Smart PMB Hadir Sebagai Penyedia Jasa Digitalisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB)

Daftar Isi

    Mahasiswa baru saat baru menjejakan kaki mereka di perguruan tinggi.(ft:dok)

    LANCANGKUNING.COM,Pekanbaru-Di era globalisasi dunia pendidikan telah berkembang pesat. Setiap universitas berupaya memodernisasi operasional untuk  menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.

    Salah satu aspek penting dalam modernisasi ini adalah digitalisasi proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Menjadi ritual tahunan, beberapa universitas dan perguruan tinggi mencari alternatif yang memudahkan bagi mereka dalam pelaksanaan PMB yang efektif dan efisien.

    Efektif ini diantaranya memanfaatkan ilmu dan teknologi dalam digitalisasi. 

    Digitalisasi akan mengoptimalkan setiap operasional universitas terutama dalam layanan penerimaan mahasiswa baru menjadi lebih efektif dan efisien

    Mengapa Digitalisasi PMB itu Penting?

    Digitalisasi proses penerimaan mahasiswa baru akan membawa banyak manfaat signifikan bagi institusi pendidikan. Hal ini akan meningkatkan aksesibilitas, yang memungkinkan siswa dari berbagai wilayah bahkan luar negeri untuk mendaftar tanpa harus hadir secara fisik. Selain itu, digitalisasi akan membantu proses seleksi mahasiswa menjadi lebih cepat dan efisien.

    Digitalisasi PMB merupaka bentuk nyata dari transformasi Ecogreen (ramah lingkungan), yang akan mengurangi penggunaan kertas dan Hardware lainnya yang tidak diperlukan. 

    Penggunaan kertas dan alat konvensional akan menjadikan sistem penerimaan mahasiswa baru menjadi lebih ribet dan  sehingga kampus atau universitas bisa menekan biaya pengeluaran penerimaan mahasiswa baru. Oleh karena itu, selain meningkatkan efisiensi dan efektivitas penerimaan mahasiswa baru akan meningkat, digitalisasi juga bisa menghemat pengeluaran kampus.

    Melihat kebutuhan digitalisasi yang terus meningkat, Smart PMB yang merupakan salah satu fitur dari Smart Campus hadir sebagai jawaban dari masalah digitalisasi layanan PMB kampus.

    Smart PMB memberikan solusi yang memungkinkan universitas mengubah cara universitas merekrut mahasiswa potensial menjadi lebih profesional, efisien, efektif, dan membawa pendidikan ke era modern.

    Smart PMB merupakan produk yang memberikan layanan untuk mendigitalisasi operasional kampus, dimulai dari sistem penerimaan mahasiswa baru, sistem akademik, sistem payment, dan lainnya. 

    Keunggulan Smart PMB dalam mendigitalisasi proses penerimaan mahasiswa baru

    Smart PMB merupakan platform digitalisasi PMB yang menawarkan user-friendly dengan dilengkapi fitur terbaik daan inovatif dalam proses penerimaan mahasiswa baru. Tak hanya itu, berikut merupakan keunggulan yang ditawarkan oleh Smart PMB: 

    1. Hubungan antara operator dengan pengguna (calon mahasiswa baru) lebih mudah dan efisien. Platform Smart PMB dirancang untuk memberikan semua akses informasi dan komunikasi dari operator kepada pengguna menjadi lebih mudah, memastikan bahwa calon mahasiswa dapat dengan mudah menerima dan menavigasi proses aplikasi tanpa hambatan.

    2. Analisis data lebih canggih dan modern. Smart PMB didesain untuk institusi pendidikan atau universitas untuk mengumpulkan data tentang calon mahasiswa secara lebih terperinci dan melakukan analisis untuk meningkatkan strategi penerimaan mahasiswa di masa depan.

    3. Efisiensi Waktu dalam proses penerimaan mahasiswa baru menjadi lebih mudah dan cepat. Dimulai dari mengisi formulir, mengunggah dokumen yang diperlukan, hingga pengumuman penerimaan mahasiswa.

    4. Jaminan keamanan data, Smart PMB di desain dengan keamanan terbaik yang menyajikan teknologi enkripsi yang memastikan semua data operator dan pengguna (calon mahasiswa) aman dan terjaga. 

    Smart PMB juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses penerimaan mahasiswa baru. Berikut adalah fitur-fitur yang ditawarkan oleh Smart PMB:

    1. Manajemen Periode dan Gelombang

    Universitas akan mendapatkan kemudahan dan  kebebasan dalam mengelola periode dan gelombang pembukaan penerimaan dari universitas sesuai dengan permintaan.

    2. Manejemen Pendaftaran.

    Smart PMB memungkinkan universitas untuk mengatur semua proses pendaftaran. Di mulai setting waktu pendaftaran, sampai dengan pengumuman mahasiswa baru.

    3. Manajemen Biaya Pendaftaran.dan daftar

    Proses rekapitulasi yang ribet, terkadang menjadi hambatan bagi dalam proses seleksi mahasiswa. Sehingga hal itu merupakan aspek yang sangat penting untuk di digitalisasi. Smart PMB telah di rancang untuk mempermudah klien atau universitas untuk melakukan rekapitulasi pembiayaan proses penerimaan dan daftar ulang mahasiswa baru.

    4. Generate NIM Otomatis.

    Pembuatan NIM kerap kali terkendala, sehingga pembuatan NIM otomatis ini diperlukan. Smart PMB memfasilitasi untuk pembuatan NIM secara NIM.

    5. Integrasi data ke Smart Akademik.

    Smart PMB merupakan salah satu fitur dari Smart Campus, sehingga secara otomatis terkoneksi dengan fitur Smart Akademik.

    6. Laporan dan grafik pendaftaran.

    Secara tidak universitas dituntut membuatan laporan penerimaan mahasiswa baru dengan cepat. Hal itu, terkadang menjadi kendala bagi universitas yang terkadang lambat dalam membuat laporan.

    Namun dengan menggunakan Smart PMB bisa mempercepat pembuatan laporan penerima mahasiswa baru. Selain itu, pembuatan grafik pendaftaran sangat bermanfaat untuk universitas sebagai perbandingan kemajuan pendaftar dari tahun ke tahun. 

    Kehadiran Smart PMB sebagai penyedia layanan digitalisasi PMB merupakan sebuah langkah revolusioner dalam membawa pendidikan ke era modern.

    Pemanfaatan teknologi membuat proses penerimaan mahasiswa baru menjadi lebih efisien, efektif, dan inklusif. Kampus yang bermitra dengan Smart PMB mendapatkan manfaat dari peningkatan aksesibilitas, efisiensi operasional, dan keamanan data sambil mempersiapkan masa depan pendidikan yang semakin maju.(zul)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Smart PMB Hadir Sebagai Penyedia Jasa Digitalisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB)
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar