Faktor Lingkungan Internal Dan Eksternal Perusahaan

Daftar Isi

    LancangKuning - Faktor internal

    Faktor-faktor tersebut dikelompokkan menjadi kelemahan dan kelemahan. Jika suatu elemen berpengaruh positif terhadap perusahaan, maka itu disebut aksi sebagai kekuatan. Jika suatu faktor menghalangi perkembangan perusahaan, itu adalah kelemahan.

    Faktor internal menentukan bagaimana sebuah organisasi berkembang, baik sebagai entitas organisasi yang otonom maupun dalam menanggapi lingkungan eksternal nya.

    1. Pemilik

    Ini adalah sekelompok orang yang telah bergerak maju dalam perusahaan dan memiliki hak atas organisasi. Mereka berhak merubah kebijakan perusahaan kapan saja.

    2. Misi

    Mengapa ada organisasi? Apa jawabannya? Jawaban atas pertanyaan mendasar ini menentukan misi organisasi. Organisasi yang sukses memiliki pemahaman yang jelas tentang tujuan akhir mereka dan tahu bagaimana memenuhi tujuan tersebut.

    3. Jajaran direktur

    Ini adalah badan pengatur perusahaan yang dipilih oleh pemegang saham, yang ditugaskan untuk melayani manajer utama perusahaan, seperti manajer umum.

    Pemimpin hebat menginspirasi dan mengarahkan. Seringkali, cara paling persuasif untuk melakukan ini adalah dengan memberi contoh.

    4. Komunikasi

    Organisasi yang sukses berkembang dengan menggunakan praktik komunikasi yang efektif, di mana tim dan pemimpinnya berkomunikasi secara bebas dan sering untuk meningkatkan hasil.

    5. Struktur organisasi

    Pada titik tertentu, sebagian besar organisasi memiliki struktur yang sangat hierarkis, dengan beberapa tingkat manajerial yang menentukan organisasi dari atas ke bawah.

    6. Belajar

    Belajar adalah salah satu kegiatan dan pengaruh manusia yang mendasar, secara langsung maupun tidak langsung,

    Organisasi paling sukses saat ini, seperti Google, Apple dan Amazon, sebenarnya adalah organisasi pembelajaran.

    7. Staf

    Karyawan serta pekerja yang mereka ikuti sangat penting. Jika dikelola dengan benar, mereka dapat mengubah kebijakan organisasi. Namun, manajemen staf yang buruk dapat menangani bencana bagi perusahaan.

    8. Sumber daya modal

    Uang adalah kebutuhan yang sangat penting bagi semua perusahaan untuk mewujudkan idenya. Tidak ada perusahaan yang dapat bertahan tanpa sumber daya modal. Setelah perusahaan memiliki anggaran yang cukup, perusahaan dapat dengan mudah menjalankan proyeknya dan berkembang.

    9. Budaya organisasi

    Ini adalah perilaku kolektif anggota organisasi dan nilai-nilai, visi, keyakinan, sikap, prioritas dan kebiasaan yang menjadi dasar tindakan mereka.

    Ini memainkan peran penting dalam kesuksesan bisnis, karena menentukan organisasi yang baik akan berhasil.

    Faktor eksternal

    Mereka adalah elemen lingkungan eksternal. Perusahaan ini sendiri tidak ada memiliki kendali umum maupun khusus terhadap bagaimana mereka akan dibentuk. Merupakan peluang atau ancaman bagi perusahaan.

    1. Lingkungan tugas

    Ini terdiri dari faktor-faktor yang mempengaruhi dan secara langsung organisasi.

    Seorang manajer yang dapat mengidentifikasi faktor-faktor ini sebagai minat khusus harus masuk dengan dimensi lingkungan umum yang lebih abstrak.

    2. Saingan

    Kebijakan perusahaan jarum suntik. Perusahaan akan berusaha untuk tetap berada di pasar yang normal dan akan melangkah lebih jauh dari pesaing dari perusahaan lainnya. Dalam ekonomi global saat ini, persaingan dan pesaing meningkat pesat di segala aspek.

    Efek positif dari hal ini adalah pelanggan selalu memiliki pilihan dan kualitas produk secara keseluruhan meningkat. Persaingan dapat menghancurkan perusahaan: lihat saja berapa banyak perpustakaan yang jatuh dan ditutup bersaing dengan Amazon.

    3. Klien

    Kepuasan pelanggan adalah tujuan utama setiap perusahaan. Pelanggan adalah orang yang membayar uang untuk produk atau layanan organisasi. Mereka adalah orang-orang yang memberikan keuntungan yang dicari perusahaan.

    Manajer harus memperhatikan klien, karena pembelian yang mereka lakukan adalah yang membuat perusahaan tetap hidup dan kuat.

    4. Pemasok

    Mereka adalah orang-orang yang mensuplai material atau jasa ke suatu perusahaan. Berinteraksi dengan pemasok merupakan tugas manajerial yang penting.

    5. Lingkungan umum

    Ini dibentuk oleh faktor-faktor yang dapat berdampak langsung pada operasi perusahaan tetapi, tidak mempengaruhi aktivitas mereka. Dimensi lingkungan umum luas dan tidak ditentukan.

    6. Dimensi ekonomi

    Faktor ekonomi terpenting bagi perusahaan adalah inflasi, tingkat suku bunga, dan pengangguran.

    Faktor ekonomi ini selalu mempengaruhi permintaan produk. Selama proses inflasi, perusahaan harus membayar lebih untuk sumber daya perusahaan baik properti mau pun karyawannya  dan harus menutupi biaya yang lebih tinggi lainnya, sehingga meningkatkan harga produk yang dihasilkan oleh perusahaan.

    7. Dimensi teknologi

    Ini mengisi metode yang tersedia untuk mengubah sumber daya menjadi produk atau layanan. Pimpinan seperti manager harus teliti terhadap dimensi teknologi dan Keputusan adaptasi investasi harus tepat dalam teknologi baru.

    8. Dimensi sosial budaya

    Itu adalah kebiasaan, nilai, dan peta demografis masyarakat tempat perusahaan bekerja. Itu harus dilakukan dengan baik oleh seorang manajer. Ini menunjukkan produk, layanan, dan standar perilaku yang cenderung dilakukan dan diamati oleh masyarakat. Standar perilaku bisnis bervariasi dari budaya ke budaya serta selera dan kebutuhan akan produk dan layanan.

    9. Dimensi politik-hukum

    Ini mengungkapkan hukum komersial, hubungan antara pemerintah dan perusahaan dan situasi hukum politik umum suatu negara. Kewajiban hukum komersial dan tugas perusahaan.

    10. Dimensi internasional

    Ini menunjukkan sejauh mana perusahaan dilihat atau dibangunkan oleh bisnis di negara lain. Konsep masyarakat global telah menyatukan semua bangsa, dan dengan jaringan komunikasi modern dan teknologi transportasi, hampir seluruh belahan dunia terhubung. (Erma)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Faktor Lingkungan Internal Dan Eksternal Perusahaan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar