Fungsi Manajemen Staffing

Daftar Isi

    LancangKuning - Staffing merupakan salah satu manajemen yang berupa penyusunan personalia pada suatu organisasi sejak dulu dalam merekrut tenaga kerja pengembangannya sampai dengan usaha agar setiap petugas memberi daya kegunaan dalam maksimal kepada organisasi.

    Staffing merupakan suatu manajemen yang hampir sama dengan organizing secara sederhana fungsi ini bertujuan untuk menempatkan sumber daya perusahaan di tempat yang paling tepat sesuai dengan bidang keahliannya.

    Dalam langkah-langkah untuk proses penyusunan personalia atau staffing process adalah.

    • Perencanaan sumber daya manusia
    • Penarikan
    • Seleksi
    • Pengenalan dan orientasi
    • Latihan dan pengembangan
    • Penilaian pelaksanaan kerja
    • Pemberian jasa dan penghargaan
    • Perencanaan dan pengembangan karir

    Tujuan staffing merupakan suatu yang menarik untuk menempatkan pegawai menurut jumlah jenis keahlian dan keterampilan sesuai dengan kebutuhan perusahaan agar pegawai dapat bekerja secara efektif.

    Staffing merupakan manajemen kegiatan untuk mendapatkan karyawan yang efektif yang kelak akan mengisi jabatan-jabatan yang kosong pada sebuah organisasi perusahaan yang tujuannya adalah untuk semua jabatan yang kosong bisa dapat terisi sesuai dengan kemampuan dan tanggung jawab karyawan tersebut.

    Staffing merupakan suatu manajemen yang hampir sama dengan organizing secara sederhana fungsi ini bertujuan untuk menempatkan sumber daya perusahaan di tempat yang paling tempat sesuai dengan bidang keahliannya pengenalan terkait perusahaan serta melakukan orientasi pelaksanaan kerja.

    Fungsi manajemen merupakan suatu elemen-elemen dasar yang akan selalu ada pada melekat di dalam proses manajemen dan bisa dijadikan acuan oleh manajemen dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan dan fungsi manajemen yang pertama kali diperkenalkan oleh seorang industrialis perancis bermana Henry Fayol pada awalnya dalam bidang industrialis.

    Dalam staffing merupakan suatu prinsip utama yang berarti bahwa setiap personel ditempatkan pada unit kerja yang sesuai dengan keahlian dan kecakapannya dengan demikian suatu pekerjaan atau tugas dalam unit kerja dilakukan oleh orang yang tepat dan mendapat hasil pekerjaan yang baik.

    Contoh staffing antara lain merupakan perekrutan karyawan dalam seleksi karyawan dan penempatan untuk karyawan di posisi sesuai dengan keahliannya.

    Secara sederhana staffing merupakan suatu bertujuan untuk menempatkan sumber daya pada perusahaan ditempat yang paling tepat sesuai dengan bidang keahliannya fungsi staffing juga tidak hanya masalah tenaga kerja saja melainkan seluruh sumber daya dalam perusahaan pengenalan terkait dalam perusahaan sastra melakukan orientasi.

    Staffing merupakan suatu fungsi  dalam administrasi untuk menemukan menilai yang mengevaluasi dan menetapkan hubungan kerja dengan karyawan atau tenaga kerja atau memberhentikannya jika tidak lagi dibutuhkan.

    Fungsi manajemen staffing adalah

    • Planning fungsi dalam perencanaan
    • Organizing fungsi untuk pengorganisasian
    • Actuating atau directing dalam pengerahan
    • Controlling atau pengendalian

    Proses dalam penyusunan merupakan personalia atau staffing proses dapat dipandang sebagai serangkaian kegiatan yang dilaksanakan terus menerus untuk menjaga pemenuhan kebutuhan personalia organisasi dengan orang-orang yang tepat dalam posisi-posisi tepat dan pada waktu yang tepat.

    Fungsi staffing mencakup beberapa hal berikut ini

    • Perencanaan SDM yang sudah tersedia
    • Dalam prekrutan tenaga kerja apabila terdapat kekosongan pada divisi tertentu
    • Proses seleksi calon tenaga kerja yang mendaftar
    • Pengenalan terkait dalam perusahan serta melakukan orientasi
    • Pelaksanaan kerja
    • Evaluasi kinerja yang telah dilakukan

    Rekrutmen merupakan suatu proses penarikan sekelompok kandidat untuk mengisi posisi yang losong sedangkan seleksi adalah proses untuk pemilihan orang-orang yang memiliki kualifikasi-kualifikasi yang dibutuhkan untuk mengisi lowongan pekerjaan di sebuah organisasi.

    Langkah menyusun strategi perencanaan SDM adalah

    1. Menganalisis tujuan perusahaan
    2. Mengenali sdm yang sudah ada
    3. Prediksi supply dan demand
    4. Merumuskan strategi
    5. Melakukan monitoring rutin

    Direnting merupakan suatu memberi dalam penjelasan dan pembinaan kepada para anggota yang terlibat agar tugas yang diberikan dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan standar yang ditentukan perusahaan.(Aini)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fungsi Manajemen Staffing
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar