Fungsi Manajemen

Daftar Isi

    LancangKuning - Istilah manajemen berasal dari bahasa Prancis Kuno dan berarti seni pelaksanaan dan pengorganisasian. Pada saat yang sama, secara umum, manajemen adalah seni menyesuaikan penggunaan sumber daya manusia dalam suatu organisasi untuk mencapai kinerja tertinggi dalam berbagai jenis organisasi nirlaba.

    Dalam manajemen seseorang bertanggung jawab untuk melakukan manajemen yaitu bertanggung jawab terhadap organisasi dan pengendalian organisasi. Nomor ini biasa disebut dengan manajer.

    Pengertian Manajemen

    Secara umum terdapat 4 fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pembinaan dan pengendalian. Untuk lebih detail nya, berikut kami tuliskan penjelasan yang perlu sobat ketahui.

    • Perencanaan

    Fungsi manajemen pertama adalah fungsi perencanaan. Fungsi perencanaan mengacu pada fungsi manajemen untuk mengembangkan rencana dan strategi untuk mencapai tujuan organisasi. Perencanaan merupakan fungsi terpenting, karena tanpa adanya perencanaan maka fungsi lain tidak akan tercapai, dan tujuan pengelolaan tidak akan tercapai.

    • Organisasi

    Fungsi organisasi merupakan fungsi manajemen yang dapat membagi tugas dan kegiatan berskala besar menjadi tugas-tugas yang lebih kecil sesuai dengan pengetahuan profesional setiap anggota dalam organisasi, untuk kemudian dibagikan kepada anggota. Dalam arti, tugas manajer adalah mengelompokkan personel, tanggung jawab, tanggung jawab, dan wewenang menurut bagian-bagiannya untuk bersama-sama mencapai tujuan organisasi itu sendiri.

    • Direktur

    Pengarahan merupakan tindakan yang dilakukan agar semua anggota bekerja keras untuk mencapai tujuan organisasi. Dalam fungsi instruksi ini, fungsi manajemen adalah meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja anggota dengan sebaik-baiknya dalam mencapai tujuan perusahaan.

    • Kontrol

    Yang terakhir adalah fungsi kontrol. Fungsi ini dimaksudkan agar manajemen mengevaluasi kinerja anggota berdasarkan standar yang ditetapkan, kemudian melakukan perubahan dan perbaikan bila hasil evaluasi kurang baik. Dalam hal ini, perusahaan perlu menyusun rencana perusahaan agar fungsinya dapat beroperasi secara normal dan efisien tanpa mengeluarkan banyak biaya.

    Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli

    Terlepas dari 4 penjelasan di atas. Ada beberapa fungsi manajemen menurut para ahli yang sebenarnya hampir sama dengan penjelasan di atas. Berikut selengkapnya.

    Ada lima fungsi manajemen menurut Henry Fayol, diantaranya sebagai berikut:

    • Planning (perencanaan), yaitu membuat dan merencanakan tentang tujuan dan sasaran perusahaan atau organisasi beserta strategi yang digunakan dalam mencapainya dengan menggunakan sumber daya yang ada.
    • Organizing (pengorganisasian) yaitu melakukan sinkronisasi sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya fisik dan sumber daya modal untuk mencapai target perusahaan.
    • Commanding (pengarahan) yaitu memberikan arahan kepada anggota untuk menjalankan tugasnya masing-masing sesuai dengan yang telah ditentukan.
    • Pengendalian (control) yaitu memberikan arahan mengenai tugas masing-masing anggota sesuai standar yang telah ditentukan.
    • Koordinasi (Coordinating) yaitu menyambung dan menyelesaikan pekerjaan agar dapat saling bersinergi agar tidak terjadi kekacauan, benturan atau kekosongan kegiatan.

    Sedangkan menurut Luther Gullick, fungsi manajemen ini adalah sebagai berikut:

    • Perencanaan (planning) yaitu memilih dan menentukan kegiatan yang akan dilaksanakan serta menentukan sumber daya yang akan digunakan untuk mendukung pencapaian tujuan dan cita-cita perusahaan.
    • Organizing (pengorganisasian), yaitu pembagian tugas kepada anggota yang terlibat sesuai dengan keahliannya masing-masing.
    • Staffing (penempatan) yaitu menentukan, memilih, mengangkat dan membimbing sumber daya manusia agar tujuan organisasi atau perusahaan dapat tercapai.
    • Directing (arahan) yaitu memberikan penjelasan dan bimbingan kepada anggota yang terlibat agar tugas yang diberikan dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh perusahaan.
    • Koordinasi (Coordinating) yaitu melaksanakan kegiatan agar tidak ada jadwal lowongan kerja dan kekacauan dalam pekerjaan dengan cara menyelaraskan pekerjaan yang ada.
    • Reporting (pelaporan) yaitu memberikan informasi kepada manajer agar pihak-pihak yang berkepentingan dapat mengetahui dan mengikuti perkembangan kinerja perusahaan
    • Budgeting (membuat anggaran), yaitu pengendalian organisasi dengan merencanakan akuntansi mengenai anggaran yang dibutuhkan oleh organisasi atau perusahaan.

    Demikianlah artikel yang saya buat semoga bermanfaat. (Haikal)

     

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fungsi Manajemen
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar