Perbedaan bahan dan komponen

Daftar Isi

    LancangKuning - 1.Pengertian Bahan dan Komponen

    Bahan atau material adalah sebuah zat atau unsur yang dibutuhkan untuk membuat suatu barang. Material adalah masukan dalam produksi. Terkadang, material merupakan bahan mentah yang belum diproses, tetapi kadang material merupakan barang jadi yang bisa diproses lebih lanjut. Di negara maju, material merupakan bahan konsumen yang belum selesai, contohnya adalah kertas dan sutra. Sebuah material dapat diklasifikasikan berdasarkan kegunaan, struktur, dan sifatnya.

    Komponen adalah bagian dari keseluruhan unsur yang membentuk satu sistem. Bagian tersebut memiliki peran yang penting dalam mencapai tujuan dari sistem tersebut. Istilah komponen sangat umum digunakan dalam berbagai bidang. Contoh dari komponen adalah komponen komputer. Sebuah komputer memiliki banyak komponen yang penting untuk membuat komputer dapat digunakan.

    Bahan dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

    -Menurut kegunaannya

    • Bahan konstruksi, untuk membangun sebuah bangunan.
    • Insulasi, untuk menahan panas dalam bangunan
    • Refraktori, untuk penggunaan dalam suhu tinggi
    • Nuklir, untuk membuat tenaga nuklir dan persenjataan
    • Dirgantara, untuk membuat kendaraan udara dan luar angkasa
    • Biomaterial, untuk berinteraksi dengan sistem biologis

    -Menurut strukturnya

    • Mikroskopis
    1. Keramik, yaitu material yang terbuat dari mineral non logam yang dapat diubah bentuknya, tahan panas dan tahan korosi.
    2. Kaca, yaitu material nonkristal yang berupa benda padat yang tembus pandang dan tembus cahaya.
    3. Logam, logam murni atau logam campuran.
    4. Polimer, yaitu material yang memiliki molekul yang sangat besar
    5. Hibrid, gabungan dari beberapa material.
    • Struktur skala besar

    Dalam tekstil, struktur kain dapat dilihat dengan mata telanjang

    -Menurut sifatnya

    • Sifat mekanis

    Contohnya yaitu kekakuan, ketangguhan, kekuatan, dan kekerasan.

    • Sifat thermal

    Beberapa material mengalami perubahan bentuk dan kualitas dalam suhu tertentu.

    2.Perbedaan Komponen dan bahan

    Bahan atau material merupakan sebuah unsur atau gabungan beberapa unsur yang dibutuhkan dalam pembuatan suatu barang. Komponen adalah bagian dari sebuah sistem. Bahan merupakan input (masukan) dalam sistem tersebut.

     Sistem adalah kesatuan dari berbagai komponen atau elemen yang memudahkan aliran informasi, materi, atau energi untuk mencapai tujuan  tertentu. Sistem juga merupakan kesatuan dari bagian-bagian yang saling berhubungan dalam suatu wilayah dan memiliki item-item bergerak, contohnya negara. Negara merupakan kumpulan dari elemen lain seperti provinsi, dan yang berperan sebagai penggeraknya adalah rakyat.

    3.Sistem

    Sistem adalah kesatuan dari beberapa elemen atau komponen yang saling terhubung satu sama lain dan memiliki satu tujuan untuk dicapai. Berikut merupakan elemen dari sebuah sistem:

    A. Tujuan (Goal)

    Sebuah sistem memiliki satu atau lebih tujuan. Tujuan ini menjadi motivasi yang mengarahkan sebuah sistem. Tanpa tujuan, sistem menjadi tidak terkendali dan tidak terarah.

    B. Masukan (Input)

    Masukan merupakan segala sesuatu yang masuk kedalam sistem dan kemudian diproses dalam sistem tersebut. Bahan merupakan salah satu contoh dari masukan. Masukan bisa berwujud, bisa tidak. Contoh masukan yang tidak berwujud adalah informasi. Masukan yang diproses dapat memberi keuntungan bagi sistem.

    C. Proses (Process)

    Proses merupakan bagian dari sistem yang melakukan perubahan atau transformasi dari masukan dan dapat menghasilkan keluaran yang memiliki nilai dan kegunaan, atau dapat menghasilkan keluaran yang tidak berguna.

    D. Keluaran (Output)

    Keluaran adalah hasil pengolahan dari masukan. Keluaran bisa memiliki wujud atau tidak, bisa bermanfaat dan tidak.

    E. Batas (Boundary)

    Batas sistem menentukan konfigurasi sistem, ruang lingkup, dan kemampuan sistem. Contohnya, tim sepak bola memiliki batas waktu, dan batas pemain. Contoh lainnya yaitu pertumbuhan sebuah toko dipengaruhi oleh pelanggan dan keterbatasan dana. Batas sistem dapat dimodifikasi, menyebabkan perubahan perilaku sistem. Sebagai contoh, sebuah perusahaan dapat menyebar iklan untuk menarik perhatian pelanggan.

    F. Mekanisme Pengendalian (Control Mechanism) dan Umpan Balik (Feedback)

    Mekanisme pengendalian diwujudkan dengan umpan balik, yang mencuplik keluaran (Output). Mekanisme pengendalian bertujuan untuk mengatur sistem agar berjalan sesuai tujuan.

    G. Lingkungan

    Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada diluar sistem. Lingkungan dapat mempengaruhi sistem, bisa menguntungkan dan bisa juga merugikan. Lingkungan yang merugikan harus ditahan supaya tidak mengganggu keberlangsungan sistem. (Syahdan)

     

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan bahan dan komponen
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar