Fungsi pemanasan air tenaga surya

Daftar Isi

    LancangKuning - Pemanasan air tenaga surya adalah teknologi terbaru yang sangat kaya dalam bidang pemanasan air. Pemanasan air tipe seperti ini sangat menghematkan biaya atau uang, performa serta energy. Sedangkan pemanasan yang memakai tenaga listrik atau gas membutuhkan biaya bulanan.

    Pemanasan air yang memakai gas atau listrik sangat membutuhkan biaya bulanan dan sangat bergantung dengan listrik dan gas. Kedua jenis energy ini tidak akan bisa diperbarui. Sedangkan pemanasan air tenaga matahari atau disebut dengan water heater solar lebih banyak memanfaatkan sinar matahari yang tersedia dalam jumlah yang sangat banyak dan tidak mengeluarkan biaya ( gratis ).

    Hegel solar merupakan pemanasan yang sangat memanfaatkan tenaga matahari serta menggunakan berbagi inovasi serta teknologi yang baru. Hal tersebut tentu sangat menghematkan energy di tengah-tengah penghabisan energy yang sedang terjadi di dunia di belakangan  hari tersebut.

    Komponen pemanasan air tenaga surya

    Ada beberapa komponen di dalam pemanasan air yang memakai tenaga matahari tersebut sehingga bisa menghasilkan kerja yang sangat optimal.

    • Kolektor penyerapan panas

      Kolektor penyerapan panas berupa area yang sangat cukup luas dan fungsinya untuk menghisap sinar matahari. Ada dua jenis kolektor yang sangat bisa digunakan dalam penyerapan panas. Jenis yang pertama merupakan kolektor flat yang berbentuk kotak tertutup dengan system isolasi yang menggunakan plastic yang tebal atau menggunakan kaca. Lempengan dari kolektor tersebut menggunakan bahan konduktor sehingga mempunyai daya menyerap panas yang sangat baik.
       
    • Tangki penampungan

      Komponen lainnya yang ada dalam pemanasan air tenaga surya tersebut adalah tangki penampungan. Tangki tersebut memiliki fungsi sebagai tempat penampungan air dengan suhu yang sangat panas. Air panas yang akan ditampung tersebut adalah air yang sangat berhasil dipanaskan oleh kolektor penyerapan air tersebut. Agar tingkat heat loss nya atau kehilangan panas minimal maka tangki tersebut akan diberikan lapisan isolasi yang sangat memadai.

    Sistem kerja pemanasan air tenaga surya

    Cara kerja pemanasan air solar tersebut mempunyai cara yang cukup unit. Ada dua jenis system kerja yaitu system aktif dan system pasif. Pada system aktif tersebut mempunyai pemanasan air yang sangat membutuhkan bantuan pompa untuk mendistribusikan air panas sampai kenapa penggunanya tersebut. Sedangkan pada system pasif, tidak akan ada komponen tambahan seperti pompa atau semacamnya. System pasif 100% sangat mengandalkan kemampuan alam tersebut dalam mendistribusikan air tersebut.


    Manfaat pemanasan air tenaga surya :

    • Lebih hemat

      Banyak yang menganggap bahwa pemanasan air dengan tenaga listrik tersebut lebih mudah dipasang dan relative lebih murah. Namun tetapi jika kamu memikirkan kembali biaya yang anda habiskan setiap bulannya, maka kamu mengurung niat untuk memakai kedua jenis pemanasan air itu

    Sedangkan solar water heater memberikan solusi yang sangat hemat. Kamu bisa menghematkan tagihan sebanyak minimal 50% hingga 85% tiap tahunnya dari tagihan tersebut yang akan anda keluarkan untuk membayar

    • Jangka panjang

      Solar water heater juga akan memberikan keuntungan dalam waktu jangka panjang bagi para penggunanya. Hal tersebut akan membuat pengguna akan terbebaskan dari tagihan listrik dan gas yang sangat cukup tinggi.
      Anda juga akan membantu untuk menyelamatkan banyak orang dari kelangkaan bahan bakar masa depan dan sangat membantu untuk mencegah ketergantungan minyak. Pemanasan air tenaga surya tentu akan meningkatkan nilai jual rumah dari pengguna tersebut.
       
    • Baik untuk lingkungan

      Pemanasan air tenaga matahari tersebut membantu untuk mencegah terjadinya pencemaran lingkungan. Dengan pemanasan air jenis tersebut, penggunanya akan terhindar dari gas-gas yang sangat berbahaya seperti sulfur dioksida, karbon dioksida dan polusi udaranya yang lainnya. (Alfitrah)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fungsi pemanasan air tenaga surya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar