Manfaat Mengkonsumsi Buah Naga untuk Kesehatan

Daftar Isi

    LancangKuning  -  Buah naga adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia.

    1. Kaya Kandungan Cairan

    Meski hidup di daerah-daerah kering, buah naga ini mempunyai kandungan cairan yang sangat tinggi. Hal tersebut menjadikan buah naga salah satu manfaat pencegah dehidrasi, sekaligus memberikan sensasi kesegaran saat dikonsumsi. Sensasi segar inilah yang akan membuat orang suka mengonsumsi buah naga, baik dimakan langsung, dibuat jus, maupun dicampur dengan buah-buahan lain sebagai es buah tersebut.

    2. Sumber zat besi

    Manfaat dari buah naga memang sangat luar biasa, salah satunya sebagai sumber zat besi bagi tubuh manusia. Seratus gram buah naga tersebut mengandung 1,9 miligram zat besi atau setara 11 persen dari total kebutuhan kita harian untuk orang-orang dewasa.

    Zat besi penting untuk mengatur hemoglobin pada darah kita. Hemoglobin sendiri berguna untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh sel di dalam tubuh. Dengan kadar hemoglobin yang tepat, anemia tidak terjadi.

    Tak hanya itu, kandungan zat besi pada buah naga dapat menunjang tumbuh kembang serta meningkatkan kecerdasan anak Anda.

    3. Kaya vitamin C

    Buah naga kaya akan memiliki vitamin C. maka dari itu, manfaat buah naga dapat menjadi sumber vitamin C yang baik. Padahal, buah naga memiliki kandungan vitamin C tiga kali lipat dari wortel.

    100 gram buah naga mengandung 21 mg vitamin C atau 34 persen dari kebutuhan vitamin C harian untuk orang dewasa.

    Vitamin C dalam buah naga tidak hanya membantu menjaga kebugaran, daya tahan, dan kesehatan kulit, tetapi juga membantu saluran pencernaan menyerap zat besi.

    4. Membantu untuk menjaga kesehatan pada jantung

    Menjaga kesehatan pada jantung merupakan salah satu manfaat yang sangat penting pada buah naga bagi kesehatan. Buah naga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, buah naga merupakan sumber lemak tak jenuh yang sangat baik.

    5. Tinggi serat

    Sangat penting untuk menambahkan makanan yang kaya akan serat dalam mengkonsumsi harian tersebut. Rekomendasi jumlah serat per hari untuk perempuan, yaitu sebanyak 25 gram, sedangkan pada pria sebanyak 38 gram.

    Buah naga mempunyai kandungan serat yang banyak  7gram untuk sekali sajian. Kandungan serat pada buah naga yang sangat tinggi tersebut.

    6. Melawan diabetes

    Keunggulan buah naga selanjutnya adalah membantu menstabilkan kadar gula darah. Peneliti mengatakan hal ini karena buah naga dapat membantu meregenerasi sel pankreas yang rusak pada penderita diabetes. Namun, hal ini membutuhkan penyelidikan lebih lanjut.

    7. Mengurangi jerawat pada kulit

    Ternyata ini dapat manfaatkan buah naga juga bisa didapatkan dengan mengolah buah naga menjadi masker kulit wajah. Buah naga yang kaya vitamin C dapat mengurangi proses peradangan pada wajah akibat jerawat tersebut.

    8. Membantu mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari.

    Selain mengurangi jerawat, manfaat buah naga juga akan dapat mengatasi luka kulit akibat berjemur. Kandungan buah naga yang tinggi akan vitamin B3 dapat melembapkan kulit anda yang terbakar.

    Anda dapat menggunakan pasta buah naga yang telah dicampur dengan timun dan madu tersebut.

    9. Menjaga kesehatan pencernaan pada tubuh kita

    Buah naga mengandung prebiotik yang merupakan sumber makanan bagi bakteri baik di dalam usus, terutamanya adalah Lactobacillus dan bifidobacteria. Kedua bakteri ini membantu untuk membunuh virus dan bakteri penyebab penyakit tersebut.

    Oleh karena itu konsumsi prebiotik melalui buah naga dapat menjaga keseimbangan antara bakteri baik dan jahat di dalam usus tersebut.

    10. Sumber magnesium yang baik bagi tubuh kita.

    Buah naga mengandung lebih banyak magnesium dibandingkan buah buahan tempatan lainnya. Magnesium merupakan mineral esensial yang sangat dibutuhkan pada tubuh kita. Fungsinya berperan sebagai dalam proses pemecahan energi, kontraksi otot, dan pembentukan DNA tersebut.

    (Fitra)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Mengkonsumsi Buah Naga untuk Kesehatan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar