Pramuka SMA Tanah Merah Turut Serta Meriahkan Lomba Menongkah

Daftar Isi

    TANAH MERAH, Indragiri Hilir, Lancang Kuning.Com - Kwartir Ranting (Kwarran) 10 SMA dan MAN Gerakan Pramuka Kecamatan Tanah Merah Ikut serta dalam memeriahkan festival menongkah di pantai Solop Desa Tanjung Pasir, Kabupaten Indragiri Hilir, Minggu (7/8/16).

    Seperti disampaikan Pembina Pramuka Kwarran 10 SMA Kecamatan Tanah Merah, Ka Syamsuddin (39), Ivent yang diselenggarakan ditiap tahunnya merupakan kegiatan yang sangat positif bagi masyarakat suku Duano, karena kegiatan menongkah merupakan tradisi peninggalan dari leluhur masyarakat suku Duano atau disebut suku laut.

    "Kegiatan ini sangat positif, karena kegiatan menongkah merupakan kehidupan masyarakat nelayan dalam mencari nafkah. Jadi masyarakat melestarikannya dalam Ivent lomba pacu laju dengan menggunakan papan tongkah," sebutnya. Senin (8/8/16). 

    "Kita dari gerakan Pramuka sangat menyambut positif sekali dan sangat mendukung dengan kegiatan ini," lanjutnya.

    Dikatakan Ka Syamsuddin lagi, mengenai kekayaan alam yang dimiliki oleh masyarakat Inhil berupa kawasan wisata agar semua masyarakat menjaga kelestariannya dalam menjaga lingkungan dan tidak ada lagi penebangan liar yang akan menyebabkan pengikisan bibir pantai.

    "Kepada masyarakat yang harus memiliki kesadaran bagaimana menjaga kelestarian pantai Bidari. Dan kepada pemerintah agar melakukan penghijauan agar tidak terjadi abrasi. Penebangan dan penanaman harus seimbang,"

    Terakhir, beliau sangat bangga sekali sebagai masyarakat tempatan, festival menongkah tersebut mendapatkan Museum Muri Dunia Indonesia. (Ydi)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pramuka SMA Tanah Merah Turut Serta Meriahkan Lomba Menongkah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar