Mengenal Apa itu Gingivitis

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Banyak sekali permasalahan yang terjadi pada bagian mulut, seperti bau mulut, gusi bengkak, sakit gigi hingga kanker mulut. Apabila kebersihan mulut tidak terjaga tentu saja itu akan berdampak pada kesehatan mulut dan bagian mulut tersebut. salah satu penyakit dari bagian mulut ini yang sering terjadi adalah peradangan gusi atau Gingivitis.

    Gingivitis ini merupakan peradangan pada gusi yang diakibatkan oleh bakteri. Awal mula gejala dari Gingivistis ini yaitu mudahnya gusi berdarah dan gusi menjadi merah. Biasanya Gingivitis ini dikarenakan kurang baiknya dalam menjaga kesehatan gusi dimana masih banyaknya sisa makanan yang tertinggal yang menyebabkan mudah sekali bakteri berkembang biak.

    Banyak penyakit yang akan timbul jika kita malas dalam merawat kesehatan gigi dan mulut. Bisa saja kemungkinan yang terjadi radang gusi, mulut bau, gigi tanggal dan yang paling berbahaya yaitu kanker mulut. Sehingga untuk mencegah hal tersebut penting sekali menjaga kesehatan gigi.

    Penyebab Gingivitis ini biasanya plak yaitu lapisan bakteri yang lembut dan tidak berwarna yang terus menerus terbentuk pada gigi dan gusi. Apabila tidak dihilangkan dengan cara melakukan flossing ataupun menyikat gigi setiap hari maka akan menghasilkan toksin yang bisa menyebabkan jaringan gusi iritasi dan peradangan gusi.

    Selain itu, faktor lainnya yang menyebabkan Gingivitis ini yaitu merokok, stres, obat-obatan seperti steroid, pola makan yang buruk dan kebersihan gugu yang buruk. Selain itu juga bisa karena penularan bakteri dari orang tua kepada anak-anak dan juga bisa disebabkan oleh penggunaan peralatan berupa perak yang bersama.

    Untuk mengatasi atau mencegah Gingivitis ini, tentu saja hal pertama yang harus kita lakukan adalah terus merawat kesehatan gugu kita dengan baik. Kita harus rajin menyikat gigi karena Gingivitis ini disebabkan oleh penumpukan plak yaitu bakteri yang berkumpul membentuk lapisan lengket dan transparan pada gigi setelah kita memakan makanan yang manis-manis.

    Kamu bisa membiasakan diri untuk menyikat gigi minimal dua kali sehari untuk mencegah penumpukan plak. Bisa dikatakan menyikat gigi ini merupakan langkah awal dalam mencegah gingivitis. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan obat kumur dan hal ini merupakan hal yang sangat mudah dilakukan yakni kamu cukup dengan berkumur-kumur saja.

    Setelah beberapa menit kamu menyikat gigi, kamu bisa menggunakan obat kumur untuk berkumur-kumur. Perlu kamu ingat bahwa jangan langsung menggunakannya setelah menyikat gigi karena hal itu bisa mengganggu kinerja fluoride yang ada pada pasta gigi.

    Selain menyikat gigi dan menggunakan obat kumur, kamu bisa menyempurnakan perawatan gigi dengan rajin melakukan kontrol ke dokter gigi. Misalnya kamu melakukan kontrol dan perawatan scalling setiap enam bulan sekali.

    Bisa dikatakan bahwa perawatan scalling ini adalah cara yang sangat ampuh untuk menghilangkan plak serta juga bisa menghilangkan karang gigi yang menyebabkan terjadinya gingivitis.

    Itulah yang dimaksud dengan gingivitis serta penyebabnya dan cara mencegahnya. Setelah mengetahuinya, cobalah kamu lebih rutin dalam memperhatikan kesehatan gigi.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mengenal Apa itu Gingivitis
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar