Makanan khas Rokan Hulu

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Rokan Hulu  merupakan salah satu kabupaten yang ada di kota Pasir pengaraian, Provinsi Riau, kabupaten ini memiliki luas 7.449.85 km2. Rokan Hulu  dikenal sebagai daerah yang memiliki julukan  Negeri seribu suluk, sebab di katakan Negeri seribu suluk  Rokan Hulu  kaya akan nilai-nilai keagamaannya yang kuat dan menjunjung tinggi rasa keagamaan.

    Makanan Khas Rokan Hulu

    Makanan Khas Rokan Hulu adalah makanan yang menjadi ciri di Rokan Hulu, dan di Rokan Hulu  ini memiliki beberapa makanan khas yang rasanya tidak mau kalah dengan makanan yang ada di berbagai daerah lainnya, makanan Rokan Hulu  juga termasuk makanan yang paling dicari oleh para pengunjung yang datang ke Rokan Hulu .

    Berikut  makanan khas dari Rokan Hulu  yang enak dan memiliki banyak keunikan ketika dimakan,  serta menjadi makanan yang paling kita rindukan ketika kita jauh dari Kabupaten Rokan Hulu ,

    1. Sambal Lado Pokek asam durian

    Sambal lado pokek asam durian sangatlah terkenal di Rokan Hulu , anda bisa menanyakan ke tempat-tempat jualan nasi di sekitaran Rokan Hulu , jika ada makanan pokek asam durian maka anda sangat beruntung sekali, sebab pokek asam durian sangat populer dan susah di temui di Rokan Hulu , walaupun makanan ini dari Rokan Hulu  tetap saja kita sedikit kesusahan mencari makanan ini.

    Pokek asam durian sangatlah menjunjung tinggi rasa dan ciri khasnya, pokek asam durian di buat melalui proses dan bahan-bahan seperti santan, 100 gr cabe, ikan teri, lonjor petai sesuai selera anda, bawang merah, 4-5 sendok durian yang sudah diasamkan atau bisa di beli di pasar terdekat dan garam secukupnya.

    Cara pembuatannya pun sangat lah mudah kita bisa melakukannya di rumah yang pertama sekali kita lakukan yaitu haluskan cabe, garam serta bawang, lalu masak santan, cabe dan asam durian tadi, masak sampai mendidih sambil diaduk perlahan. Kalau sudah hampir kering, masukkan ikan teri dan petai  yang sudah di kupas kulitnya, masak lagi sampai kering. Lalu jadi deh sambal lado kokek durian siap di makan atau di hidangkan.

    1. Asam Pedas Ikan Baung

    Asam pedas ikan baung termasuk makanan wajib yang anda cicipi ketika di Rokan Hulu  atau dapat jadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Asam pedas ikan baung terdiri dari cara pembuatan yang dicari pertama sekali dalam pembuatan asam pedas ikan baung ini yaitu Ikan baung yang segar dan  masih baru. Kenapa ikan baung di pilih dalam masakan asam pedas ini karena ikan baung memiliki daging yang empuk dan enak ketika di masak dengan asam pedas, kita bisa menemukan makanan ini di Rokan Hulu  dan sekitar pusat nya, makanan Asam pedas ikan baung banyak di jual disana dan menjadi makanan andalan dari Rokan Hulu  itu tersebut.

    1. Ongol-ongol

    Ongol-ongol merupakan sejenis makanan yang terbuat dari tepung sagu dan di tambah gula merah. Makanan ongol-ongol ini sangat cocok di jadikan untuk oleh-oleh atau makanan untuk bersantai di dalam perjalanan.

    Ongol-ongol juga termasuk makanan yang terkenal di Rokan Hulu , cara pembuatan ongol-ongol pun sangat mudah untuk di pahami yang pertama sekali kita panaskan air.

    Setelah air mendidih kita masukkan gula merah dan tunggu gula merah tersebut larut serta cair dengan air, selanjutnya kita saring tepung sagu dan masukkan ke dalam wajan tersebut , lalu aduk perhalan hingga memproleh hasil mengental. Setelah mengental masukkan ke atas talam dan di potong kecil-kecil , setelah itu baru deh dimasukkan ke piring dan ongol-ongol siap di sajikan dan dihidangkan.

    Itulah beberapa makanan yang enak dan unik  untuk kita nikmati ketika berada di Rokan Hulu. Makanan yang unik dan enak mebuat para pengunjung yang ingin memakan makanan dari Rokan Hulu  ketagihan.(Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan khas Rokan Hulu
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar