Kelebihan dan Kekurangan dalam Menerapkan Package dalam Pemrograman

Daftar Isi

    LancangKuning - Package bisa dikatakan sebuah atau sekelompok kelas interface dengan fungsi yang hampir sama.

    Package pada java dapat di kategori kan dalam dua bentuk yaitu, package built-in dan package yang dijalankan oleh pengguna.  Secara konseptual  package hampir sama dengan folder yang ada di computer, kumpulan package mewakili tugas-tugas yang sering di kaitkan dengan pemrograman.

    Hal yang terpenting dan harus diperhatikan pada saat mendeklarasikan package, yaitu bahwa kelas harus disimpan pada direktori yang sama dengan nama package nya. Package  dapat mempengaruhi suatu mekanisme hak akses ke kelas yang ada di dalamnya.

    Package digunakan untuk mencegah konflik penamaan menghindari tabrakan nama kelas yang sedang dibuat dengan nama kelas yang sudah ada, untuk mengontrol akses, untuk mempermudah pencarian atau penempatan dan penggunaan kelas, antarmuka, enumerasi dan anotasi, dsb. Kompiler java mengimpor java. Lang package internal secara default. Ini menyediakan kelas desain yang diperlukan untuk merancang program java dasar.

    Nama Package ditulis dengan huruf kecil untuk menghindari konflik dengan nama kelas atau antarmuka. Perusahaan menggunakan nama domain internet terbalik untuk memulai nama package mereka misalnya .com, lalu package nya bernama my package yang dibuat oleh programmer di example.com.

    Tingkat akses package adalah tingkat akses default yang disediakan oleh java jika tidak ada pengubah java yang ditentukan. Mengubah akses digunakan untuk membatasi aksesibilitas kelas, metode, atau variable yang menerapkannya Kelas yang mengandung method main () memiliki suatu syarat dalam package, dan hierarki posisi foldernya berada diatas package yang sedang di import.

    Untuk membuat package kita akan melewati tiga langkah yaitu:

    • Memberi nama dan mendeklarasikan package

    Deklarasi diletakkan pada bagian awal karena deklarasi tersebut akan memberitahukan kompilator yang dirujuk. Adapun syarat untuk memberikan nama package yakni harus diawali dengan huruf kecil, nama package harus menggambar kan kelas yang dibungkusnya, nama yang diberikan harus untuk agar berbeda dengan nama package standard, nama tersebut bisa mempresentasikan path dari package, dan yang paling utama nama yang dibuat harus sama dengan nama direktorinya.

    • Membuat nama direktori dan struktur yang sesuai dengan nama package

    Langkah pertama, buatlah direktori menggunakan file manager, setelah itu menempatkan kelas-kelas tersebut ke dalam direktori yang sesuai. Cara kerjanya hampir sama seperti menyimpan file-file ke dalam folder.

    • Mengelompokkan kelas-kelas sesuai package nya masing-masing.

    Menggunakan package dapat kita lakukan dengan dua cara yaitu :

    • kelas yang digunakan berada dalam package yang sama dengan kelas-kelas lainnya, maka tidak lagi diperlukan import.

    • Jika kelas yang menggunakan suatu package, berada dalam direktori yang berbeda maka awal source code harus mencantumkan : Import nama Package.*;

    Kelebihan atau keuntungan yang kita dapatkan saat kita menerapkan package dalam programming adalah package bisa digunakan untuk me kategori kan berdasarkan kelas dan antarmuka, package juga mudah dirawat, package disediakan sebagai perlindungan akses yang dapat menghilangkan kesamaan saat memberikan penamaan, package ini dapat menyediakan kode yang bisa digunakan kembali, dan kita juga bisa membuat package kita sendiri atau memperpanjang package yang sudah tersedia.

    Setiap kelebihan pasti ada kekurangan, nah kekurangan dari package yaitu jika sudah terlalu banyak package yang dibuat oleh seorang programmer maka akan semakin sulit untuk menemukan package-package tersebut.

    Jika kita simpul kan package adalah sebuah sarana yang digunakan untuk mengelompokkan atau mengorganisasikan interface dan kelas menjadi satu kelompok dalam library. Alasannya ialah untuk menghindari tabrakan penamaan kelas yang akan atau sedang dibuat dengan nama kelas yang ada. Nama kelas tersebut dalam package kemudian akan dikompilasi menjadi byte code Path hierarki package didaftarkan sebagai suatu nilai variable lingkungan yang diberi bernama Class path di set dengan aturan. (Aini)

     

                               

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kelebihan dan Kekurangan dalam Menerapkan Package dalam Pemrograman
    Sangat Suka

    50%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    50%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar