Badan Antariksa Jepang Ledakkan Asteroid Cari Asal Usul Bumi

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi. (Istockphoto/Ratpack223)


    LancangKuning.Com, Jakarta -- Penyelidikan Jepang mulai menuju asteroid. Misi ini direncanakan untuk meledakkan kawah asteroid ke permukaannya dan mengumpulkan bahan yang dapat menjelaskan evolusi tata surya.

    Misi tersebut menjadi yang terbaru dalam serangkaian eksplorasi yang dilakukan oleh badan antariksa Jepang Hayabusa2. Eksplorasi ini pun diharapkan dapat mengungkapkan lebih banyak tentang asal usul kehidupan di Bumi.

    Namun tugas yang dijadwalkan dilakukan hari ini, Jumat (5/4) dinilai akan menjadi yang paling berisiko dari investigasi Hayabusa2, dan melibatkan pelepasan perangkat yang diisi dengan bahan peledak.

    Peledak tersebut disebut "small carry-on impactor", sebuah perangkat berbentuk kerucut yang ditutup dengan dasar tembaga. Peledak ini akan muncul dari Hayabusa2, setelah probe telah tiba hanya 500 meter di atas asteroid Ryugu.

    Probe kemudian akan meninggalkan daerah itu, dan penabrak itu diprogram untuk meledak 40 menit kemudian. Peledak akan mendorong bagian bawah tembaga menuju Ryugu, di mana ia akan mencungkil sebuah kawah ke permukaan asteroid yang terletak 300 juta kilometer dari Bumi.

    Hayabusa2 akan menjauh dari daerah itu untuk menghindari kerusakan oleh puing-puing dari ledakan atau tabrakan dengan Ryugu.

    Saat melakukan peledakan ini, Hayabusa2 akan merilis kamera di atas lokasi ledakan yang seharusnya dapat menangkap gambar dari acara tersebut.

    Kamera harus dapat mengirimkan gambar-gambar itu, tetapi tidak jelas kapan konfirmasi pertama keberhasilan misi akan datang.

    Diperlukan dua minggu untuk penyelidikan itu sendiri untuk kembali ke posisi asalnya di dekat Ryugu setelah ledakan dan dampak.

    "Kami senang melihat apa yang akan terjadi ketika penabrak itu bertabrakan dengan asteroid," Takashi Kubota, peneliti teknik di badan antariksa Jepang (JAXA), mengatakan kepada wartawan awal pekan ini.

    Kawah itu bisa mencapai diameter 10 meter jika permukaannya berpasir, tetapi lebarnya lebih kecil tiga meter jika berbatu, menurut para ilmuwan JAXA.

    Proyek Serupa NASA

    Proyek Deep Impact NASA berhasil menciptakan kawah buatan di sebuah komet pada 2005, tetapi hanya untuk tujuan pengamatan.

    Tujuan dari kawah di Ryugu adalah untuk melemparkan material segar dari bawah permukaan asteroid yang dapat menjelaskan tentang masa-masa awal tata surya.

    Pada Februari, Hayabusa2 mendarat sebentar di Ryugu dan menembakkan peluru ke permukaan untuk mengumpulkan debu, sebelum meledak kembali ke posisi penahanannya.

    Asteroid itu diperkirakan mengandung sejumlah besar bahan organik dan air dari sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu ketika tata surya lahir.

    Misi Hayabusa2 yang bernilai sekitar 30 miliar yen atau setara US$270 juta, diluncurkan pada Desember 2014 dan dijadwalkan untuk kembali ke Bumi dengan sampelnya pada 2020.

    Foto-foto Ryugu, yang berarti memiliki makna 'Istana Naga' dalam bahasa Jepang dan merujuk ke sebuah kastil di dasar lautan dalam dongeng Jepang kuno, menunjukkan asteroid memiliki permukaan kasar penuh batu-batu besar.

    Hayabusa2 mengamati permukaan asteroid dengan kamera dan peralatan penginderaannya tetapi juga telah mengirim dua robot penjelajah MINERVA-II kecil serta robot Prancis-Jerman MASCOT untuk membantu pengamatan permukaan.

    Dengan ukuran sebesar kulkas besar, Hayabusa2 dilengkapi dengan panel surya dan merupakan penerus penjelajah asteroid pertama JAXA. Hayabusa sendiri bahasa Jepang untuk elang.

    Penyelidikan itu kembali dengan sampel debu dari asteroid berbentuk kentang yang lebih kecil pada 2010, terlepas dari berbagai kemunduran selama pengembaraan tujuh tahun epiknya dan dipuji sebagai kemenangan ilmiah. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Badan Antariksa Jepang Ledakkan Asteroid Cari Asal Usul Bumi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar