Anatomi Fisiologi Sistem Tubuh Secara Umum

Daftar Isi

    LancangKuning - Dua bidang ilmu, anatomi dan fisiologi, memberikan dasar penting untuk memahami bagian tubuh dan fungsinya. Anatomi adalah studi tentang struktur tubuh dan hubungannya. Fisiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang fungsi tubuh dan fungsinya. Setiap sistem organ dalam tubuh manusia memiliki struktur dan fungsinya masing-masing. Semua sistem organ saling bergantung secara langsung atau tidak langsung. Anatomi tubuh diatur menjadi beberapa bagian. Berikut 13 penjelasan tentang organ tubuh manusia dan fungsinya:

    1. Sistem Kerangka.

    Divisi pertama dari anatomi manusia adalah sistem kerangka. Kerangka manusia terdiri dari 206 tulang yang menempel pada tendon, ligamen, dan tulang rawan. Berikut ini uraian tentang tulang-tulang yang menyusun kerangka manusia:

    • 8 tulang di kepala
    • 25 tulang di struktur dada
    • 14 tulang di wajah
    • 26 tulang di punggung dan pinggul
    • 6 tulang di telinga bagian dalam
    • 64 tulang di lengan
    • 1 tulang lidah
    • 62 tulang kaki

    Fungsi sistem rangka adalah untuk bergerak, tempat otot menempel, melindungi organ dalam, dan menopang serta membentuk tubuh.

    1. Sistem otot.

    Sistem anatomi tubuh manusia selanjutnya yaitu sistem otot. Sistem otot manusia mencakup 600 otot. Fungsi otot bagi manusia adalah untuk membantu pergerakan tubuh, aliran darah, dan fungsi tubuh lainnya. Otot ini juga merupakan bagian dari anatomi punggung manusia.

    Ada 3 jenis otot dalam tubuh manusia:

    • Otot rangka yang berhubungan dengan tulang.
    • Otot polos sistem pencernaan.
    • Otot jantung terletak di jantung.
    1. Sistem Sirkulasi darah

    Sistem peredaran darah memiliki 3 fungsi yaitu:

    • Mengedarkan darah ke seluruh tubuh
    • Melindungi tubuh dengan sel darah putih untuk melawan kuman yang masuk ke dalam tubuh
    • Menjaga homeostasis (keseimbangan kondisi tubuh) dalam berbagai kondisi internal.
    1. Sistem pencernaan

    Sistem pencernaan memiliki organ yang disebut saluran pencernaan. Saluran pencernaan dimulai dari organ di mulut hingga usus besar. Tujuan dari sistem pencernaan adalah menghasilkan urine dan feses yang dikeluarkan melalui anus. Fungsi sistem pencernaan adalah mengolah makanan menjadi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

    1. Sistem endokrin.

    Sistem endokrin terdiri dari beberapa kelenjar yang mengeluarkan beberapa hormon. Kelenjar ini adalah hipotalamus, kelenjar pituitari, kelenjar pineal, kelenjar tiroid, kelenjar paratiroid, kelenjar adrenal, pankreas, dan kelenjar genital (gonad). Kelenjar ini berfungsi selaras dengan rangsangan yang dihasilkan oleh sistem saraf pusat dan reseptor kimiawi dalam darah dan hormon yang diproduksi oleh kelenjar lain.

    1. Sistem saraf.

    Sistem anatomi manusia selanjutnya adalah sistem saraf. Sistem saraf memiliki fungsi untuk mengumpulkan, mengirimkan, dan memproses informasi di otak dan saraf. Sistem saraf manusia terdiri dari saraf pusat dan saraf tepi. Saraf pusat melibatkan otak dan sumsum tulang belakang, sedangkan saraf tepi melibatkan saraf otonom dan somatik.

    1. Sistem pernapasan.

    Sistem pernapasan bertugas menyediakan oksigen ke seluruh tubuh, menghilangkan karbon dioksida dan produk limbah lainnya yang dapat mematikan jika dibiarkan menumpuk. Bagian utama dari sistem pernafasan memiliki 3 bagian yaitu:

    • Jalan nafas, yang tugasnya mengalirkan udara melalui hidung ke paru-paru. Jalan nafas berasal dari hidung, mulut, faring, kerongkongan, gula, kopi dan bronkus.
    • Dewasa, tugas mereka adalah menukar oksigen dan karbondioksida dari tubuh.
    • Otot pernapasan, termasuk diafragma dan otot interkostal yang bekerja sama untuk memompa, menekan udara masuk dan keluar dari paru-paru saat Anda bernapas.
    1. Sistem kekebalan.

    Sistem kekebalan bekerja untuk melindungi tubuh dari bakteri, virus, dan patogen berbahaya lainnya. Limfosit, limpa, sumsum tulang, limfosit (termasuk sel B dan sel T), kelenjar timus dan leukosit termasuk dalam sistem imun.

    1. Sistem limfatik.

    Sistem limfatik merupakan sistem yang juga berperan dalam pertahanan tubuh. Sistem limfatik terdiri dari kelenjar getah bening, saluran getah bening dan pembuluh getah bening. Tugas utamanya adalah membuat dan mendistribusikan getah bening, yang dapat membantu tubuh melawan infeksi. Selain itu, sistem limfatik membantu mengeluarkan cairan getah bening dari jaringan tubuh dan mengembalikannya ke aliran darah.

    1. Sistem emisi.

    Orang tidak lagi membutuhkan sistem yang antusias untuk mengabaikan produk yang tidak berguna. Organ ekskresi adalah ginjal, hati, kulit, dan paru-paru. Hati mengeluarkan empedu, kulit berkeringat, dan paru-paru mengeluarkan uap air dan karbon dioksida.

    1. Sistem Saluran kemih.

    Saluran kemih atau saluran kemih juga termasuk dalam sistem ekskresi. Tetapi saluran kemih terdiri dari ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra. Ginjal menyaring darah untuk membuang limbah dan menghasilkan urin. Ureter, kandung kemih dan uretra bersama-sama membantu saluran kemih, yang berfungsi untuk mengosongkan urin dari ginjal, menyimpannya dan kemudian mengeluarkannya saat buang air kecil. Selain menyaring dan menghilangkan limbah dari tubuh, saluran kemih juga dapat menjaga air, ion, pH, tekanan darah, kalsium, dan sel darah merah.

    1. Sistem reproduksi.

    Sistem reproduksi manusia terdiri dari dua jenis, yaitu sistem reproduksi wanita dan sistem reproduksi pria. Kedua jenis tersebut sama-sama bekerja untuk menghasilkan keturunan. Sistem reproduksi wanita terdiri dari ovarium, saluran tuba, rahim, vagina, vulva, kelenjar susu, dan payudara. Sedangkan alat reproduksi pria meliputi skrotum, testis, saluran spermatika, kelenjar kelamin, dan penis.

    1. Sistem Indra.

    Anatomi terakhir tubuh manusia adalah sistem sensorik yang berperan sebagai penerima rangsangan dari lingkungan sekitarnya. Di sana panca indera yang disebut panca indera diberi nama beserta tugasnya masing-masing,

    • Sensasi penglihatan menggunakan mata
    • Perasaan mendengar dengan telinga
    • Sensasi bau melalui hidung
    • Sensasi yang dirasakan melalui kulit
    • Cicipi kancingnya menggunakan lidah

    Demikian uraian singkat tentang sistem anatomi tubuh manusia dan fungsinya. Semoga bermanfaat.(SUKRI).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Anatomi Fisiologi Sistem Tubuh Secara Umum
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar