Cara Menghilangkan Rasa Takut Pada Dosen

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Berhadapan dengan dosen terkadang menjadi hal yang menakutkan bagi mahasiswa, Hal ini bisa terjadi karena belum mengenal kriteria dari dosen tersebut mendengar informasi dari senior tentang dosen yang terkenal killer, berikut ini merupakan hal yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan rasa takut anda kepada dosen:

    Fokus dengan pelajaran

    Saat proses perkuliahan ketika dosen sedang mempresentasikan materinya. dosen akan melihat ke seluruh mahasiswa dan memperhatikan mahasiswa yang fokus dengan materi yang sedang di sampaikan. Dosen akan merasa di hormati oleh mahasiswa. Untuk fokus ketika proses perkuliahan anda bisa mematikan handphone atau menjadikan nya mode silent, mencatat materi yang di rasa penting ketika penjelasan materi dan acuhkan teman yang mengajak mengobrol yang tidak penting pada saat perkulihan.   

    Disiplin

    Disiplin diartikan sebagai ketaatan atau kepatuhan dalam melakukan sesuatu hal. Rasa takut terhadap dosen biasa nya timbul ketika kita melakukan kesalahan kepada dosen yang bersangkutan seperti telat dalam mengumpulkan tugas dan telat ketika masuk jam kuliah. Untuk membiasakan diri disiplin kita bisa memulai dari diri sendiri dengan mengatur waktu dalam mengerjakan tugas kuliah yang di berikan oleh dosen jangan menunggu tugas sampai dateline baru di kerjakan selain itu faktor dari lingkungan juga mempengaruhi dari perilaku disiplin ketika pergi kuliah misalkan kita mengambil kost di dekat kawasan kampus. banyak mahasiswa yang terlambat karena menganggap jarak antara kampus dan kost dekat sehingga menganggap sepele hal tersebut. Carilah lah referensi kost dari teman atau masyarakat sekitar yang memiliki penghuni yang terbiasa bangun pagi sehingga kita bisa mengikuti kebiasaan yang ada di kost tersebut.

     Sopan ketika menghubungi dosen

    Terkadang rasa takut kepada dosen ketika kita ingin mengirim pesan seperti email maupun wa kepada dosen yang bersangkutan. Cara menyampaikan pesan yang kurang sopan sering kali menjadi masalah ketika menghubungi dosen, Beberapa hal yang perlu anda lakukan untuk mengirim pesan yang sopan kepada dosen seperti memperhatikan waktu ketika menghubungi dosen, carilah waktu ketika dosen tidak sibuk hindari menghubungi dosen di larut malam atau ketika waktu ibadah, mulailah menulis pesan dengan megucapkan salam seperti selamat siang Bapak/ibu dosen atau assalamuaikum (jika dosen yang bersangkutan beragama islam), menyampaikan kata pembuka dengan sopan seperti, ”Maaf jika saya mengganggu waktu bapak/ibu dosen”, perkenalkan diri anda kepada dosen yang bersangkutan dosen karena belum tentu menyimpan nomor anda, Gunakanlah bahasa yang jelas dan mudah di mengerti oleh dosen dan menggunakan bahasa yang formal dan jangan menggunakan kata yang di singkat ketika menghubungi dosen, Sampaikan keperluan anda kepada secara singkat dan jelas, Kemudian tutuplah pesan anda dengan menyampaikan terima kasih dan salam yang sopan.

    Tatap mata dengan dosen.

    Terkadang meskipun kita sudah memiliki sikap yang baik ketika proses perkulihan masih terdapat rasa takut ketika ingin bertanya ataupun berhadapan langsung dengan dosen, Anda bisa melakukan kontak mata secara langsung dengan dosen anda sehingga akan memberikan gambaran secara langsung tentang lawan bicara itu sendiri sehingga bisa menghilangkan rasa takut atau gugup yang di timbul. Kontak mata langsung juga bisa menarik perhatian dari lawan bicara.

    Tampilah dengan pakaian rapi.

    Ketika kita ingin berhadapan dengan dosen kita harus memperhatikan pakaian yang kita gunakan ambillah waktu sejenak untuk pergi ke kamar mandi pastikan penampilan anda rapi, sisirlah rambut anda dengan rapi, cucilah muka anda agar kelihatan lebih segar. Dengan berpakaian rapi akan menambah rasa percaya diri dalam diri anda, Dosen akan menghargai penampilan mahasiswa yang rapi.  

    Itu tadi merupakan informasi tentang bagaimana cara menghilangkan rasa takut ketika menghadapi dosen semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda.(Zulkarnain)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Menghilangkan Rasa Takut Pada Dosen
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar