Tips Mendapatkan Ipk Tinggi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Mendapatkan IPK yang tinggi merupakan dambaan hampir seluruh mahasiswa. Sehingga semua cara dan juga upaya dilakukan untuk mendapatkan ipk tinggi. Apakah kamu salah satu mahasiswa pengejar IPK tinggi. Apa yang sudah kamu lakukan sejauh ini untuk mendapatkan ipk tersebut?

    IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif memang bukan jaminan untuk kamu mencapai suatu kesuksesan. IPK inu hanya sebagai tolak ukur kamu nanti jika ingin bekerja di suatu perusahaan. Banyak orang diluar sana lulus dengan IPK yang memuaskan tetapi pas di praktekan di lapangan kerja mereka tidak tau harus melakukan apa, itu biasanya terjadi pada orang yang keseharian nya di kampus hanya mendapatkan hasil yang instan, seperti mencontek dll, sehingga IPK yang didapatkannya tidak murni dari nya. Jadi kamu dapatkan lah IPK yang tinggi dengan hasil jeri payahmu sendiri, nikmatilah proses kamu dalam belajar, banyakanlah pengalaman mu, karena bak kata pepatah pengalaman merupakan guru terbaik.

    Berikut adalah beberapa cara untuk meraih IPK tinggi :

    1. Luruskan Niat Kamu

    Pertama tama yang paling terpenting adalah niat, kalo kamu sudah tidak niat di awalnya bagaimana kamu akan paham, jadi luruskan lah niat dan tekat mu untuk mendapatkan IPK yang tinggi, kalo bisa buat catatan atau note dan tempel di dinding

    1. Kosongkan lah pikiran dan focus untuk menerima materi yang disampaikan oleh dosen

    Ibarat suatu gelas yang kosong ketika akan menerima air, seperti itulah kira-kira pikiran mu ketika hendak menerima materi, dengan begitu kamu akan lebih cepat memahami pelajaran yang disampaikan oleh dosen mu, dan apabila pelajaran tersebut sudah pernah kamu pelajari di kala sma, kamu harus tetap memperhatikan jangan meremehkan pelajaran tersebut, hanya karena kamu sudah pernah mempelajari.

    1. Jangan malas mencatat

    Catatlah pelajaran yang disampaikan oleh dosen mu, jaman sekarang dengan pesatnya perkembangan teknologi, para mahasiswa jadi malas mencatat, mereka lebih meminta soft file bahan ajar yang disampaikan dosen tadi selepas jam pelajaran selesai. Walaupun terkesan sangat praktis, para mahasiswa akan malas membaca soft file yang telah dimintanya tadi, paling hanya buka sekali-kali pas mau ujian tengah semester atau ujian akhir.

    Wajib kamu ketahui dengan menulis mata kuliah yang diajarkan dosen tadi kamu akan cepat meresap pelajaran tersebut dengan tangan yang mencatat, otak dan mata yang memahami dan mempelajari mata kuliah tersebut.

    1. Kerjakan lah tugas tepat waktu

    Jangan lah kamu mengabaikan tugas yang telah diberikan dosen mu, langsung kerjakan tugas mu selepas sampai di rumah, jangan membiasakan menumpuk tugas, dan sistem kebut semalam atau SKS, kamu yang akan kerepotan nantinya dan tugas pun selesai dengan apa adanya. Jadi kerjakan lah tugas dengan cepat karena itu akan memberikan banyak kesempatan untuk melengkapi tugas mu yang tadi.

    1. Menjadi  mahasiswa aktif

    Selain mencatat dan focus pada materi yang diberikan dosen kamu tadi, gunakanlah waktu yang masih tersisa untuk kamu bertanya dengan dosen seputar materi yang belum kamu pahami, dengan begitu dosen akan cepat tau nama kamu dan itu akan menjadi nilai plus tersendiri buat kamu. Meskipun terkesan cari muka dengan dosen, tapi cara ini merupakan salah satu cara mahasiswa untuk mendapatkan IPK yang tinggi.

    1. Atur waktu kamu dengan baik

    Mengatur waktu dengan baik merupakan hal yang tidak boleh diremehkan. Jika kamu mampu mengatur waktu kamu dengan baik kegiatan kamu akan lebih tersusun, tidak mendadak mendadak. Mengingat pada aktivitas di kampus dan diluar kampus seperti berorganisasi atau bekerja, sebaik mungkin kamu harus memiliki prioritas yang harus di lakukan.

    1. Perbanyak berdiskusi dan perbanyak relasi

    Memperbanyak berdiskusi merupakan kegiatan yang sangat positif dengan berdiskusi kamu bisa belajar dari pemikiran pemikiran teman-teman mu yang lain. Kamu akan mendapatkan sudut pandang yang berbeda tentang mata kuliah dan lain-lain. Dan perluas lah wawasan dengan mengikuti seminar dan memperbanyak relasi.

    Itulah, beberapa tips untuk mendapatkan IPK yang tinggi, selama kamu memiliki kemauan dan tekad yang kuat maka apapun akan mudah kamu raih. IPK yang tinggi merupakan dambaan seluruh mahasiswa jadi berusahalah dengan penuh semangat dan sungguh-sungguh.(Andani)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Mendapatkan Ipk Tinggi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar