Komponen-Komponen Unit Pemanas Air Tenaga Surya (Solar Water Heater)

Daftar Isi

    LancangKuning - Tenaga surya merupakan tenaga yang berbentuk cahaya serta panas dari matahari. Tenaga ini bisa dimanfaatkan dengan memakai serangkaian teknologi semacam pemanas surya, fotovoltaik surya, listrik panas surya, arsitektur surya, serta fotosintesis buatan. Teknologi tenaga surya secara universal dikategorikan jadi 2 kelompok, ialah teknologi pemanfaatan pasif serta teknologi pemanfaatan aktif.

    Pengelompokan ini bergantung pada proses penyerapan, pengubahan, serta penyaluran tenaga surya. Contoh pemanfaatan tenaga surya secara aktif merupakan pemakaian panel fotovoltaik serta panel penyerap panas. Contoh pemanfaatan tenaga surya secara pasif meliputi memusatkan bangunan ke arah matahari, memilah bangunan dengan massa termal ataupun keahlian dispersi sinar yang baik, serta merancang ruangan dengan perputaran hawa natural.

    Pada tahun 2011, Tubuh Tenaga Internasional melaporkan kalau" pertumbuhan teknologi tenaga surya yang terjangkau, tidak habis, serta bersih hendak membagikan keuntungan jangka panjang yang besar. Pertumbuhan ini hendak tingkatkan keamanan tenaga negara- negara lewat pemanfaatan sumber tenaga yang telah terdapat, tidak habis, serta tidak bergantung pada impor, tingkatkan kesinambungan, kurangi polusi, kurangi bayaran mitigasi pergantian hawa, serta melindungi harga bahan bakar fosil senantiasa rendah dari tadinya. Keuntungan- keuntungan ini berlaku global. Oleh karena itu, bayaran insentif bonus buat pengembangan dini selayaknya dikira selaku investasi buat pendidikan; investasi ini wajib digunakan secara bijak serta butuh dipecah bersama.

    Di kala Kamu memutuskan buat membeli pemanas air tenaga surya hingga sangat tidak yakinkan pula buat mengenali komponennya. Tujuannya supaya Kamu tidak merasa tertipu dengan komponen yang diberikan pada penjualan tersebut. Buat memasangnya hendak lebih baik bila Kamu menyerahkannya pada teknisi yang telah berpengalaman buat memasang pemanas air tenaga solar tersebut.

    Tidak hanya komponen yang telah tentu wajib terpasang, pula terdapat aksesoris yang biasa digunakan kala pemasangan pemanas air tersebut. Berikut merupakan sebagian aksesoris pada pemanas air tenaga surya.

    Aksesoris pemasangan pemanas air tenaga surya.

    - Pipa buat air dingin

    Pipa ini digunakan buat mengalikan air dingin dari tangki. Air dingin tersebut nantinya hendak disalurkan lewat pipa serta hendak dipanaskan oleh sistem pemanas air tenaga solar. Pipa yang digunakan buat menyalurkan air dingin ini tidak wajib memakai pipa dengan tipe ataupun bahan yang spesial. Perihal ini sebab air yang digunakan pula air dingin bukan air panas.

    - Pipa air panas

    Tidak hanya pipa air dingin pula terdapat pipa air panas yang digunakan buat menyalurkan air panas dari sistem pemanas ke tangki penyimpanan. Pipa tipe ini dapat dipasang di bagian luar rumah ataupun dapat pula ditanam pada bagian konstruksi rumah. Pipa yang digunakan buat mengalirkan air panas telah tentu berbeda dengan pipa buat air dingin. Diperlukan pipa yang jauh lebih tebal serta tahan terhadap panas air. Umumnya tipe pipa yang digunakan merupakan dengan bahan PPR ataupun dibuat dari tembaga. Kedua bahan pipa buat air panas solar water heater tersebut lumayan tahan panas serta bisa meminimalisasi heat loss.

    - Rangka dudukan

    Kerangka tersebut ialah aksesoris opsional saja. Dalam perihal ini dapat Kamu pakai ataupun tidak. Khasiat dari kerangka dudukan tersebut merupakan buat menopang pemanas air tenaga matahari. Perlengkapan ini dapat Kamu pakai kala atap Kamu tidak mempunyai ataupun tidak membolehkan buat menopang unit pemanas tersebut.

    - Pompa dorong

    Pompa air umumnya pula diperlukan buat memasang pemanas air tenaga matahari. Pompa tersebut dapat Kamu pakai kala letak dari pemanas airnya lebih besar dibanding dengan sumber air dingin yang digunakan. Dengan kata lain, pompa bermanfaat buat menyalurkan air dingin sehingga dapat diproses jadi air panas. Tidak hanya itu, air panas dari sistem pemanas pula hendak keluar dengan lebih kencang. Biasanya tipe pompa dorong yang digunakan merupakan yang mempunyai dimensi 100 sampai 125 watt.

    - Kabel listrik

    Kabel listrik ini bermanfaat selaku sumber tenaga cadangan yang dapat digunakan kala pemanas air tenaga surya tidak dapat bekerja. Umumnya tenaga pengganti ini bermanfaat kala kondisi cuaca yang mendung ataupun hujan dalam jangka waktu yang lama. (fazlan)

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Komponen-Komponen Unit Pemanas Air Tenaga Surya (Solar Water Heater)
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar