Sultan Indragiri ke Sumut, Hadiri Penobatan Sultan Kota Pinang

Daftar Isi


    Foto: Sultan Indragiri YM Tuanku Parameswara (posisi kedua dari sisi kiri) didampingi Permaisuri Tengku Ampuan Rika Deslyna (posisi pertaman sisi kiri). (Hamdan - LancangKuning.com)



    Lancang Kuning, INHU - Sultan Indragiri YM Tuanku Parameswara, bersama Permaisuri Tengku Ampuan Rika Deslyna melakukan perjalanan ke Kota Pinang, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut). 

    Kunjungannya bukan untuk melakukan liburan bersama keluarga, melainkan menghadiri acara sakral yakni penobatan Tengku Irvan Bahran sebagai Sultan Kota Pinang ke XIV, yang digelar pada 9 Maret 2024. 

    "Kami memenuhi undangan pentabalan Sultan Tengku Irvan Bahran, dan untuk menyaksikan secara langsung proses duduk di singgasana bersama Permaisuri," ujar YM Tuanku Parameswara kepada Lancang Kuning.com, Senin (15/4). 

    Dia menceritakan bahwa, pelaksanaan pelestarian adat Melayu di Kota Pinang tersebut tampak hadir juga Sultan Serdang, Sultan Deli, Raja Turikale Maros, Sultan Langkat, dan Sultan Asahan.

    "Acaranya luar biasa, Sultan Tengku Irvan Bahran memberi anugerah gelar adat kerajaan kepada kerabat. Mereka adalah orang yang berjasa seperti Bambang Soesatyo, Ketua MPR RI," ungkapnya. 

    Penganugerahan itu disambut positif oleh Bambang Soesatyo, terlihat ketika menyampaikan sambutan akan senantiasa berupaya untuk menjaga kepercayaan dari Sultan dan segenap pemuka adat, majelis adat Kota Pinang dengan sungguh-sungguh dan penuh amanah. 

    Penganugerahan gelar adat adalah bagian dari kearifan lokal yang penting dan harus dilestarikan. Selain itu juga, wajib mewariskan dari generasi ke generasi supaya kebudayaan Melayu tetap terjaga. (Dan/LK) 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Sultan Indragiri ke Sumut, Hadiri Penobatan Sultan Kota Pinang
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar