Cara Membedakan Situs Official Dengan Situs Yang Palsu

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Situs web atau website terdiri dari serangkaian halaman tertaut yang merekam informasi seperti konten multimedia. Secara umum, situs web memiliki fitur dengan nama domain dan diterbitkan di server web. Situs web tersebut akan dapat diakses di seluruh dunia melalui jaringan IP publik, yaitu Internet atau jaringan area lokal (LAN) dengan URL (Uniform Resource Locator) sebagai alamatnya. Situs web harus menjadi pendukung dalam memperoleh informasi. Bahkan hari ini, media dibeli dan dijual di situs web. Namun masih ada beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab yang menjadikan situs tersebut scam playground.


    Di Internet, ada banyak situs lelucon atau penipuan yang bertujuan untuk menipu pengguna Internet. Sasaran pabrikan beragam, mulai dari pencurian uang hingga halaman bank palsu hingga pencurian informasi pribadi dan memengaruhi opini politik, seperti situs berita.

    Bagi Anda yang sering berselancar di Internet, Anda dapat sering menemukan promosi menarik di situs web. Jangan menjadi korban penipuan di situs ini, pahami perbedaan antara situs web official (asli) dan situs web palsu.

    Berikut cara membedakan situs Official dengan situs yang palsu:

    • Perhatikan Nama Situs

    Insiden tipografi ini digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab atas pembelian informasi rahasia Anda. Saat ini, banyak orang mendengar informasi menggunakan metode kesalahan ketik atau pembajakan URL.

    Peretas atau scammer daring dapat masuk untuk membuat alamat situs web lain sedekat mungkin dengan membuatnya Beberapa situs web yang telah  membuat situs web palsu adalah klik BCA Facebook seperti Facebook dan banyak  lainnya. Karena dia selalu menggunakan nama situs web yang Anda kunjungi.

    • Cek Domain

    Saat ini, domain .net atau .com murah, beberapa situs web menggunakan domain gratis. Tujuan penggantian jelas dan Anda harus menghindari pengumpulan dokumen lengkap seperti SIUP, sertifikat, NPWP, dan dokumen pendukung lainnya.

    • Domain Berbayar Bukan Berarti Situs Web Tersebut Asli

    Dengan modal 100.000, Anda sudah dapat memiliki domain keren untuk situs web. Dan ini telah banyak digunakan oleh scammers online untuk mengambil tindakan. Sebagai pengingat, situs itu ramai dan selalu online mereka menawarkan pinjaman uang online. Mencurigakan, isi perjanjian tidak jelas. Jadi selalu pastikan konten tidak mencurigakan jika Anda menemukan situs web dengan konten yang menggoda.

    • Perhatikan HTTP atau HTTPS?

    Pada pandangan pertama, tidak ada perbedaan antara HTTP dan HTTPS, tetapi pada kenyataannya huruf S berarti aman. Yang jika ada situs web yang menggunakan protokol HTTPS keamanan aman (ikon gembok bertanda). Jika Anda menemukan situs web yang meminta informasi pribadi tetapi tidak menggunakan protokol HTTPS, Anda harus curiga. Tidak bisakah informasi pribadi Anda dienkripsi?

    • Lihat Ke amananya

    Situs asli harus memiliki catatan kaki dalam bentuk logo atau tautan yang menunjuk ke penyedia keamanan. Jika Anda tidak dapat menemukan catatan kaki tetapi meminta informasi pribadi Anda, Anda harus yakin dengan keasliannya.

    • Cek "Whois"

    Ada beberapa alat "whois" yang tersedia di Internet untuk mengambil informasi tentang pengelola di balik domain situs web, seperti yang tersedia di situs web global ICANN Internet Domain Management. Dari sini kita dapat melihat apakah sebuah situs web benar-benar dikelola oleh pemilik resminya atau tidak. Sigit mengatakan bahwa jika sebuah situs tidak menunjukkan identitas penuh dari manajer (yang dilindungi), maka situs tersebut dipertanyakan.

    Kita selalu berharap dapat menghindari penipuan dengan menggunakan situs dengan langkah-langkah di atas. Langkah-langkah di atas sesuai untuk implementasi Anda ketika Anda membeli dan menjual situs web atau situs web yang menawarkan harga. (Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Membedakan Situs Official Dengan Situs Yang Palsu
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar