Cara Kerja Freelancer

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sebelum masuk ke cara atau tips kerja Freelancer kamu harus tau dulu. Apa yang dimaksud dengan freelance itu sendiri (pekerja lepas). Secara umum, freelance merupakan suatu pekerjaan dimana dilakukan oleh seseorang secara mandiri atau single, serta tidak terikat kontrak atau perjanjian pada jangka waktu panjang dengan sebuah perusahaan atau orang lain yang mempekerjakannya.

    Untuk menjadi seorang freelancer ada dua waktu dapat dilakukan secara full time atau part time. Sebagian seorang freelancer melakukan profesi ini di luar dari pekerjaan utamanya. Tetapi ada juga orang lainnya berprofesi sebagai freelancer sebagai pekerjaan pokok utamanya.

    Adapun syarat untuk memenuhi persyaratan menjadi seorang freelancer, ada beberapa tahap yang harus kamu penuhi untuk melanjutkan sebagai profesi ini baik itu sebagai kerja sampingan atau kerja utama kamu:

    1. Mempunyai Keahlian di Bidang Tertentu

    Menjadi seorang freelancer tentu kamu harus memiliki keahlian tertentu yang akan ditawarkan kepada semua orang sehingga orang tersebut ingin menggunakan jasa kamu. Selain itu juga seorang freelancer juga harus mempunyai beberapa contoh hasil kerja dan pengalaman yang bagus/menarik agar kamu bisa sukses menjalankan suatu pekerjaan pada bidang profesi ini.

    1. Mengenali Dunia Internet

    Pada umumnya suatu perusahaan besar atau seseorang yang membutuhkan jasa freelancer akan mencarinya melalui internet. Oleh karena itu sebagian orang yang bekerja sebagai freelancer ini begitu dekat dengan dunia internet. Untuk menawarkan atau mempromosikan keahlian kamu miliki atau jasa kamu kepada orang lain, para profesi freelancer ini biasanya mendaftarkan diri dan mem-publish hasil kerjanya di berbagai situs marketplace freelance.

    1. Mudah Beradaptasi dan Fleksibel

    Hal selanjutnya para pekerja lepas ini harus dapat mengerjakan tugasnya secara bebas tanpa terkekang, di manapun dan kapan pun kamu berada. Ini bisa menjadi banyak keuntungan sekaligus hal tantangan bagi seorang dalam profesi freelancer ini. Kebebasan terhadap seorang freelancer harus didukung dengan rasa tanggung jawab yang kuat hal ini dikarenakan salah satu konsumen bisa kecewa akan berdampak besar bagi karirnya. Maka dari itu seorang pada profesi ini harus fleksibel dan mudah beradaptasi dengan situasi yang dihadapinya dalam bekerja.

    Nah itu lah tadi beberapa persyaratan yang harus dipenuhi seorang pekerja lepas atau biasa disebut dengan freelancer, 

    Berikut masuk tahap hal terpenting cara atau tips untuk menjadi seorang freelancer itu sendiri :

    • Membuat Profil

    Seorang pekerja lepas (freelancer) harus membuat profil di situs pasar independen. Dalam profilenya kamu menjelaskan pengalaman dan juga termasuk pekerjaan yang akan dilakukan.

    • Memilih Bidang Pekerjaan

    Pemilik bisnis atau pengusaha yang mencari pekerja independen di lokasi pasar independen sesuai dengan kategori pekerjaan yang diperlukan.Kemudian Pilih bidang pekerja lepas (freelancer) yang cocok dengan kriteria yang disyaratkan. Namun, tidak jarang bagi seorang pengusaha untuk membuat utas di situs pasar independen mengenai jenis pekerjaan yang mereka butuhkan, dan nantinya akan ada pekerja independen yang akan menawarkan layanan mereka.

    •  Melakukan Pekerjaan Sesuai Perjanjian

    Setelah pekerja freelancer memilih profesional independen atau pekerja independen kemudian lakukan pekerjaan sesuai dengan perjanjian. Dalam hal ini, perjanjian mengacu pada durasi pekerjaan dan juga biaya tenaga kerja.

    • Tentukan Deadline dan Batas Waktu

    Pekerja lepas diminta untuk menyelesaikan tugas sesuai dengan deadline waktu yang sudah ditentukan sesuai dengan perjanjian dan juga sesuai dengan spesifikasi yang diminta oleh pemberi kerja. Sementara majikan harus memberikan sedetail mungkin spesifikasi yang dibutuhkan dan melakukan pembayaran setoran di situs pasar yang relevan.

    • Lakukan Pegiriman Hasil Pekerjaan

    Setelah pekerjaan selesai, pekerja lepas mengirimkan file hasil pekerjaan kepada majikan. Jika majikan setuju, maka tugas tersebut dianggap selesai.Tetapi ada kemungkinan bahwa hasil pekerjaan akan ditinjau jika Anda tidak setuju dengan perjanjian awal.  Pekerja lepas akan menerima pembayaran di akun mereka setelah pekerjaan dianggap selesai.

    Itulah cara kerja dan beberapa persyaratan untuk menjadi seorang pekerja lepas atau freelancer, jika kamu berminat untuk bergabung bekerja sebagai profesi freelancer ini lakukan hal tersebut dan carilah hobi atau hal bidang apa yang kamu sukai jadikan pekerjaan ini sebagai kerja sampingan atau pekerjaan utama kamu. (Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Kerja Freelancer
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar