Cara Menolak Tawaran Kerja yang tidak Diminati Dengan Sopan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Ini adalah salah satu hal yang tidak perlu dikhawatirkan orang-orang selama ini: menolak pekerjaan ada banyak hal yang dapat menyebabkan pencari kerja menolak suatu pekerjaan namun, biasanya hal itu tidak jauh-jauh dari: uang, pekerjaannya itu sendiri, atau orang-orang yang berada di perusahaan tersebut.

    mungkin kamu mempelajari hal-hal yang tidak kamu sukai dari finansial perusahaan, dan kamu ragu-ragu meninggalkan situasi kamu saat ini menuju masa depan yang tidak pasti, atau kamu mendapatkan tawaran yang sama dari perusahaan lainnya, atau kamu memiliki hal yang tidak kamu sukai dari organisasi atau manajemen selama kamu menjalani proses interview, atau kamu menyadari kalau kultur kerjanya tidak sesuai dengan kamu.

    Apapun alasanmu menolak yang menyebabkan kamu menolak pekerjaan, hal itu bisa membuat tidak nyaman, karena kamu harus menolak tawaran yang datang dari orang yang selama ini kamu coba beri kesan bagus. Untuk menghindari kecanggungan, ada baiknya untuk setransparan mungkin selama proses interview tentang apa yang benar-benar kamu inginkan terhadap posisi yang kamu inginkan. Jadi, jika tawarannya tidak sesuai yang kamu harapkan, maka tidak mengejutkan bagai pewawancara saat kamu menolak tawarannya.

    Jika organisasi memberikan segala hal yang kamu minta pasti hal yang sulit menolak mereka. Bagaimanapun harus diingat, proses interview merupakan kesempatan bagi setiap pihak untuk mempelajari tentang pihak lainnya, - mereka tidak akan bersalah saat tidak memperkerjakan kamu, jadi sadari kalau tidak aneh kalau kamu dapat menentukan apakah pekerjaan yang ditawarkan cocok atau tidaknya dengan kamu.

    Jadi pada dasarnya untuk menolak pekerjaan kuncinya ialah, lakukan dengan bijaksana, dengan hormat, dengan jujur, dan secara profesional. Letakkan diri kamu dalam posisi mereka, apa yang kamu inginkan dari calon pekerja yang menolak tawaran dari kamu dan dalam nada yang bagaimana? Tidak ada yang tahu kalau misalkan kamu akan bekerja dengan perusahaan tersebut di lain waktu, atau berhadapan dengan pewawancara yang sama di masa depan.

    Ini adalah hal-hal yang kamu lakukan saat menolak tawaran kerja:

    1. Selalu tunjukkan apresiasi

    Selalu tunjukkan rasa terima kasih kepada siapapun yang mewawancarai kamu atau organisasi lakukan untukmu. Saat menolaknya, selalu tunjukkan betapa banyak kamu mengapresiasi fakta kalau mereka memilih kamu dibanding kandidat-kandidat lainnya. Ucapkan terima kasih terhadap tawaran mereka dan lakukan secara hati-hati bagaimana kamu menolak tawaran mereka.

    2. Saat kamu membuat pilihan untuk menolak tawaran mereka, beri tahu segera

    Jika kamu menunggu terlalu lama, mereka akan kehilangan kesempatan untuk menawarkan kandidat lainnya yang mereka pertimbangkan sebelumnya, dan jika hal ini terjadi, kamu hanya menyebabkan masalah bagi perusahaan tersebut.

    3. Beri tahu pilihan kamu menggunakan telepon, kalau bisa

    Berbicara dengan mereka melalui telepon menunjukkan profesionalitasmu sedangkan mengirimkan mereka email menunjukkan impresi kalau kamu takut berbicara dengan mereka secara langsung dan memilih jalan keluar yang mudah.

    4. Lanjutkan dengan berbicara dengan orang-orang yang kamu kenal di perusahaan tersebut.

    Dalam banyak kasus, kamu sudah berbicara dengan HR dan dengan satu dua manajer ditempat yang membuka lowongan. Berbicara dengan mereka semua. Meskipun mereka akan kecewa dengan keputusanmu, mereka akan menghargai hubungan pribadi

    5. Beri tahu apa yang kamu sukai dari perusahaan tersebut

    Berbicara sesuatu yang positif tentang perusahaan akan membuat mereka tahu kamu benar-benar memiliki ketertarikan untuk bekerja disana dan mereka tidak menghabiskan waktu mereka menginterview kamu.

    6. Biarkan kesempatan terbuka

    Jika kamu menyukai perusahaannya tapi lowongannya tidak cocok, biarkan kesempatan terbuka dengan mengatakan sesuatu seperti, saya harap ada kesempatan kita akan bekerja sama di masa depan, atau sesuatu yang mengindikasikan kalau kamu memiliki ketertarikan untuk tetap berhubungan.

    7. Jangan bernegosiasi sampai kamu benar-benar yakin ada kesempatan kalau kamu bisa berubah pikiran dan menyetujui jabatan dengan tawaran yang dinegoisasikan

    Ingat kamu sedang membuat impresi yang akan mengikuti kamu jika atau saat kamu masuk ke perusahaan atau berinteraksi dengan perusahaan itu lagi

    8. Jangan tolak tawaran hanya karena kamu berpikir akan mendapatkan tawaran yang lebih bagus di perusahaan lain

    Kecuali kamu sudah memiliki tawaran lainnya, jangan terlalu berharap. Bagaimana jika kamu berharap kamu akan mendapatkan tawaran yang lebih baik dari perusahaan lain dan menolak tawaran saat ini, tapi tawaran yang kamu harapkan tidak akan pernah datang. Kecuali kamu memang benar-benar memiliki tawaran itu jangan berjudi dengan tawaran pertama kamu.(Randhi)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Menolak Tawaran Kerja yang tidak Diminati Dengan Sopan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar