Cara Kerja Influencer

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Influencer marketing atau biasa di sebut buzzer merupakan suatu cara untuk memasarkan atau mempromosikan sebuah produk. Cara ini juga sudah cukup lama di kenal dan biasa disebut dengan Word Of Mouth Marketing. Hanya saja dengan mengikuti pesatnya perkembangan digital dan dengan meningkatnya jumlah dari penggunaan ponsel pintar (smartphone), cara ini juga cukup terbilang sangat mudah dan juga efektif dalam mempromosikan produk yang akan kita jual.

    Taktik marketing ini biasanya juga melibatkan beberapa akun atau pun orang untuk bisa melakukan sebuah promosi produk dan servis. Para Influencer marketing bekerja untuk menarik dan merayu para pengguna dengan mereview dan juga dengan tulisan di media sosial dan website.

    Influencer ini biasanya membuat sebuah postingan tulisan dan review tentang produk yang mereka promosikan dan juga sesuia dengan bidang keahliannya. Contoh saja Influencer yang bekerja dalam bidang wisata, mereka biasanya akan membuat sebuah rekomendasi tujuan berwisata di satu daerah tertentu, dan menggunakan transportasi apa yang akan di gunakan untuk menuju lokasi wisata tersebut, hotel apa saja yang tersedia di sana, Dan juga berapa harga tiket untuk menuju tempat wisata tersebut. Namun tanpa kita sadari, nantinya mereka akan membuat sebuah review positif yang singkat mengenai merek tersebut dan mereka juga akan menyebutkan beberapa merek tertentu yang nantinya akan memberi pengaruh pada kita, dan juga para pembacanya.

    Biasanya para Influencer ini terdiri dari individu, kelompok dan juga perusahaan tertentu. Seperti contohnya para selebritas. Banyak dari mereka yang bisa menjadi influencer yang sangat cukup berpengaruh karena exposure-nya dan juga statusnya.

    Namun blogger pun menjadi sangat berpengaruh untuk mempromosikan sebuah produk karena dikenal jujur, apa adanya dan juga mempunyai pengikut yang loyal di media sosial. Karna tulisan dan review mereka yang akan menjadi taktik marketing yang sangat jitu untuk mempromosikan sebuah merek. Dengan menggunakan Influencer, akan menghindarkan sebuah produk dari sinisme publik, review negatif dan juga sikap skeptis para penggunanya.

    Taktik marketing ini juga terbilang sangat unik karena Influencer-lah yang menjadi sebuah ujung tombak dari berhasil atau tidak nya dalam mempromosikan barang. Dan ada juga beberapa Influencer menjadi seseorang yang di hormati dan juga di segani oleh beberapa perusahaan penggunanya, karena hasil dari review dan juga tulisan nya yang “dilihat” oleh publik. Dan bahkan, mereka juga menjadi orang yang pertama mencoba sebuah produk baru yang akan di promosikan nantinya, mereka juga biasanya akan diajak oleh sang pemilik pabrik untuk mengunjungi dan berkeliling pabrik secara pribadi atas undangan dari perusahaan penggunanya.

    Cara Kerja Influencer Marketing

    Implementasi dari Influencer pada sebuah merek atau perusahaan yang nantinya akan menjadi sangat penting penting saat produk baru diluncurkan. Biasanya seorang Influencer akan membuat sebuah review dan juga tulisan di berbagai media sosial. Biasanya mereka akan membuat video kombinasi antara foto dan sebuah caption produk yang akan di promosikan atau pun hanya membuat tulisan review saja.

    Senjata dari para Influencer ini sebenarnya tidaklah teralalu rumit. Hanya dengan menggunakan smartphone yang sudah berkamera bagus dan adanya ide yang kreatif untuk menentukan sebuah review.

    Influencer yang telah mendapat orderan pekerjaan dari perusahaan penggunanya, biasanya seorang Influencer akan menerima sebuah detail produk yang akan mereka review. Mereka juga akan mendapatkan brand guideline, dan juga detail lainnya untuk melakukan review. Influencer akan selalu mencoba produk tersebut, dan terkadang juga akan di berikan pinjaman produk atau pun di berikan secara gratis.

    Seorang Influencer biasanya akan me-review produk dari perusahaan tersebut, review-an itu bisa berupa sebuah video atau foto, video dan caption, atau pun foto dan caption, dan tulisan dan semua tulisan tersebut harus sesuia dengan guideline dan detail dari perusahaan penggunanya, yang telah di terima oleh Influencer. (Doni)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Kerja Influencer
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar