Tips Bagi Mahasiswa Baru Dalam Mempersiapkan Kuliah Pertama

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Bagi setiap orang menjadi seorang mahasiswa merupakan suatu hal yang sangat diidamkan karena dengan berkuliah harpannya akan memiliki taraf kehidupan yang lebih baik lagi kedepannya. Tahun ajaran baru akan segera dimulai, bagi siswa SMK maupun  SMA sederajat tentunya mencari informasi serta mempersiapkan beberapa hal yang perlu disiapkan sebagai mahasiswa baru, dimulai dari persiapan fisik, mental serta persiapan kebutuhan lainnya. Untuk mempersiapkan semuanya tentu bagi kamu sebagai mahasiswa baru merasa bingung   karena pada dasarnya kehidupan perkuliahan dengan kehidupan dibangku sekolah tentunya sangat jauh berbeda.

    Menjadi seorang mahasiswa kita akan dituntut untuk lebih mandiri, bertanggung jawab, mudah bergaul, serta cermat dan dapat memotivasi diri sendiri tentunya. Maka ada beberapa tips dibawah ini yang wajib kamu lakukan sebagai mahasiswa baru, sebagai bentuk persiapan kuliah pertama kamu.

    • Mengenali lingkungan kampus

    Penting bagi mahasisawa baru untuk memahami kondisi yang ada di sekitaran kampus,  hal ini bertujuan agar kamu tidak kewalahan jika ada urusan yang mendadak sewaktu-waktu di kampus, maka kamu tidak perlu bingung-bingung lagi kemana akan kamu tuju. Lingkungan kampus yang perlu kamu ketahui dengan cepat yaitu seperti Bagian Akademik Administrasi Kampus (BAAK), ruang kelas, laboratorium, ruang tata usaha, mushollah, kantin dan tempat-tempat lainnya.

    • Pintar lah dalam menggelola waktu.

    Tidak akan ada orang yang dapat menghentikan waktu yang sedang berjalan, dan tidak akan ada juga orang yang mampu mengembalikan waktu yang sudah lalu, oleh sebab itu pintar lah dalam mengelola waktu yang kamu miliki. Biasanya jadawal seorang mahasiswa dan seorang siswa memiliki perbedaaan yang cukup jauh, dimana seorang mahasiswa memiliki segudang aktivitas, waktu nongkorong serta bermain dengan teman-teman tentunya akan berkurang. Bagi yang dulunya memiliki waktu senggang hanya digunakan untuk jalan-jalan dan pergi berbelanja ke mall, maka sekarang cobalah rubah kebiasaan tersebut.

    Mulai dari sekarang kamu harus mengelola waktu yang kamu miliki kapan kamu harus kuliah, kapan kamu arus mengerjakan tugas, dan kapan kamu harus mengikuti kegiatan di kampus.

    • Rajinlah bersosialisasi

    Bagi kamu sebagai orang baru di lingkungan yang baru pula, maka rajinlah untuk memulai bersosialisasi dengan orang yang ada di sekitar. Bangun komunikasi dengan baik, jalin pertemanan, karena dengan menambah pertemanan akan menambah wawasan serta nantinya dapat menolong kamu jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan. Karena jika hidup di perantauan yang menjadi saudara kita adalah teman baik kita sendiri.

    Selain itu biasanya teman pertama kuliah juga dapat dijadikan teman seperjuangan dari awal masuk kuliah hingga kamu lulus kuliah. Namun jangan sampai kamu terperangkap hanya memiliki teman itu-itu saja, kamu juga harus tetap rajin bersosialisasi.

    • Memberikan kesan yang baik pada dosen di hari pertama kuliah

    Memberikan kesan yang baik pada dosen di hari pertama kuliah bukan berarti kamu harus menjadi mahasiswa yang tebar-tebar pesona ya... melainkan kamu harus berprilaku sopan, berpenampilan yang baik dan rapi, serta aktif dalam memberikan pertanyaan maupun menyampaikan opini. Jangan menganggap remeh tentang perkenalan, karena dengan kesan perkenalan yang tidak baik akan menjadikan momok negatif bagi dosen, dan teman-teman di kelas kamu dalam menilai kepribadian kamu.

    • Sering berinteraksi dengan senior

    Komunikasi yang baik dengan kakak tingkat merupakan hal yang cukup baik karena mereka sudah berpengalaman lebih dahulu tentunya, kamu bisa menanyakan banyak hal pada mereka terutama menanyai tentang karakter dosen, serta urusan akademik lainnya. Hilangkan asumsi bahwa senior itu seram dan menakutkan, hilangkan pemikiran itu di dalam fikiran kamu, karena pada nyatanya banyak senior yang baik hati dan senang membantu para junior nya.

    • Patuhi peraturan kampus

    Menjadi mahasiswa baru sangat penting untuk mengetahui peraturan yang ada di kampus, peraturan itu biasanya mencakup tentang cara berpakaian, perturan perkuliahan, absensi dan peraturan lainnya, maka kamu perlu memahami hal tersebut dengan baik.

    Sekian terimakasih, semoga dapat membantu kamu dalam mengatasi masalah tentang apa saja yang perlu kamu persiapkan sebagai mahasiswa baru di kuliah pertama kamu. (Risma)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Bagi Mahasiswa Baru Dalam Mempersiapkan Kuliah Pertama
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar