Hal yang Mendukung Kesehatan Mental Seseorang

Daftar Isi

    LancangKuning  -  Untuk meningkatkan kesejahteraan Anda secara keseluruhan, Anda tidak bisa hanya fokus pada kesehatan fisik Anda. Kesehatan mental juga memainkan peran besar dalam kehidupan. Kesehatan mental sebagai kemampuan seseorang untuk mengelola perasaan dan menghadapi kesulitan sehari-hari.

    Beberapa langkah sederhana dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas kesehatan mental. Dengan melakukan perubahan-perubahan tersebut, dapat dipastikan hal ini mempengaruhi semua aspek kehidupan. Dengan menjaga kesehatan mental, maka Anda merasakan beberapa efeknya seperti memperbaiki mood, membangun ketahanan, dan membantu menikmati hidup secara utuh.

    Nah, bagi Anda yang mudah mengalami gangguan stres atau kecemasan, berikut beberapa hal sederhana yang dapat meningkatkan kesehatan mental:

    1. Katakan Hal Positif Pada Diri Sendiri

    Penelitian menunjukkan bahwa cara Anda berpikir tentang diri sendiri dapat memiliki efek yang kuat pada jiwa Anda. Ketika kita memandang diri kita dan hidup kita secara negatif, kita juga merasakan efek negatifnya. Di sisi lain, jika Anda terbiasa menggunakan kata-kata yang membuat Anda lebih positif, maka ini akan membuat Anda lebih optimis.

    2. Tuliskan Hal–Hal Yang Patut di Syukuri

    Rasa syukur dikaitkan dengan peningkatan kesejahteraan, kualitas kesehatan mental, dan kebahagiaan. Cara sederhana untuk meningkatkan rasa syukur adalah dengan membuat jurnal dan menuliskan hal-hal yang Anda syukuri setiap hari. Secara umum, meditasi rasa syukur juga efektif, tetapi Anda perlu mempraktikkannya secara teratur untuk manfaat jangka panjang. Temukan sesuatu untuk disyukuri dan nikmati perasaan itu di dalam hati Anda.

    3. Fokus Pada Satu Hal pada Satu Waktu

    Berfokus pada suatu tujuan mampu melepaskan emosi negatif atau sulit dari pengalaman masa lalu yang memberatkan. Mulailah dengan membawa kesadaran bahkan pada hal-hal sederhana seperti mandi, makan siang, atau berjalan pulang. Memperhatikan sensasi fisik, suara, bau, atau rasa dari pengalaman ini membantu Anda untuk fokus. Ketika pikiran Anda terbang sehingga Anda terlalu banyak berpikir, maka kembalikan saja ke apa yang Anda lakukan saat ini.

    4. Olahraga

    Tubuh Anda akan melepaskan endorfin yang membantu menghilangkan stres dan meningkatkan mood Anda sebelum dan sesudah berolahraga. Itu sebabnya olahraga adalah penangkal ampuh untuk stres, kecemasan, dan depresi. Carilah cara-cara kecil untuk meningkatkan olahraga, seperti naik tangga, atau berjalan ke tempat terdekat. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, lakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari, dan cobalah melakukannya di luar ruangan. Paparan sinar matahari juga membantu tubuh memproduksi vitamin D, yang meningkatkan kadar serotonin di otak.

    5. Makanlah Makanan yang Enak

    Selain memberikan nutrisi yang Anda butuhkan, makan makanan yang enak dan sehat juga menyehatkan otak Anda. Karbohidrat (dalam jumlah sedang) meningkatkan serotonin, bahan kimia yang telah terbukti memiliki efek menenangkan pada suasana hati. Sementara itu, makanan kaya protein membantu Anda tetap waspada.

    Sayuran dan buah-buahan dipenuhi dengan nutrisi yang memberi makan setiap sel tubuh, termasuk yang memengaruhi zat kimia otak yang mengatur suasana hati. Sertakan makanan dengan asam lemak tak jenuh ganda Omega-3 (ditemukan dalam ikan, kacang-kacangan, dan biji rami). Nutrisi ini dapat meningkatkan suasana hati dan mengembalikan integritas struktural ke sel-sel otak yang diperlukan untuk fungsi kognitif.

    6. Terbukalah pada Seseorang

    Mengetahui bahwa Anda dihargai oleh orang lain adalah penting untuk membantu Anda berpikir lebih positif. Belajarlah untuk terbuka kepada orang lain, yang membuat Anda lebih bisa berpikir positif dan mengenal diri sendiri lebih baik.

    7. Lakukan Sesuatu untuk Seseorang

    Penelitian menunjukkan bahwa membantu orang lain memiliki efek menguntungkan pada perasaan Anda tentang diri sendiri. Bersikap membantu dan ramah adalah cara yang baik untuk membangun harga diri. Makna yang ditemukan dalam membantu orang lain memperkaya dan memperluas hidup Anda.

    8. Istirahat

    Pada saat semua pekerjaan terasa terlalu berat, menjauhlah, dan lakukan apa-apa selain hal yang membuat Anda lebih stres, setidaknya sampai Anda merasa sedikit lebih baik. Terkadang hal terbaik untuk dilakukan adalah latihan pernapasan sederhana: Tutup mata Anda dan ambil 10 napas dalam-dalam. Untuk setiap tarikan napas, hitung sampai empat saat Anda menarik napas, tahan selama empat hitungan, dan buang napas selama empat hitungan. Ini bekerja dengan baik untuk membantu Anda melawan stres.

    9. Tidur Tepat Waktu

    Sejumlah besar penelitian telah menunjukkan bahwa kurang tidur memiliki efek negatif yang signifikan pada suasana hati. Usahakan untuk tidur pada waktu yang teratur setiap hari. Hindari bermain gadget sebelum tidur dan batasi minuman berkafein di pagi hari.

    (Fayeb)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Hal yang Mendukung Kesehatan Mental Seseorang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar