Tips Memilih Laptop yang Tepat untuk Desain Grafis

Daftar Isi

    LancangKuning  -  Memilih laptop untuk desain grafis jangan asal pilih. Pasalnya, dibutuhkan beberapa spesifikasi khusus untuk mendukung kegiatan pengolahan grafis baik gambar, video, maupun suara. Laptop dengan spesifikasi rendah mungkin tidak bisa digunakan untuk mendukung aktivitas tersebut. Oleh karena itu, Okezone akan memberikan beberapa tips memilih laptop untuk desain grafis, berikut ulasannya:

    1. CPU dan RAM yang Kompeten

        Saat memilih laptop untuk desain grafis, Anda perlu memperhatikan CPU dan RAM yang mumpuni. Dengan CPU dan RAM yang mumpuni akan membantu pekerjaan grafis yang cukup berat karena melibatkan aplikasi dan file yang besar. Sebagai permulaan, pertimbangkan prosesor Intel Core i5 dari salah satu generasi terbaru. Jika Anda memiliki opsi untuk memilih laptop yang menjalankan prosesor AMD, lihat seri A8 atau A10. Untuk RAM, memiliki kapasitas minimal 8GB.

    2. Perhatikan Kartu Grafis

         Kartu grafis tidak hanya penting untuk bermain game, tetapi juga untuk desain grafis. Jika Anda tertarik untuk mendesain dan melukis 2D, perangkat lunak ini berjalan lebih lancar, dan mampu menangani proyek yang kompleks, ini dapat dilakukan dengan bantuan kartu grafis. Disarankan untuk memiliki kartu grafis kelas menengah, seperti NVIDIA GeForce GTX1050 atau AMD Radeon R7.

    3. Tampilan Besar dan Ukuran Layar adalah Kunci

         Untuk desainer grafis, semakin tinggi resolusi laptop, semakin baik. Sebagian besar layar laptop berjalan pada resolusi 1366x768 , yang cukup baik untuk penjelajahan web, tetapi tentu saja tidak untuk alat desain yang serius. Cari laptop dengan layar yang menjalankan resolusi 1600x900, atau 1920x1080. Ukuran layar juga tidak boleh diabaikan, dan resolusi 15 inci atau lebih tinggi sangat disarankan.

    4. Perlu Penyimpanan Kapasitas Besar

          Laptop biasanya dibuat dengan dua jenis penyimpanan yaitu hard disk drive (HDD) dan solid state drive (SSD). Hard drive lebih terjangkau, tetapi lebih lambat daripada solid state drive. SSD jauh lebih mahal dan ukurannya terbatas. Jika Anda sedang mengerjakan proyek pengeditan 3D dan video besar-besaran, lihat kapasitasnya terlebih dahulu. Kebanyakan laptop datang dengan hard drive 500GB atau Memilih laptop dengan HDD 1TB harus cukup untuk menginstal semua perangkat lunak desainer dan menyimpan proyek. Keuntungan menggunakan SSD adalah kecepatannya yang berarti rendering dan pemuatan proyek terjadi dalam hitungan detik.

    5. Pertimbangkan Anggaran

          Tips paling penting untuk memilih laptop desain grafis adalah anggaran. Ketahui terlebih dahulu berapa anggaran Anda. Sesuaikan harga laptop dengan budget. Jangan kekurangan, jangan kelebihan, dan harus ada sedikit yang tersisa. Karena jika anggaran kurang. Kalau budget sisa banyak, rugi kan kalau beli laptop, nggak beli yang bagus sama sekali. Setelah budget dipastikan berapa, misal budget kita 5jt, tentukan beli laptop dimana? Coba survey dulu harganya di beberapa tempat/toko dan pilih yang terkenal murah dan sudah banyak testimoni bintang 5. Walaupun agak jauh sih gapapa, yang penting murah dan yang pasti kualitasnya top.

    6. Manajer grafis

         Komponen komputer yang sangat penting untuk memaksimalkan kemampuan visual dalam komputer. Visual dalam hal ini juga melibatkan visual dalam video atau visual yang berhubungan dengan objek 3D. Jika Anda menginginkan laptop yang dapat memaksimalkan visual komputer dari berbagai aplikasi desain untuk keperluan desain grafis, Anda perlu memperhatikan GPU. GPU adalah salah satu grafis, cari laptop dengan VGA di luar bagian on-board.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Memilih Laptop yang Tepat untuk Desain Grafis
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar