Hubungan Kreativitas Dengan Industri Kreatif

Daftar Isi

    LancangKuning Hubungan antara ekonomi kreatif dengan industri kreatif, yaitu merupakan anggota dari ekonomi kreatif, yang dimana industry kreatif menciptakan produk-produk yang dibutuhkan oleh kreativitas dan biasanya memiliki nilai budaya yang dikerjakann sebagai pekerjaan ekonomi.

    Pembahasan

    Kreativitas dan pengetahuan merupakan sebuah kemampuan yang sangat penting d dalam sebuah industry, dengan adanya kreativitas sehingga kita dapat berinovasi dan bersaing untuk perekonomian yang ada saat sekarang ini.

    Menciptakan sebuah ide yaitu merupakan suatu keharusan di dalam dunia kreatif, karena mengerjakan hal-hal yang biasa di kerjakan secara terus-menerus akan berdampak pada kebosanan, dan akan mengalami ketinggalan. Dengan adanya kreativitas di dalam menciptakan produk barang dan jasa, sehingga akan berdampak dengan meningkatnya pendapatan.

    Ekonomi kreatif terlihat terlihat seperti halnya dengan menempatkan konsep yang lain, industri kreatif merupakan anggota dari kegiatan ekonomi yang meliputi industri dan sumber daya manusia yang memberikan ide-ide dan kreativitasnya untuk menciptakan suatu produk baru baru maupun berinovasi kepada produk yang telah ada dan membuatnya menjadi semakin menarik dan memiliki harga yang tinggi, sehingga bisa menghasilkan nilai tambah dalam ekonomi.

    Industri kreatif, yaitu langkah-langkah menciptakan kreativitas dan ide punya seseorang ataupun sekelompok orang yang bisa menciptakan sebuah karya, dan tanpa mengeksploitasi sumber daya alam, dan juga bisa dijadikan barang ekonomi yang menghasilkan.

    Penjelasan

    Contoh industry kreatif=periklanan, arsitektur, fashion, pasar barang seni, kerajinan, desain, musik, seni pertunjukan, penerbitan serta percetakan, radio serta televise, riset serta pengembangan, permainan interaktif.

    Contoh industry kreativitas

    -Advertising

    -Riset dan Pembangunan (R&D)

    -Kuliner

    -Permainan Interaktif

    -Film, Fotografi dan video

    -Pasar Barang Seni

    -Fashion

    Semakin berkembangnya industry kreatif di Indonesia, maka menandakan bahwa ekonomi Indonesia juga bisa berinovasi dan menyaingi Negara-negara yang lain. Hal itu pun juga bisa menandakan bahwa perekonomian Indonesia selangkah lebih maju.

    Perkembangan yang mendunia juga ikut mempengaruhi perekonomian. Kreativitas sangat penting di zaman globalisasi saat sekarang ini. Hal itu di sebabkan dengan persaingan yang semakin ketat dan semakin meningkat antara sesama pelaku ekonomi.

    Industri kreatif merupakan pembeda antara banyaknya barang yang sejenis yang ada di dalam dunia bisnis. Dikarenakan barang yang di ciptakan merupakan hasil antara kreatifitas yang melahirkan keunikan, serta inovasi, yaitu barang yang dimana merupakan pelopor.

    Manfaat industri kreatif

    Terdapat banyaknya pada saat sekarang ini, dan tidak bisa seutuhnya bergantung kepada alam. Manfaat yang lain dari adanya industri ini, yaitu bisa memberikan kreativitas serta inovasi barang antara masing-masing pelaku bisnis. Diantaranya Negara Indonesia yang mempunyai banyak tenaga kerja usia produktif. Sehingga demikian dapat meyakinkan untuk menghasilkan sebuah pemikiran yang bagus di antara mereka.

    Industri di bidang kreatif dapat menjadi penopang perekonomian Indonesia. Industri ini mulai dilihat oleh Negara, sebagai penopang perekonomian di Indonesia. Pemerintah memberikan kewajibannya supaya industri ini bisa berkembang dan luas. Melihat dampak yang diberikan atas berdirinya perekonomian di Indonesia, dimana yang Negara-negara maju lakukan pada saat ini.

    Contoh industri yang bergerak di bidang kreatif

    Industri kreatif yang menciptakan sebuah karya seni, tetapi mempunyai nilai ekonomi yang tinggi, dengan melakukan kreatifitas antara teman bisnisnya yang menitik beratkan pada wilayah film, fashion, percetakan, buku, majalah, fotografi, serta yang trending saat sekarang ini, yaitu menjadi seorang youtuber dan selebgram.

    Diantara itu, kreatifitas membatik merupakan sebuah industri yang menciptakan kreatifitas.

    Dengan demikian, industri dalam membuat batik merupakan sebuah industri yang cukup mendapatkan perhatian yang besar dari pemerintah.

    Contohnya yang lain, yaitu menjadi seorang youtuber serta selebgram. Keduanya menyuruh untuk memiliki kreatifitas yang tinggi supaya bisa menciptakan konten-konten yang bagus serta menarik dan juga disukai oleh seluruh orang yang menggunakan social media tersebut.(Akbar)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Hubungan Kreativitas Dengan Industri Kreatif
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    100%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar