalan di angka persentase 60 persen, dengan cara mencari dana dari DAK, Bankeu, maupun CSR.

    "Itulah program bidang Bina Marga dengan pemeliharaan rutin, agar kondisi mantap tetap bisa lebih baik, jangan menurun lagi, kalau sudah turun lagi, artinya tidak berhasil kinerja kita," katanya.(Rilis)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 1326, 25 Km Jalan di Kabupaten Siak dalam Kondisi Mantap
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar