Sifat-sifat Zat Baja

Daftar Isi

    LancangKuning - Baja memiliki banyak karakteristik yang menjadikannya bahan bangunan yang sangat berharga. Beberapa sifat penting baja adalah: kekuatan, fleksibilitas, ketangguhan, kekerasan dan ketahanan korosi.

    1. Kekuatan

    Baja memiliki sifat tarik, tekuk, dan tekan yang hebat. Di setiap perusahaan baja, produsen baja menyumbang sebagian besar kekuatan baja. Misalnya, pabrikan baja memasukkan batang baja dan kemudian memakai Fe360. Di sini, Fe menunjukkan bahwa sisi menunjukkan kekuatan (minimum) kuat tarik atau gaya tarik baja. Istilah ini mengacu pada gaya tarik N yang dapat diterapkan pada baja dengan diameter 1 mm2 sebelum baja tersebut putus. Dalam hal ini, gaya traksi adalah 360 N / mm2. Kami sebelumnya mencantumkan gaya traksi Fe 37 dari baja ini karena kekuatan tariknya adalah 37 kgf / mm2. Karena mengandung sedikit karbon, semua jenis baja sangat menarik. karna daya tarik baja yang kuat maka baja bisa menahan dari berbagai tegangan, seperti tegangan lentur.

    1. Kelenturan

    Baja bukan hanya kuat tetapi juga lentur

    1. Kealotan

    Pada dasarnya baja bersifat sangat alot, sehingga tidak cepat patah

    1. Kekerasan

    Baja sangat kuat sehingga dapat digunakan sebagai bahan bangunan untuk berbagai keperluan. Jika produk baja tertentu diperlukan, baja dapat dibuat menjadi sangat tangguh dengan pemanasan.

    1. Ketahanan korosi

    Tanpa tindakan perlindungan, baja akan cepat berkarat. Untungnya, baja memberikan perlindungan yang sangat efektif dalam banyak hal.

    Perlakuan panas

    Untuk benda baja tertentu, kekerasan yang lebih tinggi sangat penting. Kekerasan suatu bahan mengacu pada ketahanannya terhadap tidak dapat diaksesnya atau tidak dapat diaksesnya bahan lain. Untuk mendapatkan kekerasan yang tinggi, diperlukan sistem perlakuan panas khusus yang disebut "pengerasan". Setelah membuat objek baru, itu bisa diperkuat. Ada beberapa metode penguatan:

    Pengerasan dalam: Benda baja di luar dan di dalam sangat keras.

    -  Mengeraskan permukaan : Hanya dibagian luar saja yang keras sedangkan bagian intinya tidak.

    Pengerasan yang mendalam

    Selama pengerasan yang dalam, benda yang terbentuk dipanaskan hingga suhu yang cukup tinggi. Kemudian mendingin dengan cepat, tindakan ini disebut "menyetrum" baja. Pendinginan ini bisa dilakukan di air, oli atau udara. Tidak hanya hal-hal menjadi sulit secara eksternal, tetapi juga secara alami sangat sulit. Dengan cara ini, baja dengan cepat menjadi rapuh. Artinya baja akan segera retak. Kita semua tahu bahwa mata bor baja kecil dapat dengan mudah macet.

    1. Pengerasan permukaan

    Untuk beberapa peralatan, hanya bagian luarnya yang harus dikeraskan. Untuk dapat menahan tekanan yang lebih besar, inti subjek harus tetap fleksibel. Ini dapat dicapai hanya dengan mengeraskan bagian permukaan benda. Gunakan perawatan pengerasan permukaan pada poros engkol, kopling akar gigi, cacing, roda cacing dan roda cacing.

    1. Bagaimana merawat permukaan baja

    Baja tahan karat tidak membutuhkan perlindungan. Semua baja lain yang kontak dengan udara menjadi rapuh (baja "korosi").

    Untuk mencegah korosi, baja harus dilindungi. Jika Anda tidak melakukannya, baja akan berkarat secara bertahap dan dapat digunakan sepenuhnya. Terutama produk baja setelah penggilingan (setelah kerak) harus dilapisi dengan lapisan anti karat. Orang (pengguna) bisa menyelesaikan sendiri produknya dengan mengoleskan gemuk, pengecatan atau pelapisan pada produk baja tanah.

    Mungkin juga pabrik telah menerapkan lapisan pelindung pada produk. Peralatan rumah tangga biasanya dilapisi dengan enamel.  hal ini pada produk baja tersebut diberi lapisan mengkilap (email).

    Cara melindungi suatu benda dari korosi adalah dengan melapisi benda tersebut dengan logam lain yang tidak berkarat, yang biasanya digunakan untuk keperluan ini.

    • Seng (galvanis)
    • Timah (lepuh timah)
    • Chrome (pelapisan krom)
    • Aluminium (terutama untuk menghindari korosi suhu tinggi)
    • Baja berlapis aspal

    Pipa baja sensitif terhadap korosi dan karat. Korosi dapat terjadi baik di luar maupun di dalam pipa. Untuk menahan korosi eksternal, antara lain, digunakan lapisan aspal tanpa pelapis setinggi sekitar 150mm pada kedua sisi lasan. Namun pada bagian ini primer sudah memiliki lapisan pengikat, yaitu lapisan gulungan aspal bekas yang diperkuat dengan bahan sintetis. Rol aspal dapat digulung di atas pipa dengan mesin penggulung manual.(Riski)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Sifat-sifat Zat Baja
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar